Manfaat Terong Bagi Kesehatan dan Kecantikan

     Terong ternyata banyak manfaatnya ya sahabat. Si buah ungu yang sering dianggap sayuran ini memang memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi dan senyawa aktif yang baik bagi kesehatan dan kecantikan loh! Ilmair ingin bahas kesehatan alami lagi nih setelah berapa lama enggak bahas ya, terakhir ada si bunga telang, sebelumnya pernah bahas waluh alias labu siam dan lemon juga ya. 

    Balik lagi ke si buah ungu, eh tunggu dulu, terong itu ternyata buah ya? Hihi ... yes, saya pun baru mengetahui hal itu belum lama ini. Si terong ini kan tumbuhnya dari bunga dan berbiji ya, para ahli botani mengkategorikan hal itu sebagai buah. Berbeda dengan sayuran yang merupakan bagian dari tanaman yang meliputi daun, batang dan akar.

       Wah, apapun sebutannya sebenarnya enggak masalah sih ya, tetap masih bisa diolah sebagai masakan yang enak dan sehat juga si terong ini.




    Tanaman terong sendiri enggak cuma dikenal di Indonesia loh! Ia juga tumbuh di negara-negara Timur Tengah, Afrika dan seluruh Asia. Jenisnya pun bervariasi dari bentuk dan warnanya, walau yang paling umum dikenal adalah si terong ungu ya.

    Saya sendiri sudah sering mengolah dan mengkonsumsinya, terutama sejak saya tahu kalau buah terong ini banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ilmair share ya untuk sahabat semua, semoga bermanfaat dan menginspirasi ...

Manfaat Terong bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Otak

    Kandungan fitonutrien yang terdapat dalam terong dapat menjaga kesehatan otak, diantaranya adalah nasunin yang banyak terkandung di dalam kulit terong.  Nasunin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi lipid atau lemak di membran otak dari ancaman radikal bebas. 

    Selain itu terdapat senyawa B komples juga di dalam terong yang dapat menjaga sistem syaraf, serta mengatasi kelelahan mental dan menjaga mood.

    Ditambah lagi kandungan antosianinnya, zat pigmen ini dapat mencegah peradangan saraf otak, karena ia dapat memicu peredaran darah ke otak. 


2. Mencegah Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

    Terdapat asam klorogenat, nasunin, lovastatin dan  serat di dalam terong dapat membantu  mengendalikan kadar kolesterol. Asam klorogenat dan nasunin itu dapat menurunkan kolesterol LDL, lovasatin dapat membantu menghambat kerja enzim pembuat kolesterol, sedangkan serat dapat menghambat proses pencernaan kolesterol dan menyerapnya. Di dalam terong terdapat juga kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

    Dengan terjaganya kadar kolesterol maka pembuluh darah di dalam tubuh menjadi fleksibel dan tekanan darah tinggi dapat dicegah, jantung pun menjadi sehat.


3. Menjaga Kadar Gula dalam Darah

    Terong juga dapat mencegah penyakit diabetes, karena kaya akan serat yang dapat menurunkan gula darah. Selain itu terdapat banyak kandungan polifenol di dalam terong yang dapat meningkatkan sekresi insulin dan mengurangi penyerapan gula, sehingga kadar gula darah pun menurun.


 4. Mencegah Kanker

    Kandungan tripsin, serat, polfenol, antosianin, nasunin dan asam klorogenat yang terkandung di dalam terong dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Asam klorogenat sendiri dapat mencegah terjadinya mutasi DNA atau antimutagen yang berfungsi sebagai anti kanker. Sedangkan zat-zat lainnya dapat mendorong produksi enzim yang dapat membuang racun dan membunuh sel kanker.


5. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

    Buah terong ternyata kaya akan kalsium dan zat besi juga loh! Hal ini tentu saja sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi.


Manfaat Terong Bagi Kecantikan

1. Melembabkan Kulit

    Buah terong memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga radikal bebas yang membuat sel-sel kulit mati dapat ditangkal. Ditambah lagi dengan adanya vitamin C dan air pada terong bisa membuat kulit jadi lebih lembut dan kenyal. Permasalahan kulit kusam dan kering pun dapat diatasi.

    Khasiat terong ini dapat sahabat rasakan terutama setelah menggunakannya dalam bentuk masker kulit wajah.


2. Menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat

    Mineral dan vitamin E yang banyak terkandung di dalam terong ungu dapat membantu menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat. Sinar UV pun ditangkal oleh vitamin E ini.

    Selain dengan cara dikonsumsi, manfaat terong ini bisa didapat juga dengan cara menggunakannya sebagai masker atau menggosokkannya langsung ke kulit wajah. Lakukan dengan rutin agar hasilnya bisa sahabat rasakan ya.


3. Mencerahkan Kulit

    Antioksidan termasuk Vitamin C dan Vitamin E yang terkandung di dalam terong dapat membuat kulit lebih cerah. Vitamin C sendiri dapat menurukan produksi melanin (pigmen warna kulit), sedangkan vitamin E juga memang pemutih badan yang efektif.

    Manfaat buah terong ini dapat sahabat rasakan jika mengaplikasikan masker dan mengkonsumsinya secara rutin ya.


4. Menjaga Kulit Agar Tetap Awet Muda

    Antioksidan yang terdapat di dalam buah terong dapat menangkal radikal bebas, bertindak sebagai anti penuaan dini dan mencegah kerutan di kulit. Sehingga jika sahabat mengkonsumsi terong secara rutin, kulit pun bisa tetap terjaga dan awet muda. 


      Ma syaa Allah ternyata buah ungu sederhana dan terjangkau yang sering diolah jadi masakan ini kaya banget manfaatnya ya. 

       Jadi untuk menjaga apa Allah kasih berupa kesehatan dan kecantikan itu sebenarnya enggak perlu mahal loh! Cukup dengan menjaga pola hidup kita ya, termasuk memperhatikan apa yang kita konsumsi.

      Makanan yang sudah tersedia di alam yang juga diberikan Allah untuk kita ini, pastilah begitu banyak manfaatnya, tinggal kita manfaatkan juga dengan baik ya. 

       Oiya, ada berderet manfaat terong bagi kesehatan dan kecantikan lainnya selain yang ilmair share di atas. Mungkin sahabat mau share di bawah, boleh banget :) 

      Atau sahabat sendiri suka enggak nih sama si ungu ini? Harus belajar untuk suka ya kalau sudah tahu manfaatnya. Semangat sehat ya! Jaga kesehatannya untuk Allah ya, untuk mudah kita beribadah, agar berkah dan dijaga terus juga sama Allah aamiin. 

Catatan: dalam mengkonsumsi buah terong jangan sampai berlebihan juga, karena pastinya ada efek buruknya, sesuatu yang berlebihan kan memang enggak baik ya. Sebaiknya jangan dimakan dalam keadaan mentah. Untuk yang bermasalah dengan ginjalnya juga tidak disarankan mengkonsumsi terong.


Sumber: halosehat.com, orami.co.id, dokter.id

    

    


Previous article
Next article

14 Komentar

  1. Harus belajar makan terong keliatannya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuu Kak, semangat sehat, makan sayur dan buah lainnya juga :)

      Hapus
  2. Saya suka terong, alhamdulillah banyak manfaatnya dan dan meriah

    BalasHapus
  3. ssaya pribadi sih gak suka sama terong gak tau kenapa ya, mungkin ga terbiasa makan terong dari kecil. tapi pernah gak sengaja makan sambal terong, enak sih.

    BalasHapus
  4. Saya sebenarnya ga terlalu suka ama yang namanya terong, tapi setelah membaca artikel ini coba saya pikir-pikir lagi dech.

    BalasHapus
  5. meskipun sudah lama suka dengan sayur terong, ternyata juga memiliki berbagai manfaat juga yah.. terimakasih kak atas informasi bermanfaatnya.

    BalasHapus
  6. Wowo. mantap kaka. Mila baru taukalau ternyata manfaat terong ini bisa digunakannya sebagai masker. Memang pas digosokkannya langsung ke kulit wajah ndak gatel-gatel ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kak, terong bisa buat masker. Kalau soal gantal tergantung kulitnya mungkin ya, sensitif dan alergi kulitnya atau enggak.

      Hapus
  7. wah baru tahu kalo terong itu buah, saya suka sambel terong, ternyata banyak sekali manfaatnya, Masya Allah...

    BalasHapus
  8. Saya suka terong
    Digoreng tambah sambal
    Nikmatnya luar biasa
    Tambah tempe dan tahu
    Alhamdulillah nikmat banget

    BalasHapus
  9. Kadang-kadang saya makan terong tapi setelah itu ngantuk, apa karena efek kenyang atau ada kandungan tertentu di terong sehingga jadi mengantuk kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo mungkin Kakak darah rendah ya? Sama seperti kangkung, terong ini juga mengandung banyak kalium yang bisa menurunkan tekanan darah Kak, itu mungkin ya yang bikin jadi mengantuk.

      Hapus
  10. Aiihh aku sih penggemar terong hihi. mau dikemas sambel maupun sayur sukaaa bangett. Emang bener ya buah atau sayur yg warnanya ungu itu emang punya manfaat anti kanker

    BalasHapus
  11. Banyak manfaatnya ya si ungu ini. Betul nih segalanya sesuatu itu jangan berlebihan, cukup secukupnya aja karena memang yang berlebihan kurang baik ^^

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel