"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Hari hak asasi manusia

Special day internasional di bulan desember ini begitu berdempetan, setelah 1 desember lalu dunia memperingati hari aids sedunia, kemudian kemarin 9 desember hari anti korupsi sedunia, maka pada tanggal 10 desember diperingati sebuah special day yaitu hari hak asasi manusia internasional, sudah lewat 1 hari postingan saya ini, tapi tak apalah jika dengung menyerukkan tegaknya penghargaan terhadap hak asasi manusia ingin di suarakan juga diblog ilmu inspirasi air ini.

Dari situs wikipedia dituliskan bahwa hari hak asasi manusia internasional ini dinyatakan oleh Internasional Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaam kaum Humanisme. Tanggal Peringatan Hari HAM tersebut dimulai pada tahun 1950, ketika Majelis Umum PBB mengundang semua negara dan organisasi yang peduli pada HAM untuk merayakan Hari Hak Asasi Manusia. Tanggal 10 Desember sendiri dipilih untuk menghormati Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia pada 10 Desember 1948.

Hak asasi manusia sendiri berarti hak-hak yang telah dimiliki manusia sejak lahir dan merupakan pemberian dari Tuhan. Hak yang dimiliki manusia di dunia ini beragam, dari hak hidup, hak memperoleh ketentraman, ketenangan hidup, mendapat pendidikan yang layak, hak bersosial, hak privasi, hak mendapat keadilan, hak berkedudukan yang sama dalam hukum dan lain-lain. Hak asasi manusia tersebut tentu harus dihargai dan dihormati, dan tiada satu manusiapun yang dapat mengambil hak asasi seorang manusia, karena hanya sang pemberi hak tersebutlah yang berhak mengambil hak asasi manusia yaitu Allah SWT. Dan yang pasti hak asasi manusia itu bukanlah sebuah kebebasan tanpa berbatas, karena Allah SWT tentu memberikan batasannya yaitu dengan kewajiban manusia dan aturan dan hukum agama serta hak asasi manusia lainnya.

Ngumungin tentang hak asasi manusia, rasanya di dunia ini belum dapat ditegakkan secara sempurna pergormatan terhadap hak asasi manusia. Karena begitu banyak pelanggaran HAM terjadi di mana-mana, di seluruh pelosok dunia. Jika merenungi masalah dan peristiwa, dapat dirasakan dan disaksikan bahwa dari zaman ke zaman berbagai peristiwa pelanggaran HAM selalu terjadi, seperti perang yang tentunya mengambil hak hidup dan nyawa serta ketenangan hidup yang terjadi di berbagai Negara, Israel yang menjajah Palestina contohnya terbarunya. Di bumi pertiwi-pun banyak pelanggaran HAM terjadi, dan hal itu dapat dilihat dari peristiwa kekerasan di berbagai daerah seperti Aceh, Ambon, Palu, Irian Jaya, atau juga pada berbagai tragedi, seperti tragedi semanggi, tragedi trisakti dan lain-lain. Selain peristiwa pelanggaran HAM yang bernuansa politik, banyak juga pelanggaran HAM yang sifatnya kriminalitas, di telivisi dan media lainnya juga banyak diberitakan tentang tindakan penghilangan nyawa seseorang yang begitu mudah, seperti Pembunuhan berantai oleh Rian, dan lainnya yang merupakan kriminalitas yang ada di masyarakat, berbagai bentuk pengadilan massa-pun (seperti pengeroyokan oleh massa terhadap manusia) sering terjadi, masyarakat saat ini begitu mudah melakukan pelanggaran hukum sekaligus ham . Berbagai ketidak adilan hukum yang sedang banyak diberitakan di berbagai media-pun menunjukkan banyak terjadinya pelanggaran HAM mendapat keadilan hukum, seperti Kasus Pritha Mulyasari, kasus pengambilan 3 butir cacao yang sampai kepengadilan dan dengan cepat diputuskan perkaranya, kontras dengan koruptor dalam kasus bank Centuri yang hingga kini tidak jelas kasus perkaranya di pengadilan. Dan masih banyak lagi kasus dan peristiwa yang menunjukkan adanya pelanggaran HAM.

Sesungguhnya pelanggaran HAM itu telah terjadi dari 1000 tahunan lalu manusia hidup, karena di zaman jahiliah sebelum kenabian-pun pelanggaran HAM terjadi. Dan Rasulullah SAW-pun datang dengan membawa agama Islam, untuk mengembalikan hak-hak asasi manusia pada setiap jiwa, menghapus kejahiliahan dengan islam yang menyelamatkan, menegakkan keadilan Allah SWT yang penuh rahmat dan kasih sayang, yang menghargai seluruh kehidupan dan manusia secara utuh. Seharusnya teladan beliau di pegang oleh setiap jiwa hamba Allah SWT dan direalisasikan dalam hidup. Tidak hanya beraksi pada anniversary special day hak asasi manusia internasional dengan demo dan sejenisnya yang kemudian mengganggu hak asasi lainnya jika terjadi kisruh. Namun hari Hak Asasi Manusia internasional jadikan inspirasi hidup positif yang mampu menggerakkan nurani semua manusia untuk meneggakkan HAM secara utuh dan adil bagi seluruh manusia, kemudian merealisasikan juga dalam perbuatan dalam menghargai HAM tersebut.

Bagaimana pemdapatmu tentang postingan ilmair tentang hari hak asasi manusia internasinal ini? Share inspirasimu diblog ilmu inspirasi air kali ini yupz…

6 sharing inspirasi :

  1. Slmat Hari HAM,, Smoga di Indonesia ini HAM makin kuat..

    ReplyDelete
  2. Selamat hari HAM ya.. masih banyak permasalahan tentang pelanggaran HAM ini yang belum tuntas ya..

    ReplyDelete
  3. Desember memang penuh special day yang mengingatkan betapa masih sakitnya kemanusiaan manusia-manusia modern

    ReplyDelete
  4. HAM, kita mulai saja dikeluarga dan tetangga kita, dan kalau dilakukan oleh para blogger tentunya akan meluas didaerah masing-masing.
    Kalau kita hidup rukun bersama keluarga dan tetangga apa akan terjadi pelanggaran hak asasi manusia? Tentu tidak? Inilah harapan wong cilik? Amin!

    ReplyDelete
  5. Iya hak asasi... hanya seremoni..

    ReplyDelete
  6. postingan menarik Mbak.. mampir dan baca2 bentar nih

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate