"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Ilmair dan PR

Wah pass sekali, padahal tadi-na saya memang lagi mau ngebahas tentang nama blog saya, terus waktu kemarin saya baca shoutbox saya, wuuupsss dapet pr nihhh!! ^_^ fyuuuhhh... tapi ya makasih blagabloger (deta) (nambah pengalamanku nge-blog niyy...) ^_^
nih pr-na sya kerjain ya...

1.kenapa blog kamu diberi nama.... ?
panjang sedikit jawabannya ngga apa-apa-kan ya… Pada awalnya nama ilmu_air sendiri tercetus begitu saja dalam benak saya tanpa niat apapun, kecuali ingin menyatakan bahwa ilmu yang positif itu akan mengalir seperti air, ya itulah yang saya harapkan dari setiap postingan saya, semua hal yang terfikir dalam benak saya mengalir dan saya alirkan dalam postingan agar mengalir pula pada pembacanya. saya harap ilmu tersebut positif, tapi jika negatif mohon kritiknya.....Namun kemudian makin terbetik banyak hal tentang air... ( jawaban juga bagi orang yang dalam soutbox saya (beberapa hari yang lalu) meninggalkan jejak tanya apakah ilmair dapat digunakan dalam kehidupan?)

Kamu tentu tahu air, sebenarnya ada banyak hal sifat air yang dapat menjadi ilmu dan pelajaran bagi manusia...
a).air itu diperlukan oleh semua makhluk hidup, bahkan tempat hidup makhluk hidup air, begitu bergunanya air hingga takkan ada kehidupan jika air tak ada. Sebagai manusiapun seharusnya seseorang bisa menjadi manusia yang berguna, yang selalu dibutuhkan keberadaannya dimanapun, oleh siapapun...

b).air itu selalu mengalir ke bawah, atau dari tempat tinggi ke tempat rendah, walau ketika diserap oleh akar tanaman misalnya, maka kandungan air yang begitu berguna yang akan naik ke tiap dahan... maka sebagai manusia seharusnya seseorang selalu melihat ke bawah, dalam arti kata selalu bisa rendah hati dan bersyukur, namun yang terserap ke atas dalam perbuatan adalah yang berguna selalu.

c).air itu punya sifat mensucikan, dan menjernihkan, manusia wudhu menggunakan air, membasuh diri dengan air, piring, pakaian kotorpun dibasuh dengan air, (mengubah kotor menjadi bersih pada suatu benda tanpa mengubah bentuk benda itu), membasuh luka dibadanpun dengan air, maka seharusnya seseorang sebagai manusia harus bisa menjadi seorang yang mampu melepur benci, menghapus pikiran buruk, mengubah perbuatan dan hati yang buruk tanpa merubah suatu yang dasar pada diri manusia, menengahi pertikaian, mehapus luka hati, baik untuk diri pribadi maupun terhadap orang-orang yang ditemui.

d).air itu menghargai, ketika ada benda yang masa jenisnya lebih ringan akan mengapung diatas air, dan air selalu mengalir sesuai benda yang dialirinya, menyesuaikan bentuk, menyesuaikan ukuran, dan apabila ada bencana yang berhubungan dengan air, misalnya ketika masa yang lebih berat tenggelam, atau banjir, atau tsunami, semua terjadi karena faktor di luar dari air itu sendiri, seperti manusia yang tidak menjaga lingkungan dan diri menyebabkan banjir, faktor tinggi rendah tempat yang menyebabkan air mengalir deras dan menganyutkan (tapi air deras saja masih bisa sangat bermanfaat untuk pembangkit listrik bukan?) faktor pergeseran lipatan bumi yang menyebabkan tsunami... dlll. Seperti manusia seharusnya mengapungkan pujian pada setiap karya, dan selalu menyesuaikan dan menempatkan diri pada lingkungan dan keadaan ia berada dengan positif, dan apabila ada kebencian yang lebih berat dari cinta yang dialirkan... biarlah yang membenci itu tenggelam dengan sendirinya.

Dan yang diserupakan dengan air dalam hal ini adalah hati dan fikiran, yaitu cinta dalam nurani dan ilmu yang seseorang miliki... maka alirkanlah ilmu-mu dan cinta-mu seperti air, berguna, menjernihkan, dengan cara rendah hati dan menghargai.

Seharusnya sebagai manusia seseorang semua bisa memandang setiap hal dari sisi positifnya... seperti jika kau memandang hamparan laut biru yang luass... tampikkan lumut di pinggiran atau genangan lumpur di pesisir...
Maka bila kau fikir ilmu yang dialirkan oleh seseorang tidak berkenan di hatimu, atau justru kau menganggapnya negatif pandanglah seperti ’jika kau kau menemukan air yang kau fikir buruk, khamar, atau bir yang memabukkan atau zat yang akan merugikanmu’ maka menjauh saja.. atau kalau kau mampu rubahlah zat itu menjadi zat yang berguna, karena alkohol dari khamar saja masih dapat berguna bila kau ubah fungsinya menjadi zat kimia yang digunakan untuk melarutkan suatu bahan, mensterilkan alat, membius saat operasi tubuh dilakukan di rumah sakit dlll... ya ngga?

Begitupun dengan apa yang saya tulis di postingan saya ini, saya mungkin belum bisa menjalani atau melakukan apapun sempurna baik atau positif, atau apa yang saya tulis belum tentu telah menjadi bagian dari diri saya, dan perbuatan saya, atau bahkan belum tentu ilmu saya teramat positif, bahkan masih jauh dari katgori sempurna jika dipandang dari sudut Tuhan menilai, atau mungkin ada yang menganggapnya negatif? namun jika kau mau mengambil yang bermanfaat di dalam tulisan saya dan berguna bagi kehidupanmu sendiri, ambilah, jika kau fikir isinya kenegatifan menjauh sajalah, mohon jangan men-judge-nya sempurna negatif atau menghina-nya, atau kau kritik dan ubahlah ilmu dalam diriku menjadi lebih baik...

Ada yang pernah berkata bahwa ilmu tanpa iman tidaklah akan berguna, mungkin perkataan itu benar, jika seseorang punya ilmu tanpa iman maka ilmu itu tidak akan berguna untuk dirinya, tapi bagaimana Tuhan memberi ilmu itu pada saat itu dibenak orang yang disebut tidak beriman tadi pasti ada positifnya, yaitu mungkin akan berguna jika dialirkan dan orang yang memiliki keimanan lebih dan membacanya bisa mengambil manfaat lebih baik, kemudian justru bisa saja membantu orang yang dianggap tidak beriman tadi menjadi orang yang lebih baik. Seperti aliran air yang berputar dari langit ke laut ke sungai ke tanah dan oleh matahari diserap ke langit, menjadi titik awan dan kemudian turun menghujan ke bumi dan mengalir lagi ke laut... dst... Namun jangan pernah men-judge iman seseorang, dan jangan pula karena dipandang tidak pantas misalnya kau larang atau hina seseorang mengucapkan hal positif, atau menyebut Tuhan.
Sebuah mata air itu tidak mengalir dari sebuah keramik yang berkilau, atau berlian kemilau, tapi ia mengalir di pelosok gunung, melalui tanah membatu yang mungkin tertutup lumut, atau mungkin mengalir dari lumpur yang kemudian ketika alirannya menderas menjadi sungai jernih menggatikan lumpur pekat. Dan mungkin terkadang air itu bisa tak berguna bagi sumbernya sendiri, tapi jika dialirkan mungkin banyak makhluk hidup yang membutuhkan untuk hidupnya masing-masing. Namun jangan pula kau hanya mengambil manfaatnya dengan sesuka hatimu, kemudian merusak tempat sumber mata air itu, seperti ada sajakan orang yang ketika ke gunung terus mencoret-coret dengan cat atau merusak tanah batu mata air itu misalnya. Maka jika kau punya ilmu yang menurutmu bermanfaat alirkan dan berbagilah.... ”sampaikanlah walau hanya satu ayat...”

Selain itu seperti sebuah artikel yang pernah saya baca di frendster, jika seseorang mempunyai ilmu maka tidak ada yang akan pernah tahu bagaimana Tuhan berkehendak di tempat berbeda yang tidak tahu dan tidak kenal mungkin ada juga orang yang mengalami hal yang membutuhkan ilmu itu jika kemudian seseorang alirkan ilmu itu.

e).Apalagi ya ilmu air yang bisa dijadikan pelajaran bagi kehidupan manusia? Share ilmu-mu juga ya kalau menurutmu air bisa menjadi pelajaran selain yang saya tulis diatas...

2.mengapa blog kamu pakai template ini?
Kenapa ya, mungkin salah satunya karena saya suka warna biru dan gambar bunga juga menegaskan saya perempuan, karena di template sebelumnya ada pengujung yang sempat manggil saya mas, mungkin salah satu-na karena template yang saya pakai untuk blog saya sebelum-na biru datar.... ^_^ menurutmu gimana template saya yang sekarang? Masih kaya blog-na mas-mas ngga? ^_~

3.kejadian apa yang tidak terlupakan dalam hidupmu?
Wah kalau kejadian secara rinci sih kayanya juga sulit dijabarkan, sama kaya deta, karena banyak kejadian dalam hidup saya yang ngga bisa saya lupakan, tapi salah satu-na adalah kejadian dengan teman dan sahabat saya, banyak kenangan maniss bersama teman dan sahabat saya yang ngga akan saya lupakan, baik itu dari saya masih kanak-kanak, waktu smp, masa-masa smu, karena terkadang masa yang sudah berlalu dan terlepas dari diri, lalu saat kemudian kau merasa sendiri, jauh, dan tak lagi berkomunikasi dan bersilahturahmi dengan teman dan sahabat, maka disaat itu kau akan bersyukur tentang masa lalu itu yang tak kau dapati di masa kini...yang mungkin juga pernah kau keluhi di masa dulu... dan setelah itupun saya ngga pernah lupa hingga kini sama manis dan berakhir dengan pahittttt banget ketika saya berteman sama teman saya di masa setelah smu... oya, dan yang ngga dilupakan juga tentunya dapat pr ini dan udah menyelesaikannya... soal-na dari mulai pertama kali nge-blog baru sekarang tahu dan dapet pr-pr-an.... makasih ya deta...

6 sharing inspirasi :

  1. ow, jadi komentar yang pertama deh ni kk...

    k, sebenarnya juga saya dha ngebahas kenapa saya buat blog ?. Itu postingan pertama ku. Hehehe....

    kalau mau baca silahkan...
    ________________________________________
    capek ni abis ulangan semesteran...
    gampang-gampang tau k! (soalnya). Jawabannya yang susah.

    Tapi tadi ga terlalu susah...
    *Jawabannya yang susah.* itu kata temen2.

    :D

    k, udah coba postingan yang baruku blom ?
    liat deh k profile Friendster koe.
    keren ga ?

    mau navy ajarin ga kk ?

    :D

    ReplyDelete
  2. Uoh...
    Gitu Critana..
    Klo Buku Tentang Filosofi Air Amier Pnah Baca..
    Ternyata air itu bda.. bgt!

    ^_^

    Nice2..
    Keep Blogging.. Yaks..

    ReplyDelete
  3. Seep..... anak yang rajin...

    panjang amat jawaban nya??
    hehehe....

    ReplyDelete
  4. @navy ^_^ blum tpi nti kaphan-kaphan mw coba... ajarin yppp!! ^_^

    @amier... air beda? yang dimana mas amier? apa ilmu saya yang salah??

    @blagabloger ^_^ abies-na pr dari deta yang no.1 tuh memank mw saya bahas tadi-na... ^_^ jadi pas dehhh....

    ReplyDelete
  5. wah... panjang amat mbak postingannya heheh...

    ReplyDelete
  6. iya nih! Panjang banget! Yang penting comment dulu!

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate