"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » » 2 sisi yang beriringan dalam hidup manusia yaitu masalah dan anugerah

2 sisi yang beriringan dalam hidup manusia yaitu masalah dan anugerah

Dalam hidup itu selalu ada dua sisi yang beriringan, ada yang bertolak belakang, ada pula yang sejajar. Seperti ada siang pasti ada malam, ada kanan pasti ada kiri, ada laki-laki dan ada perempuan, ada masalah dan ada anugerah serta lainnya. Saya kali ini tidak ingin membahas panjang lebar tentang dua sisi yang selalu ada dalam hidup manusia secara utuh. Tetapi hanya, memetik sejumput dari sekian hal di dua sisi itu.Apakah itu? Saya awali dengan sebuah pertanyaan, "Pernahkah manusia mendapatkan 2 sisi yang beriringan dalam hidup itu secara bersamaan?" Yang pasti bukan siang dan malam dalam satu waktu, bukan kanan dan kiri pada satu tempat, bukan pula ngumungin tentang laki-laki dan perempuan dalam satu tubuh (bayi kembar dalam kandungan atau kelainan dsj ) bukanlah pastinya… Tapi.. tentang sebuah pertanyaan : Apakah pernah Tuhan memberikan 2 sisi yang beriringan dalam hidup manusia yaitu masalah dan anugerah? Maksudnya disini adalah masalah dan anugerah dalam satu waktu, pada satu orang hambaNya… Rasanya pernah, bahkan mungkin setiap manusia bisa saja mengalaminya, dan mungkin juga sering...

Misalnya : manusia mendapatkan rizqi halal di satu sisi dan masalah lain di sisi lainnya, atau saat di satu sisi seseorang manusia mempunyai masalah, di sisi lain mengalir sebuah inspirasi yang membuatnya mampu berkarya, atau contoh lainnya seorang pelajar yang mendapatkan juara kelas namun disaat bersamaan ia punya masalah dengan temannya, atau seorang perempuan atau laki-laki mempunyai masalah dalam pernikahannya namun di sisi profesi profesionalnya ia mendapatkan hasil yang baik dan lain-lain. Jikalau hal itu pernah Tuhan berikan pada hambaNya… walllahualam maksud dari 2 sisi itu.. kebenaran sejatinya mungkin masih menjadi rahasia Ilahi atas apapun dibalik semua hal yang Dia berikan pada hambaNya. Tapi jika ingin dikembalikan pada kesadaran diri, yang pastinya apapun yang Tuhan berikan pasti ada hikmah, teguran, nasehat, dan kritik positif, atau kasih sayangNya tanpa secuilpun Tuhan berniat menganiaya hambaNya… setuju?

Dari tulisan di atas saya justru baru merasa ngeh dengan sebuah kalimat "dibalik kekurangan akan ada kelebihan" begitupun sebaliknya.. Dan kekurangan atau kelebihan ini bukan terbatas pada kekurangan atau kelebihan fisik tubuh ataupun kemampuan dan bakat/ talenta manusia. Tapi lebih luas lagi, yaitu pada kehidupan manusia secara utuh. Dari bagamana manusia melalui hidupnya, yangkan menghadapi masalah ataupun anugerah. Bahwa di balik sebuah masalah dalam hidup seorang manusia akan ada anugerah dalam hal yang lain padanya. Ada 2 sisi yang beriringan dalam hidup manusia yaitu masalah dan anugerah….

Atau kalimat yang lebih mendekati lagi di sini adalah "dibalik kesukaran pasti ada kemudahan", dan hal itu bukan terbatas pada masalah yang sama, bisa jadi di saat yang bersamaan manusia itu memiliki masalah atau kesukaran di suatu hal, maka mungkin ada kemudahan baginya di hal lainnya. Dan begitupun jika manusia menempatan pada keadaan sebaliknya, bahwa di saat ia mendapatkan kemudahan di sebuah hal maka mungkin ada juga kesukaran dan masalah yang harus dihadapi di hal lainnya.

Dari semua hal itu, maka manusia harus selalu menyadari bahwa manusia dan kehidupan di dunia itu tidaklah sempurna. Tidak ada kebahagiaan yang sempurna, kesedihan sempurna, kemudahan sempurna, kesukaran sempurna, kebaikkan sempurna, keburukkan sempurna, kebenaran yang sempurna, yang dimiliki manusia di dunia. Yang sempurna hanya Allah SWT bersama semua kasih sayangNya, kehendakNya, ciptaanNya dan semua yang ada dan milikNya. Termasuk pada 2 sisi yang beriringan dalam hidup manusia yaitu masalah dan anugerah, yang Dia berikan dan yang pasti sempurna dengan segala rahasia keindahan untuk menjadikan makhlukNya begitu special dimataNya.

Bagaimana menurut pendapatmu tentang tulisan di postingan blog Ilmair kali ini? Share ilmu, pendapat dan inspirasi hidup positifmu yupz...

2 sharing inspirasi :

  1. Hanya Allah lah yang Maha Sempurna!

    ReplyDelete
  2. yups bener , , hidup positif memang jalan terbaik ^_^

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate