"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , » Hari anti korupsi sedunia

Hari anti korupsi sedunia

Hari ini tepatnya tanggal 9 desember diperingati sebagai hari anti korupsi sedunia. Dari browsing-browsing di jang google, penetapan special day anti korupsi sedunia itu dimulai ketika PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) meraktivikasi Konvensi Anti Korupsi di Merida Mexico, pada tanggal 9 desember 2003 lalu. Hingga kemudian tanggal tersebutpun akhirnya ditetapkan sebagai HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA, dan diperingati setiap tahunnya. Pada hari anti korupsi tersebut seluruh elemen bangsa Indonesia juga diajak untuk dapat membangun gerakan nasional anti korupsi, agar terbangun semangat nasional dan tercerminkan kekuatan rakyat yang anti korupsi. Namun dalam memperingatinya tentu di harapkan segala aktivitas gerakan nasional tersebut dapat dilakukan dengan santun dan bijak, tidak membuat kisruh ataupun melakukan hal yang merugikan kepentingan umum (sebagian tulisan saya kutip dari sebuah arcive-mail ketua panitia pelaksanaan sekjen Tiga Pilar Kemitraan (3PK) tahun 2006). Dan jangan sampai juga aksi dan gerakan nasional anti korupsi menjadi korupsi terhadap kepentingan umum lainnya… yupz… ya semoga aman, tentram dan damai semua aksi anti korupsi di hari anti korupsi sedunia ini… amin…

Jika menengok pada berbagai masalah yang begitu menggema di berbagai media, seperti kasus penyelewengan dana Bank Century yang kemudian berkembang pada berbagai kasus lain seperti kebobrokan hukum dan pelaksana hukum yang ditunjukkan dari rekaman percakapan Anggodo di MA, yang juga menguak adanya kriminalisasi KPK-melahirkan komunitas cicak (Cinta Indonesia Cinta KPK) setelah adanya sebutan cicak versus buaya (KPK versus polri), kasus Century-pun medorong para anggota DPR untuk mengajukan hak angket yang berhubungan dengan penurunan wapres dan mentri keuangan. Serta menengok juga pada beberapa kasus yang menunjukkan semrawut dan bobroknya keadilan dan hukum yang tampak pada kasus-kasus pengadilan seperti pada seorang nenek yang mengambil beberapa butir cacao, juga kasus penggunaan listrik untuk cash handphone, serta kasus pritha mulyasari yang perdatanya dituntut 204 juta rupiah oleh RS.Omni hingga melahirkan adanya koin keadilan untuk bu pritha, dan lain-lain, yang kesemua kasus itu mengundang banyak fikiran untuk mengaitkan hukum dan keadilan dengan kolusi, korupsi dan sejenisnya, atau bahwa hukum itu hanya milik yang kuat, milik orang-orang besar..

Tentu hari anti korupsi ini bisa menjadi acuan untuk tetap semangat membangun Negara yang bersih dari tindak korupsi dan sejenisnya (kolusi, nepostisme). Serta membangun semangat untuk meneggakkan hukum yang seadil-adilnya, menegakkan keadilan hidup secara keseluruhan dan utuh, menciptakan hidup yang adil dan beradab.

Inspirasi hidup positif dari hari korupsi sedunia itu adalah, bahwa manusia mestinya memang jauh dari korupsi dalam kehidupan, bahkan dari korupsi pada hal yang kecil dan dianggap sepele sekalipun, seperti misalnya korupsi waktu (waktu seharusnya digunakan untuk melakukan hal yang penting, bahkan waktu hidup di dunia itu menurut agama islam harusnya digunakan untuk beribadah, baik itu ibadah yang menyaangkut pada seluruh elemen rukun islam maupun ibadah secara umum dan luas, dimana berikhtiar dalam hiduppun harus diniatkan sebagai ibadah pada sang khalik), korupsi bicara (kebebasan berbicara dan berpendapat itu ada, tapi jika berlebihan pada yang tidak penting apalagi mengandung ghibah dan fitnah, tentu akan menjadikan berbicara itu menjadi sebuah korupsi juga, begitupun dengan berpendapat, ada hak berpendapat, tapi dibatasi dengan hak orang lain serta kewajiban), bahkan korupsi uang kecil atau recehanpun mesti diantisipasi, karena korupsi besar dapat bermula dari korupsi kecil, seperti jangan sampai ada orang yang suka ‘nilep’ uang (teurtama untuk yang merupakan uang amanah), selain itu menghamburkan rizki dari Tuhan serta enggan mengeluarkan zaqat dan sedekah-pun dapat menjadi sebuah korupsi pada hak Tuhan dan hak hamba Tuhan yang berhak mendapatkan zaqat dan sedekah… apa lagi yup korupsi-koprupsi dalam kehidupan? Menurutmu apa? Share inspirasimu di blog ilmu inspirasi air, dan pendapat serta kritikmu tentang postingan ilmu_air kali ini…

3 sharing inspirasi :

  1. Smoga dengan ada nya Hari ini membuat Koruptor2 yang ada di sluruh Dunia bisa sadar.. Amin

    ReplyDelete
  2. Moga saja aksi damai kemaren bisa menjadi momen untuk para koruptor untuk kembali ke jalan yang benar.

    ReplyDelete
  3. Demo, bagi yang ingin demo kemaslah dengan seni dan berilah pembelajaran kepada masyarakat, jangan malah membuat masyarakat ketakutan atau marah! Bukankah kalian mengatasnamakan rakyat!

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate