masalah hidup

Setiap manusia tentu memiliki permasalahan dalam hidupnya, karena hidup itu sendiri merupakan serangkaian dari masalah. Hidup merupakan perjalanan manusia dari masalah satu ke masalah lainnya. Dan masalah dalam hidup baru akan terputus dalam hidup manusia jika manusia telah tiada. Begitu bukan? Nah, kali ini blog ilmu_air ingin menuliskan inspirasi hidup positif (ilmu inspirasi air) dari masalah hidup.

Allah SWT tentu akan menghamparkan selautan luas anugerahnya pada manusia dalam hidup, di sisi lain Allah SWT juga memberikan manusia cobaan / ujian dan teguran dalam hidup berupa masalah-masalah hidup. Semua yang Allah SWT berikan pada manusia, adalah rahasiaNya, dan menjadi misteri kehidupan bagi manusia.

Ya manusia memang tidak mengetahui, apa, kapan dan bagaimana cara Allah SWT memberi kepada hambaNya, entah memberi anugerah ataupun memberi cobaan dan teguran berupa masalah hidup. Manusia hanya menjalani saja hidupnya, lalu Allah SWT-kan melengkapi hidup manusia dengan beragam hal atas izin dan ridho-Nya, termasuk memberikan manusia inspirasi hidup atau ilham untuk menjalankan hidup itu sendiri.

Fikiran manusia mungkin tidak akan sampai pada mengerti tentang apa, bagaimana dan kenapa Allah SWT melimpahkannya anugerah atau justru masalah hidup. Kecuali hanya dengan ridhoNya sajalah manusia baru bisa mengerti, dan mendapatkan ilmu, inspirasi dalam hidup (ilham), hingga yang mendekati pada kebenaran sejatinya hidup (rahasia ilahi atas seluruh hidup manusia yang Dia berikan pada hambaNya).

Entah besok mentari bersinar lagi atau tidak saja manusia tentu tidak akan tahu secara pasti. Karena hari esok hanya Allah SWT yang tahu, dan bagi manusia, satu-satunya yang pasti di dunia adalah ketidakpastian bukan? Namun inspirasi hidup positifnya adalah bahwa keoptimisan hidup itu seharusnya  memang selalu ada, dan keoptimisan itu layaknya membayangkan bahwa pagi yang cerah selalu ada dibalik gelapnya malam. Begitupun ketika manusia menghadapi masalah hidup, ia seharunya beroptimis, karena semua masalah itu tentu ada penyelesaiannya, dan tentunya semua tetap harus berpegang pada IMTAQ , DUIT dan S2 (doa, usaha, ikhlas, tawakal, dan sabar serta syukur) pada Allah SWT.

Walau terkadang sulit menjadi pribadi yang selalu optimis dan sempurna baik dimataNya tentu..

Pada akhirnya hanya atas ridho-Nyalah manusia mendapatkan kebaikkan atau tidak. Dan tentunya kebaikkan atau keburukkan itu sudut pandangnya adalah dari kaca mata Allah SWT, bukan manusia. Bisa jadi manusia menilai suatu hal itu buruk padahal baik dimataNya dan sebaliknya. Dan ilmu inspirasi yang seharusnya mengalir bagai air di hati dan fikir adalah bahwa ketika masalah hidup menghampiri manusia, belum tentu sebuah keburukkan bagi manusia itu, apalagi jika kemudian Allah berikan ketenangan pada hati manusia, kemudahan serta jalan keluar terbaik, atau hingga menjadikan manusia tersebut menjadi hambaNya yang lebih baik.

Walau sekali lagi saya katakan, rasanya tidak mudah juga mendapatkan yang terbaik dariNya itu. Saya sendiri rasanya belum mampu menjadi hambaNya yang dapat mengerti akan semua hal yang Allah berikan. termasuk apa, kenapa dan bagaimana Dia memberikan semua masalah hidup. Dan juga belum mampu mengambil inspirasi hidup  secara sempurna dari semua hal untuk hidup lebih baik lagi. Bagaimana denganmu? share ilmu, inspirasi airmu di blog ilmu_air ya..
Previous article
Next article

7 Komentar

  1. haloo... apa kabar?? udh lama gak mampir2... makasih ya udh mampir ke blog saya... :)

    BalasHapus
  2. tulisan yang informatif dan mencerahkan, mas. saya setuju dengan isi tulisan ini. konon, semakin banyak dan berat masalah yang dihadapi manusia, semakin besar pula kecintaan Allah kepada hamba-Nya.

    BalasHapus
  3. @rizky, ^_^ saya setuju
    @artta, yup seharusnya begitu.. semoga, amin ^_^
    @sang cerpenis bercerita, met malam juga
    @the diary, you're welcome sist lyla
    @sawali.. ehemm, saya perempuan bukan mas2 :( :) insyaallah, semoga kita bisa menjadi hambaNya yang demikian, diberikan masalah hidup karena cintaNya, dan yg utama semoga juga diberi kekuatan iman dan diberi kemampuan tuk menyelesaikan masalah hidup tentunya.. amin..
    @semua yang sudah berkenan mampir di blog ilmu_air, terimakasih..

    BalasHapus
  4. Sangat menginspirasi...izin share ya....syukron..

    BalasHapus
  5. Semoga menambah inspirasi kita dalam menghadapi dan mengatasi permasalahan2 yang kita miliki saat ini.... Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, terimakasih telah berkunjung ke ilmair

      Hapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel