"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

marketing online

Di postingan ilmair kali ini saya ingin menulis tentang marketing online. Eitss, tentunya bukan pengertiannya secara ilmu ekonomi loh, tapi seperti biasa, marketing online yang ingin dibahas adalah menurut tetesan kata dari pikiran dan hati saya (ya semoga aja dapat mengalir ilmu positif sejernih air alias ilmu inspirasi air ^_^). Selamat membaca reader ilmair dan para blogger lainnya.

Di dunia maya (internet) semua orang khususnya para pembisnis online, tentu mengenal istilah marketing online alias pemasaran online. Biasanya orang yang ingin menjual produknya, melakukan marketing online / pemasaran online alias memasarkan produk melalui internet untuk memperluas jangkauan target penjualan produknya. Kenapa melalui internet? ya tentunya karena internet itu dapat diakses oleh ribuan orang dari berbagai penjuru dunia.

Nah kali ini kita kaitkan antara marketing online dan kehidupan, dalam hal ini saya menarik sebuah inspirasi hidup positif dari istilah marketing online tuk cakupan kehidupan yang lebih luas. Dimana hidup itu bisa diibaratkan seperti marketing online. Lebih spesifiknya lagi bisa dikatakan bahwa manusia itu bisa menjalankan marketing online bukan hanya pada produk barang di internet yang bernilai materi semata, melainkan beragam produk kehidupan, khususnya produk ilmu-ilmu positif (baik itu ilmu pengetahuan maupun ilmu kehidupan yang lebih luas) yang tidak mesti berkaitan dengan materi. Pemasaran produk kehidupan ini juga tentunya berkaitan dengan profesi hidup manusia secara luas, dan juga dengan jaringan/hubungan sosialitas kehidupan selama kehidupan itu ada (atau pemasaran produk kehidupan itu on terus di line (saluran/hubungan) sosialitas antar sesama manusia, selama kehidupan di dunia ini ada dan pastinya selama Allah SWT meridhoi-nya).

Ya.. Allah SWT sebagai produsen/pencipta utama segala produk-produk kehidupan khususnya produk dalam bentuk ilmu tentu telah memberikan hak kepada hambaNya untuk memasarkan (melakukan kegiatan marketing online) atas semua produk ilmu positif-Nya itu di dunia. Dalam hal ini bisa dikatakan kalau manusia itu memang terikat keanggotaan seumur hidup di affiliasi marketing online dengan Allah SWT (alias manusia itu memasarkan produk yang sumber utamanya dari Allah ke sesamanya) selama ia meniti jalan hidupnya di dunia.

Ketika Allah SWT sang pencipta/pembuat ilmu, memberikan ilmu melalui baik secara formal atau non formal kepada manusia (entah itu melalui kitab suciNya, RasulNya (yang kini berupa hadist) - ini yang saya sebut pendidikan formal dari Allah SWT; atau melalui ilham di fikiran manusia, atau melalui talenta di dalam diri manusia, atau melalui alam dan segala yang terjadi di lingkungan kehidupan manusia - dan ini yang saya sebut pendidikan non formal), Allah SWT tentu menginginkan produk ilmu itu tidak sia-sia. Maka dari itu manusiapun kemudian berkewajiban sekaligus memiliki hak untuk melakukan marketing online alias memasarkan produk ilmu tersebut kepada sesamanya alias mengamalkan ilmu yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya, salah satunya dengan belajar dan mengajarkan ilmu itu kepada sesamanya.

Semua produk ilmu dari Allah SWT itu tentu saja gratis, manusia yang menjadi affiliater marketing online produk Allah SWTpun tidak dipungut biaya untuk keanggotaannya, ya ga? Ya, iyalah pastinya, karena Allah SWT memang tidak membutuhkan bayaran apapun dari hambanNya ketika Dia memberi segala karuniaNya termasuk produk ilmu kehidupan. Bahkan manusia bisa mendapatkan bonus keanggotaan dariNya yaitu bonus-bonus kehidupan (karuniaNya yang lebih banyak lagi) jika Allah SWT meridhoinya. Salah satu diantara bonus itu adalah berupa ilmu-ilmu positif lainnya juga yang akan didapat manusia ketika manusia memasarkan ilmu-ilmu positif dari Allah SWT itu.

Dalam memasaran produk ilmu dariNya itu, manusia memang diberikan keflesibelan, kebebasan dan juga banyak pilihan. Namun tentu ada syarat yang mesti manusia perhatikan dalam keanggotaan marketing online manusia dengan produk-produkNya itu, yaitu manusia harus menjadi affiliater yang baik, yang setia berjalan di jalanNya (memasarkan ilmu yang lurus sesuai tuntunanNya), menetapkan keimanan dan ketaqwaan kepadaNya dalam mengamalkan ilmu tersebut, memasarkan produk ilmu dariNya dengan cara yang baik, secara benar, dengan akidah yang baik, dan segala kebaikkan dan kepositifanpun harus manusia terapkan  jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik pula diakhirnya

Akhir kata saya hanya ingin berdoa, semoga kita semua dapat menjadi affiliater marketing online produk kehidupan dari Allah SWT ini yang baik, alias kita bisa menjalankan amanah hidup ini dengan sebaik-baiknya, mengamalkan ilmu-ilmu positif dariNya dengan baik, sehingga mendapatkan catatan akhir yang baik pula.. amin.. Walau rasanya memang ga mudah ya.. (Wallahualam dengan catatan akhir marketing online setiap manusia di dunia dalam kaca mataNya, hanya Allah yang mengetahui segala kebenaran, termasuk dalam hal catatan amal manusia di dunia) .

Bagaimana pendapatmu tentang artikel marketing online yang di post ilmair kali ini? Share kritik, ilmu, inspirasi air-mu ya di blog ilmair.

5 sharing inspirasi :

  1. ane setuju, gan..

    memangs emua iotu berasal dari YANG MAHA MENGETAHUI...

    ReplyDelete
  2. berhubung saya tidak berbisnis online jd saya nyimak saja deh sekalian menambah wawasan kalau saya kedepan nanti punya usaha online

    ReplyDelete
  3. Saat membaca judul blog ini saya teringat buku yang menjelaskan tentang kristal2 air, yang dapat berubah-ubah kondisinya karena menerima respon dari luar. postingannya bagus dan maaf ni :) komentnya ga sesuai tema,,,

    salam kenal dari hamparan

    ReplyDelete
  4. kunjungan pertama kemari, memang marketing online itu sulit, tapi kalau sudah bisa, hasilnya bagus sekali.

    ReplyDelete
  5. @ezo, yups semua hal yang ada di dunia ini tentu berasal dari Allah SWT (Sang Maha Mengetahui, Maha pencipta, Maha dari semua hal) gan, termasuk segala macam produk ilmu yang bertaburan di seluruh sudut dunia yang juga berada dalam cakupan marketing online kehidupan.
    @Rizkizone.com dan guusn, ^_^ marketing online yang saya bahas disini bukan menurut ilmu ekonomi bro, tapi marketing online ilmu di kehidupan yang lebih luas
    @hamparan kata, salam kenal juga.. emmm.. ilmu kristal air.. saya malah belum baca, tapi klu judul blog ilmu_air ini saya ngambilnya hanya terinspirasi dari air, ya dengan harapan semoga postingannya juga mengalir inspirasi positif yang mengalir bagai air yang jernih.. ^_^
    @semua blogger yang sudah berkenan mampir ke blog ilmu_air terimakasih..

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate