"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Hari buku sedunia dan hak cipta

Hari ini, tanggal 23 April 2010, merupakan special day internasional, karena hari ini merupakan hari buku sedunia dan hak cipta (world book and coppyright day). Yups blog Ilmair kali ini ingin menuliskan tentang hari buku sedunia dan hak cipta serta menarik inspirasi hidup positifnya.

Klu berbicara tentang special day, di bumi pertiwi sendiri juga kemarin telah merayakan special day, yaitu hari kartini, tapi blog ilmair tidak sempat posting, jadi pada postingan kali ini sekaligus saja saya juga ingin ucapkan "Happy kartini’s day untuk semua perempuan Indonesia" ^_^ dan tentu saja "Happy world book and coppyright day untuk seluruh dunia".

Kembali ke hari buku sedunia dan hak cipta. Saya baca di wikipedia.com, bahwa hari buku sedunia dan hak cipta ini juga dikenal sebagai Hari buku internasional atau hari buku sedunia, yang diselenggarakan tanggal 23 April setiap tahun oleh UNESCO untuk mempromosikan membaca, penerbitan, dan hak cipta. Hari buku sedunia dan hak cipta ini pertama kali dirayakan pada tahun 1995. Kalau sejarah lengkapnya kunjungi wikipedia saja kali ya ^_^, yang pastinya hari buku sedunia dan hak cipta ini terlahir dari memperingati hari kelahiran dan kematian penulis-penulis legendaris.

Hari buku sedunia dan hak cipta ini menurut saya begitu inpiratif, karena mengajak semua orang di seluruh dunia untuk membaca serta menghargai hak cipta. Membaca sendiri rasanya merupakan hal yang penting yang harus ditanamkan pada setiap orang dari usia sedini mungkin. Ilmu bisa diajarkan, digali, dipelajari, disebarkan salah satu yang utamanya adalah melalui buku dan dengan membaca. Seperti di postingan Tag "food for soul" saya yang lalu "buku adalah jendela dunia dan pedoman hidup". Semua cerita tentang dunia dapat di tuangkan dengan tulisan dalam buku, bumipun dapat dijelajahi dengan membaca buku. Dan ajaran agama dari Tuhan (Allah SWT) juga terdapat dalam buku, yaitu Kitab Suci (Al-Qur’an), yang juga merupakan sumber dari segala sumber ilmu sebagai pedoman hidup utama bagi manusia di dunia. Untuk menggali semua ilmu yang ada di bukupun tentu manusia harus bisa membaca dan tentu mencintai buku, terutama Al-Qur'an.

Rasulullah SAW-pun saat pertama kali mendapat wahyu yaitu ayat suci Al-Qur’an juga diawali dengan kata "bacalah" atau "Iqra", yang kemudian wahyu yang beliau terima itu, beliau ajarkan kepada seluruh umatnya. Hal ini juga dapat menujukkan bahwa Allah SWT juga menganjurkan hamba-Nya untuk membaca, utamanya tentu mewajibkan hamba-Nya membaca pedoman hidup dari-Nya yaitu Al-Qur’an.

Selain tentang buku, yang termasuk dalam specialnya hari ini juga adalah tentang hak cipta. Menurut saya, hak cipta itu merupakan bagian hak asasi manusia, hak manusia terhadap karya ciptanya (hak asasi manusia tentu dilindungi Allah SWT, dalam arti Allah-pun pasti membenci orang yang tidak menghargai karya cipta manusia). Ketika manusia itu menulis dan menuangkan karya fikirannya menjadi sebuah karya seni dalam tulisan, maka manusia mempunyai hak penuh atas tulisannya itu, dia mempunyai hak untuk dihargai karya ciptanya, tiada satu orangpun yang boleh mecuri hak ciptanya, mengakui karya seorang manusia, membajak karya cipta seorang manusia. Tapi tentu dibalik hak cipta, harus juga diingat batasannya hak, yaitu kewajiban. Kewajiban cipta disini adalah kewajiban membuat karya yang baik tentunya.

Bagaimana pendapatmu tentang hari buku sedunia dan hak cipta di blog ilmu inspirasi air kali ini? Share pendapat, ilmu, dan inspirasi hidup positifmu ya. Satu kalimat terakhir  dari saya "Mari hapuskan buta aksara dari muka bumi ini, dan tumbuhkan kencintaan pada buku, tentunya pada buku yang baik, inspiratif, edukatif, informatif. Dan yang utama pastinya cinta pada tiap lembaran buku pendoman hidup manusia dari Allah SWT, yaitu Kitab suci Al-Qur’an."

2 sharing inspirasi :

  1. Makasih Bro infonya..jadi tau klo ada hari buku sedunia hehehe..keep posting yakz

    ReplyDelete
  2. saya baru tahu kalo hari tsb adalah ari buku sedunia. :) semoga menjadi peringatan akan pentingnya buku . sukses bro :0

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate