Apa arti Cinta bagimu...??










Artikel ini sebenarnya merupakan postingan pertama saya di blog ini , tapi terdampar di antara tumpukan posting lainnya dan hanya terpampang di arsip.. dengan beberapa editing dan add lagi dari saya semoga artikel ini mendapat share pendapat, kritik dari pembaca blog ini.

CiNtA...
Semua manusia pasti akrab dengan kata cinta, pernah merasakan mencinta dan dicinta. Banyak pula kata yang mendapingi kata cinta. Ada cinta mati, cinta buta, cinta monyet, dll. Di dunia musik dan seni, di segala penjuru dunia pun cinta begitu menguasai syair dan tema-nya. Berjuta orang di dunia pun sering berucap kata cinta, tapi... apa sih sebenarnya cinta?

Apa artinya cinta bagimu? Apakah sebuah rasa yang bergelora di dada? Sesuatu yang hanya dirasakan dua insan berbeda jiwa berusia muda, yang sedang sibuk dengan dunia milik berdua? Biasanya cinta yang begini sih hanya indah sesaat ya? Karena kemudian bisa saja ada yang menyayat, menusuk dan menyakiti. Seperti kata kebanyakan orang, cinta itu berjuta rasanya, ada manis, ada pahit, ada asin, ada asem.

Jika ingin menisbihkan cinta secara lebih luas, cinta juga merupakan sesuatu yang memberikan rasa bahagia ya, yang membuat tersenyum, memberi ketenangan jiwa, membuat hidup penuh warna, membuat hari berona. Cinta juga bisa mengahapus derita, meraih tangan dari gelayutnya dera, merangkul dalam dingin, memberi cahaya dalam gelap, menemani dalam kesendirian. Orang yang mencinta akan saling menghargai dan menghormati (respect), tidak memandang sebelah mata, menerima kekurangan dan kelebihan diri. ya ngga? :) Tampak sempurna ya? Walau sebenarnya nggak akan bisa seutuh itu dan masih ada kok cinta yang seperti itu, cinta yang murni dan tulus. 

Lebih dalam tentang cinta... cinta manusia dalam dunia seperti apa pun juga pasti melahirkan derai air mata, dapat berupa haru bahagia karena cinta ataupun karena berteman dengan kesedihan. Untuk derai air mata haru, yaitu terutama saat bersyukur dan bersujud penuh takzim pada Sang pemilik dan pencipta cinta (Allah SWT). Sedangkan air mata duka, seperti saat manusia mencintai harta dunia, harta benda yang tidak mungkin abadi dimiliki karena roda hidup selalu berputar , dan saat lepas dari genggaman hidup itulah saat derai kesedihan menampakkan dirinya. Begitupun dengan mencintai manusia yang juga fana seperti dunia. Ketika orang-orang yang dicintai kembali ke Rabb-nya, atau ketika orang yang dicintai berlalu dari cinta dengan berpaling dan menyakiti, air mata-pun kan menetes bahkan dalam jiwa. Yah cinta dalam dunia sama seperti sifat dunia... pasti fana, tidak abadi... ya ngga? :(


Kalau untuk arti cinta, saya punya kepanjangannya:
CINTA
C: CURAHAN HATI YANG...
I: INDAH BERHIAS DIMANA...
N: NURANI  BERPERAN DAN..
T: TULUS BILA DIBERIKAN SERTA..
A: ALLAH YANG CIPTAKAN
Maka bila cinta, semua hal yang tercurah dari hati adalah kepositifan yang tampakkan keindahan jiwa, dimana nurani selalu berada di tempat terdepan, dan ketulusanlah yang nampak saat bersikap. Serta semua cinta itu berasal dari Allah SWT dan hanya karena-Nya saja...
kalau menurut kamu bagaimana?

 Saat di jiwa telah tertanam cinta seharusnya cinta itu diberikan juga ya pada...
Bumi... Tanah Air... Keluarga.. Diri... Kebaikkan... Agama... Tuhan. 

Cinta pada Bumi melingkupi seluruh alam, tempat manusia bernaung di bawah langit, diatas tanah dan laut, mencintai bumi dengan menjaga bumi ini dengan sebaik-baiknya... Namun sebelumnya perlu cinta pada tanah air, tempat manusia dilahirkan, dengan menghargai karya bangsa dan menjadi manusia berguna bagi negeri dan membagakan bangsa... Dan cinta itu akan berawal pada cinta manusia pada keluarganya, yang melingkupi semua ikatan darah, tempat dimana manusia mengawali jalan hidupnya bahkan mengenal cinta itu sendiri, dari mulai bernaung dalam rahim, kemudian lahir ke dunia dan belajar hidup serta berbagi banyak hal hampir 2/3 waktu bersama keluarga, mencintai dengan menjaga ikatan batin... Dan manusiapun harus terlebih dahulu mencintai dirinya, yang melingkupi semua bagian dalam diri seperti menjaga kesehatan fisik, batin serta fikiran dan juga langkah hidup dengan perbuatan... namun cinta itupun hanya akan terwujud jika manusia mencintai kebaikkan, yang melingkupi semua yang positif seperti : keadilan, kedamaian., kesejahteraan, ketentraman.. dengan menjadikannya sebagai bagian yang utuh untuk diletakkan dalam jiwa.. Dan cinta itu akan kokoh dengan tiang cinta pada Agama, yang melingkupi segenap sendi-sendi didalamnya yaitu kitab suci, rasul, nabi, malaikat, ajaran agama, sesama saudara muslim... mencintai dengan menjalankan ajaran agama sebagai pedoman hidup... Dan keseluruhannya akan sempurna dengan cinta pada Tuhan YME (Allah SWT)... karena Tuhan YME pasti memberikan cinta yang sempurna pada manusia.. maka jika semua hidup bisa berjalan karena cinta pada Tuhan YME semua akan indah... dan akan menghadirkan cinta pula pada semua yang diciptakan-Nya (Makhluk hidup, dan bumi, negri, kebaikkan, keluarga, serta agama )...
Sebagai manusia pasti sulit memiliki cinta yang sempurna pada ke 7 hal tersebut... begitupun dengan saya...karena manusia tidaklah sempurna...
Bagaimana dengan kamu...???? Cintamu untuk siapa??? Dan apa arti cinta bagimu? Share pendapatmu di blog ini ya... :)

Previous article
Next article

9 Komentar

  1. pagi mba..slam kenal juga ya..

    BalasHapus
  2. Cinta yang kekal dan paling indah itu hanya cinta Allah kepada umatnya...

    Salam kenal yah.... ^_^

    BalasHapus
  3. Sebelumnya terimakasih yang amat sangat dalam dari lubuk hatiku atas puisimu yang engkau sisipkan di kotak komentarku dan aku sangat menghargai itu. Terimakasih.

    Dan setelah aku membaca tulisanmu ini.. aku ingin shareing pendapatku :
    1. Cintaku untuk diriku sendiri, artinya aku harus mencintai diriku sendiri sepenuhnya 100%, setelah aku bisa mencintai diriku sendiri maka aku akan mencintai orang lain. Dan cintaku untuk siapa tentunya utk semua orang.. terutama orangtua dan keluargaku.
    2. Cinta itu menurutku adalah anugerah yang harus dijaga bukan untuk dipermainkan. Dan cinta itu hanya akan datang disaat engkau menyadari betapa sulitnya mencintai dirisendiri.
    3. Jika engkau mencintai lelaki atau perempuan dan engkau menyerahkan kesucian dan keperjakaanmu sebelum adanya ikatan.. itu bukan cinta.. tapi nafsu.
    4. Dan arti cinta untukku adalah sebuah kata yang aku jadikan sebagai bunga dan penghias hidupku. Karena dengan mencintai diriku aku bisa mengembangkan semua kekuranganku menjadi sesuatu yang berguna utk oranglain.

    BalasHapus
  4. Kalau menurut aku sich Cinta itu kayak Kupu-kupu..

    Tambah dikejar tambah lari..?
    Betul gak Bro..
    hahaha

    BalasHapus
  5. cinta itu sesuatu yang ada di makhluk hidup yang diungkapkan dengan rasa kasih sayang. :D

    K, tukeran link sama follow. oke! :D

    BalasHapus
  6. k, komentar ke postnya dunk. Jangan k chat box. Plzzz.... eh k, minta ym kk dunk.

    navygenius@yahoo.com

    :D

    BalasHapus
  7. @blagabloger setuju...cinta Tuhan YME emang paling sempurna tiada tara pada makhluk-na... tapi sebagai makhluk-na sulit-na mencintai-Nya dengan sempurna... jangankan sempurna, secuil ajh terkadang sulit-na minta ampyiun...^_^
    @yusa dan blagabloger salam kenal juga...
    @nandoz setuju... tapi sulit yhh sempurna mencintai diri tanpa ego...
    @blagabloger,nandoz,fariz-next,nafi terimakasih udah share comment-na tentang cinta...

    BalasHapus
  8. wah..ganti theme ni...ciamix kok jadinya, he he he

    add dunk blogku..http://handphonemagic.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Mungkin anda perlu menterjemahkannya dengan pikiran terbalik, saya tidak bisa mengungkapkan betapa cinta saya pada Indonesia tanpa mengolok2 para penguasa.

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel