5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bertahan, Tak Menyerah Jalani Hidup

     Dalam menjalani hidup, kita mungkin akan dihadapkan dengan keadaan yang berat, situasi yang sulit dan masalah yang seolah datang tiada hentinya ya sahabat. Hal itu terkadang bisa membuat rasa putus asa menyelinap masuk ke dalam hati, hingga ingin menyerah saja rasanya. 

    Apalagi jika keadaan mental kita sedang rapuh, kesedihan memeluk diri dengat erat, overthinking melanda, insecure menyerang, luka batin pun tak kunjung juga mengering - membuat semua hal yang datang dalam hidup seolah tampak begitu berat dan membebani langkah.

    Jika sahabat sedang berada di posisi ini dan berpikir untuk berhenti melangkah, coba baca tulisan ini, ilmair kali ini ingin berbagi semangat dan motivasi, semoga bermanfaat ya.

5 Alasan Kamu Harus Bertahan, Tak Menyerah (Putus Asa) Jalani Hidup

1. Kamu Itu Berharga, Berarti Untuk Ada dan Diciptakan ke Dunia Tidaklah Sia-Sia.

    Ya, manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk ciptaan-Nya yang lain, dengan segala potensi dan keunikannya masing-masing, serta saling memberikan mafaat. Begitu pun dengan kamu, keberdaanmu di dunia ini pasti berarti dan tak sia-sia.

    Apa pun yang kamu alami dalam hidup pun sungguh takkan sia-sia. Susah, sakit dan sedihmu saja bisa menggugurkan dosa dan berbuah pahala jika disertai kesabaran. 

    Maka apa pun yang terjadi dalam hidup, kamu harus terus bertahan dan berjuang menjalaninya, terutama untuk orang-orang tersayang.

    Tentu saja ada orang-orang yang menyayangimu, walau terkadang kamu merasa sendirian menghadapi masalah. Semua orang tampak sibuk dengan urusannya masing-masing seolah tak ada yang mempedulikanmu atau bahkan seakan menjauh pergi di saat kamu membutuhkannya.

    Ingatlah bahwa Allah takkan meninggalkanmu sendirian, karena Allah-lah yang paling menyayangimu melebihi siapa pun. Dia yang telah menciptakanmu ke dunia dan sudah pasti akan menjaga dengan cinta-Nya. 

   Di saat merasa sendiri, ingatlah pada kasih sayang-Nya. Allah ingin kamu sadar betapa berharganya dirimu tanpa perlu banyak berharap pada manusia. 

2. Kamu Kuat dan Mampu

    Lihat kembali perjalanan di belakang, kamu sudah sejauh ini melangkah. Buktinya masalah yang lalu saja kamu kuat dan mampu melewatinya. Ya, karena memang masalahmu takkan melebihi batas kemampuan dan itu merupakan janji Allah.

Sesuai firman-Nya dalam Al Qur'an, Surat al-Baqarah [2] ayat 28

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."

    Ya, kamu tak lebih lemah dari pada masalah, kamu hanya lemah di hadapan Allah, karena memang membutuhkan-Nya. Sedangkan masalah hidup itu pasti bisa kamu lewati, tentu jika bersama-Nya.

3.Setiap Masalah Itu Ada Jalan Keluarnya

    Masalah yang dihantarkan padamu tentu saja bukan sekadar untuk membuatmu terjatuh, patah atau bahkan hancur hingga tak bersisa lagi di dunia. Namun, masalah datang justru untuk membuatmu belajar, membentuk untuk lebih kuat, serta menyadarkan atas setiap kesalahan. Hingga pada akhirnya kamu bisa menemukan jalan yang mudah setelah mengalami kesulitan menghadapi masalah.

    Ingatlah pada janji Allah, bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Sesuai firman-Nya yang termaktub dalam Al Qur'an Surat Al-Insyirah Ayat 5-6 

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

4. Ada Tujuan Hidup yang Harus kamu Raih

    Mengingat tujuan hidup akan membuatmu bersemangat dalam melangkah, karena gerakmu berarah. Di saat kamu ingin menyerah, ingatlah kembali pada tujuan hidupmu.

     Diantara banyaknya tujuan hidup, yang paling penting diingat adalah Allah menciptakanmu ke dunia ini untuk beribadah-Nya. Kamu hidup untuk meraih ridho-Nya dan mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak.

    Dalam meraih keridhoan-Nya dan kebahagiaan abadi itu kamu perlu berjuang, menghadapi beragam ujian. Kamu perlu ikhlas, sabar, dan tawakal dalam menjalaninya.

    Rasa lelah juga pasti akan ikut menyertai langkahmu. Tak apa jika kamu merasa lelah, istirahatlah sebentar, asal jangan menyerah. Lalu kamu harus semangat untuk kembali melangkah dan fokus pada tujuan hidupmu lagi.

5. Harapan Itu Akan Selalu Ada

    Meski kamu mengalami kegagalan berkali-kali, melakukan kesalahan berulang, atau menghadapi kondisi di titik terbawah dalam hidup, tetap yakinlah bahwa Allah akan selalu memberikan harapan untukmu. Masa depan yang cerah masih bisa kamu perjuangkan, ampunan Allah masih bisa kamu pinta, dan roda hidup akan terus berputar.

    Ingat juga bahwa selalu akan ada balasan baik atas setiap perjuanganmu. Rasa lelah dan tetesan keringatmu akan terbayar, setiap luka akan sembuh, dan kesedihanmu pun akan berganti dengan senyuman. 

    Kamu hanya perlu menyadari dan memperhatikan apa yang salah, lalu ambil hikmah dan tatap masa depan dengan sejuta harapan. Sandarkan semuanya hanya kepada Allah.

    Ya, itu dia 5 alasan kenapa kamu harus bertahan, tak menyerah (putus asa) jalani hidup yang bisa ilmair bagikan. Jika sahabat punya alasan lainnya, silahkan dibagikan di kolom komentar ya ... Mungkin kata-katamu itu bisa memberikan semangat, motivasi dan inspirasi bagi sahabat lain yang membacanya. Eh, kamu juga pastinya ya, harus selalu semangat!! ^_^

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel