"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , » KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meninggal dunia

KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meninggal dunia

inalillahi wa ina illahi rajiun... Berita duka kembali menghampiri bumi pertiwi. Pada hari rabu, 30 Desember 2009 kemarin, pukul 18.45 WIB, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meninggal dunia dalam usia 68 tahun. Beliau wafat di RSCM dan menurut dokter yang menanganinya dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah, beliaupun mengalami komplikasi beberapa penyakit termasuk juga gagal ginjal. Menurut berita di televisi, jenazah presiden RI ke-4 itu dimakamkan di pondok pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00. Proses pemakamannya di awali dengan upacara militer yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kini bendera setengah tiangpun di kibarkan sebagai tanda berkabung atas wafatnya Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama ini. Sepertinya beliau ini tokoh yang dihormati oleh berbagai kalangan di seluruh penjuru, dari berbagai agama dan golongan. Pada prosesi pemakaman beliau saja dihadiri beribu orang pelayat, dan nampak hadir berbagai pemuka agama, di berbagai daerahpun tahlil dikumandangkan bersama tangis mengiringi kepergian Gus Dur.

Saya tuliskan sedikit mengenai biogarafi Abdurrahman Wahid (Gus Dur) disini. Beliau lahir di Jombang, 4 Agustus 1940. Dan beliau sempat menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dan Universitas Baghdad, Irak sampai tahun 1970-an. Beliau juga sempat bermukim di jerman dan Belanda. Sebelum terjun ke dunia politik, Gus Dur pernah mengajar di berbagai Universitas. Dan mulai terjun ke kancah politik pada tahu 1994 hingga tahun 1999. Gus Dur merupakan pendiri partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di era reformasi, hingga pada tahun 1999 Gus Dur-pun diangkat sebagi presiden RI ke-4. Masa kepresiden beliaupun dipenuhi dengan kericuhan politik, hingga Gus Dur-pun kehilangan dukungan MPR, dan pada tahun 2001 beliau digantikan Megawati Sukarno Putri.

Semasa hidupnya, banyak pemikiran KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), tokoh yang disebut sebagai bapak bangsa ini, yang menjadi inspirasi positif dalam hidup, seperti kesederhanaannya, sikap toleransinya, kejujurannya dan lain sebagainya. Disamping tidak sedikit juga pemikiran dan kebijakan beliau yang dipertanyakan dan bahkan mungkin ditentang sebagian kalangan dan menjadi kontrofersi, diantaranya ketika Gus Dur membuka hubungan dengan kalangan Intelektual Israel dan menjadi anggota Dewan Pendiri Shimon Peres Center di Tel Aviv, Israel. Beliau juga merupakan tokoh ulama yang pro terhadap pluralisme agama. Walau paham pluralisme sendiri menjadi kontorfersi dan mendapat tetangan di kalangan ulama, namun jika kita mengambil positifnya, beliau ini menganjurkan untuk tidak membeda-bedakan agama seseorang (kalau soal pluralisme siyh saya no comment... dalam hati saja saya berpendapat, atau lain kali kalau sudah cukup ilmu agama saya berpendapat ^_^). Mengenai Plurarisme-nya Gus Dur, Gus Dur itu merupakan anggota aktif kelompok dialog 3 agama (Islam, Kristen, dan yahudi) Internasional. Dan karena upayanya mengembangkan dialog antar agama Internasional ini, Gus Dur banyak menerima penghargaan Internasional , diantaranya penghargaan Magsayay (1993) dari Pemerintah FIliphina.

Gus Dur merupakan tokoh bangsa yang selalu berbicara dengan santai, blak-blakan dan apa adanya, serta sering mengeluarkan joke-joke pada saat berpendapat tentang berbagai hal, namun ucapannya itu penuh kritik yang mengena dan mungkin cukup tajam, serta bermakna dalam. Kalimat-kalimat yang terucap dari mulut beliaupun mudah melekat di benak setiap orang yang mendengarnya, dan katanya beliau ini memiliki indra keenam. Dan salah satu kekhasan Gus Dur adalah berucap "gitu aja kok repot" tersisip diantara komentar beliau pada suatu hal. Selain dikenal sebagai pejuang pluralisme beliau juga dikenal sebagai pejuang hak asasi manusia.

Postingan saya kali ini hanya sekedar merenungi masalah hidup dan peristiwa. Karena menurut saya, mengambil hikmah dari kebaikkan hidup seseorang itu rasanya mesti ditancapkan dalam diri setiap manusia, pun termasuk dari orang yang telah wafat. Dan kepositifan seseorang itu seharusnya dapat mengalir sejernih air dan menjadi inspirasi hidup positif. Termasuk dengan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga memiliki berbagai kepositifan dalam hidupnya yang dapat dijadikan pelajaran hidup bagi setiap orang, disamping segala kekurangannya. Dan diantaranya adalah yang telah saya tulis diatas tentang sifat-sifat beliau, lalu seorang Gus Dur-pun katanya merupakan seorang tokoh yang merealisasikan apa yang diucapnya dengan tindakan, tidak sekedar berucap tanpa sikap. Selain itu sifat beliau yang selalu menghormati orang tanpa membeda-bedakan dan merendahkan-pun patut dijadikan isnpirasi. Dan di saat meninggal duniapun, Abdurrahman Wahid tetap dihormati dan dikenal dengan kepositifannya, sebagaimana di beritakan di televisi bahwa banyak orang yang merasa kehilangan sosoknya. Bagaimana menurutmu? Share ilmu dan inspirasimu di blog ilmu inspirasi air...

Sayapun mengucapkan turut berbela sungkawa atas meninggalnya Abdurrahman Wahid (Gus Dur), semoga amal ibadahnya di terima disisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.. amin.

sebagian artikel di postingan ini di kutip dari : http://www.dw-world.de/dw/article/0,,5071563,00.html

3 sharing inspirasi :

  1. Duka Cita Mendalam Buat Gusdur

    ReplyDelete
  2. Terasa sekali rasa kehilangan Gus Dur! Bayangkan dengan kondisinya seperti itu dan yang selalu makan hujatan......tetap lantang menyuarakan pemikirannya, untuk kebaikan bangsanya!
    Saya berfikir adakah yang dapat menggantikan peran beliau!
    Buat Gus Dur maafkan kami yang selalu menghujatmu!
    Selamat telah meninggalkan dunia!
    Kini kau tunjukkan kepada kami bahwa kau dicintai beragam agama dan golongan!

    ReplyDelete
  3. Slamt Tinggal Pahlawan bangsa Ku.. Smoga di sana dirimu bisa mendapatkan tempat yang layak seperti hidupmu di bumi ini.

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate