"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , » musiikkk haram...???

musiikkk haram...???

Semua orang pasti menyukai musik, dari seluruh penjuru dunia, alunan musik begitu membahana dengan perkembangannya juga yang pesat,. Terlahirkan dan bertebaran penyanyi-penyanyi bersuara emas, dan band-band berkualitas, serta pemusik professional, pencipta lagu yang berprestasi di dunia… fans-fans dan penyuka musikpun tak kalah banyaknya… jenis musikpun beragam, ada musik jazz, pop, rock, R&B, country, dangdut, campur sari, dan EMO (Emotional Hardrock dari pr dan award yang saya terima sebelumnya silahkan baca di postingan pr dan award), bahkan ada perpaduan beberapa jenis musik seperti pop rock, pop alternative, pop dangdut, dangdut rock, etc.. dandanan dan sebutan dalam musikpun ada metal, rege, gruve, boy band, rocker, rapper, groupis etc..

Dan berbicara tentang musik, saya ingin membahas tentang musik haram???
Dan ini saya temukan di halaman web saat saya browsing di google yang menuliskan bahwa bermusik, bermain alat musik, dan mendengarkan musik itu haram, dari hadist yang sahih juga sepertinya. Semua muslim, tentu tidak ingin dikatakan sebagai orang yang lalai dari sunnah, atau dalam umumnya semua orang tidak ingin lalai dari ajaran agama masing-masing, maka hal ini sepertinya layak untuk dibahas… Dan karena saya bukan seorang ahli sunnah atau orang yang memahami sunnah serta bukan juga orang yang punya ilmu agama yang baik, maka saya benar-benar baru tahu akan hal itu… dan saya mengharapkan dan membutuhkan share bagi yang berilmu agama lebih baik tentang hal itu.

Dan terfikir saat saya melihat artikel tentang musik itu haram, bahwa bukankah banyak juga orang yang bermusik untuk berdakwah, lalu ketika search dan browsing lagi, maka saya temukan juga bahwa semua tergantung niat dan tampilan bermusik yang tidak keluar dari ajaran Islam itu sendiri… dalam hal ini saya tidak ingin dan berusaha untuk tidak men-judge negatif siapapun, maka saya kembalikan pada masing-masing diri… sekedar sebuah kata: bukankah masalah aurat sudah jelas batasannya dalam Islam baik itu pada tampilan musik maupun secara umum, lirik lagu-pun berkaitan dengan ucapan, dan dalam hal ini kata-kata yang tidak pantas ada larangannya dalam ajaran islam… lagipula di beberapa halaman web yang saya temui selama browsing, juga saya temukan artikel yang menyebutkan bahwa dilarangnya musik itu sendiri karena adanya penggunaan musik untuk ber-pesta yang penuh dengan kemaksiatan. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa musik itu sendiri haram ketika membuat pemusik dan penyuka musik itu jauh dari Tuhan, sementara sebaliknya tidak haram alias halal jika dapat mengajak untuk menjadi lebih baik pada diri (berdakwah) dan dekat dengan Tuhan.. dan tidak berlebihan dalam musik.

3 sharing inspirasi :

  1. Aduuuh... jadi lupa nih mau komen apa (kapan hari komenya kan gak bisa),
    ini aja komennya : Klo dengerin musik jangan sampai lupa aja deh...

    Semoga tambah sukses ya...

    ReplyDelete
  2. wah...jangan dunk....
    ntar MUI denger trus ada fatwa deh
    hehehehe....

    ReplyDelete
  3. susah juga.

    tapi menurut aku bila itu baik dan benar untukmu jalankan saja.

    salam

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate