ilmair blogspot menjadi .com | ilmair punya domain sendiri

Alhamdulillah.. tepatnya hari ini ilmair punya domain sendiri, senangnya saya bukan kepalang (sampai rasanya ingin jingkrak-jingkrak saking senangnya), karena saya beli domain di hari ini juga, belajar set up sendiri dan tarra .com pun menempel di ujung ilmair.



Alhamdulillah.. setelah 7 tahun +  hampir 2 bulan blogspot menemani di sisi ilmair, akhirnya ilmair pun bisa berdiri sendiri. Beberapa minggu ini saya memang berfikir untuk punya domain sendiri, sebenarnya sudah terfikir dari beberapa bulan yang lalu. Alasan awalnya karena saya ingin ilmair bersahabat dengan google adsense, ummm sebenarnya google adsense beberapa tahun lalu pernah mampir sebentar ke ilmair blogspot saat google adsense baru support bahasa indonesia. Namun sayang akun google adsense sayapun di suspend. Dan karena di suspend nya akun google adsense saya itu, saya jadi berfikir bagaimana kalau sampai blog ilmair beserta akun google yang menyertainya juga nanti terkena imbas di suspend juga? Waduh sayang sekalikan kalau blog yang sudah terbit dari tahun 2008 ini akhirnya hilang dari dunia peronline-an. Ya.. walaupun ilmair sampai sekarang masih newbie sekali kualitasnya, tapi saya ga rela kalau sampai ilmair hilang begitu saja ( :D ). Jadi segera saya export blog dan beli domain, agar jika blog ilmair dihapus google, saya masih bisa memindahkannya ke platform blog lain.

Pertimbangan saya untuk men-(.com) kan ilmair sebenarnya ga membutuhkan waktu yang lama. Ya.. blogger manapun pasti ingin punya domain sendiri, termasuk saya tentunya. Lalu bagaimana perjalanan ilmair menjadi ilmair.com? Berikut saya share pengalaman ilmair, semoga bisa bermanfaat bagi brotha dan sista yang juga ingin mengubah blogspot menjadi .com :

- Yang pertama sekali tentu saya harus menentukan nama domain yang saya inginkan, tentu saja kali ini ilmair.com yang saya inginkan, wupps sempat juga terfikir nama domainnya ilmuair.com seperti tittle blog ilmair sebelumnya, humm ya memang disetiap komen yang sudah saya share di dunia perblogan-pun awalnya saya selalu memperkenalkan diri sebagai ilmu_air, tapi setelah saya fikir dan searching di google dari 2 nama itu, saya lebih pilih ilmair, sesuai dengan nama yang tertera di url ilmair blogspot sebelumnya. Dan alhamdulillah ilmair.com belum ada yang punya alias domain itu tersedia (Kalau brotha dan sista mau buat domain brotha dan sista bisa cek ketersediaannya nanti tempat bro dan sist akan membeli domain).

- Saya juga harus tentukan dimana saya akan membeli domain, di internet sendiri tentu sudah banyak penyedia domain bertebaran, dari lokal hingga yang internasional, pun beragam harganya.
Dan setelah menimbang dan cek ricek di search engine mbah google tentang penyedia domain yang bagus, baca sharing para webber dan blogger tentang pengalamannya menggunakan layanan domain lokal maupun domain luar, akhirnya godaddy yang saya pilih. Karena selain reputasinya bagus, godaddy juga merupakan layanan domain luar yang telah support bahasa indonesia. Tentang godaddy insya Allah akan ilmair share di postingan selanjutnya.

- Setelah saya memilih layanan domain (tentu kemudian daftar dan membeli domain yang saya inginkan), tinggal saya set up blogspot saya ke custom domain (.com, .net, .org, dll).

Seep kini waktunya membenahi saya ilmair, huff.. karena setelah ilmair punya domain sendiri juga tentu saya harus terus me-maintenance-nya, apalagi ilmair masih jauh dari kesempurnaan, masih newbie banget. Belajar dan terus belajar insya Allah akan terus saya lakukan, termasuk di dunia per-domain-an ini.

Ayooo brotha dan sista semangat ngeblog dan belajar terus tentang dunia blog, web, domain dan teman-temannya..  ^_^

Semoga sharing ilmair kali ini bisa memberi inspirasi bagi brotha dan sista semua.. aamiin..
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel