"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , » Air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan

Air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Dalam hitungan hari seluruh muslim akan menyambut 30 moslem's day yaitu bulan nan pernuh afwah itu. Dalam menyambut bulan nan suci mulia itu, blog ilmair ingin menuliskan tentang air, ya tepatnya air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan.

Air.. Setiap manusia tentu membutuhkan air, bukan hanya manusia saja tentunya, seluruh makhluk hiduppun juga butuh air untuk hidup. Setiap hari, manusia butuh air yang mengalir ke tenggorokkannya, yang kemudian mengalir ke seluruh bagian tubuhnya untuk hidup. Bahkan di saat bulan Ramadhanpun manusia, khususnya muslim, butuh air untuk dapat hidup. Tepatnya untuk menghidupkan keimanan dan ketaqwaannya pada Allah SWT.

Kalau menurut saya sih bukan hanya dikala sahur dan magrib saja  manusia itu harus mengalirkan air ke bagian dalam tubuhnya, tapi saat berpuasa sekalipun air seharusnya manusia alirkan. Lho ko? Kan sedang berpuasa? Ya tentu saja air yang seharusnya mengalir di bulan Ramadhan atau di saat manusia berpuasa itu bukanlah air yang membatalkan puasa. Apakah itu?

Air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan:
1. Seperti halnya air yang manusia alirkan ke tenggorkkan hingga mengalir di seluruh tubuhnya, air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan-pun haruslah air yang suci. Dalam hal ini berarti bahwa manusia harus mensucikan hatinya, mengalirkan air kesucian ke hatinya lalu mengalir ke fikirannya dan seluruh tubuhnya, hingga memancarkan kesucian yang nampak pada perilakunya.
2. Tentunya untuk menyempurnakan air suci yang manusia alirkan di dalam dirinya, air kesucian hatinya, manusia juga harusnya mengalirkan kesucian itu ke luar dirinya. Salah satunya dengan mengalirkan air maaf, air kesadaran diri untuk menyadari bahwa sebagai hambaNya tentu setiap diri itu penuh dengan kesalahan dan kealpaan terhadap manusia lainnya. Dan tentu saja membuka jalan aliran air maaf dari manusia lainnya juga.
3. Air kesucian itupun berdekatan dengan air keikhlasan. Tentu dalam menjalankan ibadah, manusia harus ikhlas, ikhlas menjalani semua ibadah (termasuk ibadah puasa) karena dan untuk Allah SWT semata. Dan keikhlasan itupun harus pula dialirkan pada setiap perilaku manusia, salah satu bentuknya adalah ketulusan dalam seluruh aktifitas sosialitas manusia dengan manusia lainnya.
4. Dengan air kesucian hati dan keikhlasan itu, manusia juga seharusnya mengalirkan air kesabaran yang tiada terbatas di Bulan Ramadhan. Yang akan membuat manusia itu mampu menjalankan ibadah puasa seutuhnya, bukan hanya berpuasa dari makan dan minum, tapi juga berpuasa menjaga kesucian hatinya, menjaga lisan, pendengaran, hati dan fikiran serta tingkah lakunya, untuk kekhusuan ibadahnya di Bulan Ramadhan.
5. Air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan selanjutnya adalah air amal ma’ruf. Di Bulan  Ramadhan terhampar lautan luas amal ma’ruf (amal kebajikan) yang dapat manusia alirkan. Dengan mengalirkan sejuta kebaikkan, melakukan amal ma’ruf selama berpuada di Bulan Ramadhan, tentunya akan melengkapi kesempurnaan ibadah.
   -Salah satu amal ma’ruf yang dapat manusia alirkan di Bulan Ramadhan adalah mengalirkan hak rizqi dari sebagian harta yang dimilikinya, baik dalam bentuk zakat maupun sadaqah. Dan banyak lagi air amal ma’ruf lainnya yang harusnya manusia alirkan di Bulan Ramadhan.
6. Air syukur dan tawakal juga tentu jangan sampai terlupakan. Yha, manusia memang harus selalu mengalirkan rasa syukur padaNya atas segala apapun yang dijalani dan didapatkannya dalam hidup, serta mengalirkan ketawakalan atau berserah diri pada Allah SWT, termasuk dalam menghadapi setiap masalah dalam hidup. Apalagi di bulan Ramadhan, syukur itu tentu seharusnya semakin dirasakan, salah satunya karena dengan berpuasa itu juga mengingatkan manusia bahwa masih ada manusia lainnya yang setiap harinya mesti menahan lapar karena tidak mempunyai rizqi yang cukup untuk menikmati makanan yang layak apalagi yang mewah. Dan semua ikhtiar dari air kesucian, maaf-memaafkan, keikhlasan, kesabaran, amal ma’ruf hingga ke syukur itu berujung pada ketawakalan.

Semua air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan itu tentu tidak mudah dialirkan secara baik, bahkan sempurna baik oleh setiap manusia. Namun tentu ikhtiar untuk belajar selalu mengalirkannya juga harus terus ditingkatkan. Bahkan bukan hanya di Bulan Ramadhan, tetapi air kesucian, keikhlasan, kesabaran, dan amal ma’ruf itu juga harus terus dialirkan di bulan-bulan lainnya. Sehingga manusia juga mendapat ridhoNya untuk diturunkan hujan air kebaikkan olehNya, seperti air hikmah, air rizqi yang berkah, air ampunan atas segala dosa, dan air-air kebahagian lainya dalam hidup.

Bagaimana menurutmu tentang air yang seharusnya mengalir di Bulan Ramadhan, yang saya tuliskan diatas? Share ilmu dan inspirasi hidup positifmu yhua ^_^..

Oya, pada kesempatan inipun saya ingin mengalirkan permohonan maaf pada seluruh blogger yang telah mengunjungi blog Ilmair, atas segala kehilafan saya selaku admin dan owner blog Ilmair selama ini. Dan terimakasih juga karena telah bersedia mengunjungi blog yang masih jauh dari kesempurnaan ini..

Mari sambut bulan suci nan penuh afwah dengan kesucian hati..

8 sharing inspirasi :

  1. Mohon maaf lahir batin ya sobat... :) Oh ya apa kbar?

    ReplyDelete
  2. semoga kita bisa menyambut bulan ramadhan dengan hati yang suci pula, mohon maaf kalau ada salah-salah kata bro

    ReplyDelete
  3. mari menyambut bulan ramadhan dengan hati yang bersih, mohon maaf atas segala kehilafan brother

    ReplyDelete
  4. Kunjungan perdana, skalian izin follow. Marhaban ya Ramadhan Mubarok, Selamat datang bulan grandprize pahala :)

    ReplyDelete
  5. @laksamana embun, mohon maaf lahir dan bathin juga bro.. :)
    @munir ardi, amin.. mohon maaf lahir dan bathin juga.. btw saya perempuan, bukan bro, sis.. :)
    @gaelby, terimakasih telah berkenan berkunjung dan menjadi reader blog ilmu_air.. Marhaban ya Ramadhan (selamat datang bulan Ramadhan).. :) Eh saat ini sudah berada di bulan Ramadhan, berarti selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.. :)

    ReplyDelete
  6. Semangat berpuasa, mari mengalirkan amal dan pahala di bulan penuh berkah ini...

    ReplyDelete
  7. salam kenal...
    wah artikelnya menarik sekali...
    semoga di bulan ramadhan ini kita selalu diberi keberkahan dan hidayahnya, ibadah puasa kita diterima olenya...amin

    ReplyDelete
  8. Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate