"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Dampak negatif kemajuan teknologi

Blog ilmu inspirasi air kali ini ingin memposting tentang dampak negatif kemajuan teknologi, hanya sekedar merenungi berbagai masalah dan perisiwa yang sedang hangat-hangatnya diberitakan di media televisi, yaitu tentang jejaring sosial di dunia internet yang lagi-lagi memakan korban, bukan korban nyawa, tapi korban masa depan… Sebelumnya memang telah banyak berita tetang korban kemajuan teknologi, yaitu tentang penyalahgunaan jejaring sosial ini (facebook), seperti perselingkuhan dan pencemaran nama baik, serta perlakuan tidak menyenangkan. Dan penyalahgunaan penggunaan kemajuan teknologi ini tentunya bukan hanya di facebook saja, di hamparan dunia maya (inernet) dan di alat teknologi lainnyapun beragam masalah telah terjadi, seperti penyebaran video exploitasi via handphone, pencemaran nama baik dan penyebaran fitnah via handphone, dan lain-lain.. Bahkan kini jejaring sosial facebook ternyata disinyalir telah dimanfaatkan orang untuk melakukan eksploitasi perempuan dan anak di bawah umur, bahkan perdagangan manusia dan organ tubuh manusia.

Astagfirullah, nauzubillah… huhhh pyuuuhhhh… agak miris memang mendengar dan menonton berita-berita di televisi tentang penyalaghunaan kemajuan teknologi itu. Begitulah jadinya jika kemajuan teknologi digunakan secara berlebihan, sementara pendidikan moral, pendidikan akhlak, penanaman agama semakin disepelekan. Manusia memang ingin maju, ingin kehidupannya semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Tetapi seharusnya perkembangan hidup-pun jangan dibiarkan berkembang bebas, hingga kenegatifanpun ikut berkembang. Dan pastinya modal utama diri yaitu Iman dan taqwa pada sang khaliq mesti ditanamkan dengan kokoh dalam diri, dan juga pada generasi-generasi muda, anak-anak didik semua orang dewasa… (kalau tentang kemajuan teknologi dan dampak negatifnya, blog ilmu_air juga pernah posting tentang dunia anak, permainan anak, dan kemajuan teknologi)

Jika berbicara tentang dampak negatif kemajuan teknologi, dari zaman apapun dan kapanpun pasti ada. Karena di setiap segi kehidupan ini pasti ada sisi negatif dari setiap hal, dan karena hidup itu tentu memiliki dua sisi, yaitu positif dan negatif. Bahkan keduanya erat berdampingan setiap waktu, karena di setiap hal yang positif dalam kehidupanpun pasti ada kenegatifan, jika kehidupan itu dijalani pada jalur yang salah, jika manusia berlaku secara berlebihan. Orang yang beragama dan beribadah saja bisa salah, (kesalahan mungkin manusiawi, tapi jika kesalahan itu adalah kenegatifan yang benar-benar salah, maka dosa-pun tergaris bersama kesalahn itu)dan bisa terjebak oleh fikiran sendiri dan prasangkanya terhadap ajaran agama. Misalnya ketika manusia mempunyai pengertian yang keluar jalur dari pengertian ibadah dan jihad, maka lihatlah bagaimana bom meluluh lantahkan hotel j.w mariot dan rizt carlton , atau lihatlah baimana Israel memerangi palestina yang juga karena keyakinan agama dan atau juga karena merasa benar. Maka kemajuan teknologi juga dapat dipergunakan secara salah dan kemajuan teknologipun mempunyai dampak negatif di samping kepositifannya memajukan daya fikir dan gaya hidup manusia, terutama ketika setan di dada manusia juga turut maju daya fikirnya untuk menghancurkan kehidupan manusia. Ya ga?

Kembali berbicara tentang dampak negatif kemajuan teknologi. Sebenarnya dampak negatif kemajuan teknologi itu dapat di jauhkan, jika benteng iman dalam diri kokoh, jika ajaran agama tidak disepelekan, jika setiap diri mampu menyaring setiap hal antara yang positif dan negatif, jika tiap diri tidak berlaku secara berlebihan, jika setiap orang dewasa mampu besikap dewasa sesuai kedewasaan iman dan akhlak (bahwa hal-hal negatif seperti pornographi yang dianggap untuk dewasa itu sesungguhnya juga tidak pantas di tonton, di dengar atau mungkin dilakukan), jika orang dewasa mampu mendidik anak-anak dengan pendidikan agama, akhlak dan moral yang baik, dan yang utama adalah jika manuasia masih takut pada Allah SWT (Tuhannya). Maka jangan hanya karena tidak ingin tertinggal zaman, tertinggal informasi dan teknologi, lalu mempergunakan teknologi secara berlebihan, masuk ke dunia teknologi dengan penuh kebebasan, lalu terseret arus pada pergaulan di dunia teknologi secara berlebihan pula, menghancurkan masa depan kehidupan dengan membentuk generasi yang rusak di telan kenegatifan kemajuan teknologi.

Bagaimana pendapatmu tentang postingan blog ilmu inspirasi air kali ini? Share ilmu dan inspirasi positifmu yupz…

6 sharing inspirasi :

  1. Benar dengan Iman kita sambut kemajuan tehnologi dimana sisi positifnya kita tingkatkan dan sisi negatifnya kita kikis mulai dari diri dan keluarga! Bila sudah lingkungan! Bila semuanya melakukannya alangkah indahnya kemajuan tehnologi!

    Maaf, ada tugas untuk anda ditempatku!

    ReplyDelete
  2. Dampak negatif itu ada pada otak kita masing-masing. Serta pembelajarannya.

    ReplyDelete
  3. Teknologi itu bagaikan Pedang yang memiliki 2 mata pedang, bisa Postivie dan Negative. semua itu tergantung pada si pengguna teknologi tersebuat, apabl berniat baik pasti bedampak postive begitu jg sbliknya

    ReplyDelete
  4. benar kata Bung Lasamana...
    Teknologi bagaikan mata pedang, bila kita menggunakan dengan baik maka dapat memberi manfaat bagi kita, namun kalau tidak, maka dia bisa menjadi mesin pembunuh..

    ReplyDelete
  5. setuju sekali, semua yang namanya kemajuan selalu ada dampak yang negatif

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate