"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Jalan hidup

Ilmair baru di update lagi niy, setelah beberapa minggu tetesan kata-nya ga hadir di dunia blogging. Kali ini, jemari saya menari di atas keyboard menoreh huruf elektrik di atas lembaran posting membetuk paragraf tentang jalan hidup. Upsss.. postingan ini bukan cerita tentang jalan hidup saya loh tentunya, tapi sekedar menarik inspirasi hidup positif dari kehidupan, seperti postingan ilmu_air sebelum-sebelumnya.

Jalan hidup... di dunia ini jalan hidup setiap manusia tentu telah digariskan oleh Sang Pecipta (Allah SWT). Apa yang telah, sedang dan akan dilalui, dihadapi, ditemui, didapatkan oleh manusia di setiap langkah hidupnya, pasti telah ada dalam catatan langit milikNya (Lauful Mahfuz). Dan manusia sendiri tentu tidak mengetahui bagaimana jalan hidupnya di masa depan, bahkan jalan hidup yang telah dan sedang dilalui manusiapun tidak manusia ketahui secara pasti akan menjadikannya bagaimana kemudian. Ya.. karena hidup bagi manusia adalah ketidakpastian yang pasti bukan? dan hanya Allah SWT jua tentu yang pasti mengetahui semua kebenaran hidup, termasuk jalan hidup manusia dari awal hingga akhir kehidupan ini.

Dan karena ketidakpastian itu pula, manusia kemudian dihadapkan pada beragam pilihan yang tentu juga di beri tambahan ilham (inspirasi) tuk berfikir, memutuskan dan bersikap. Ketidakpastian akan jalan hiduppun mendorong manusia tuk berDUIT dan S2 (DOA, USAHA, IKHLAS, TAWAKAL dan SABAR serta SYUKUR) yang terbaik. Dimana, jika manusia ingin mendapatkan yang terbaik dalam jalan hidupnya maka ia harus berdoa, berusaha dengan baik, lalu ikhlas, tawakal, sabar serta syukur ketika menunggu, menjalani dan mendapatkan apapun hal ada dalam jalan hidupnya. Walau pada akhirnya memang hanya Allah SWT yang punya hak menentukan, karena bagaimanapun manusia berencana, Allah SWT pula yang menentukan bukan.

Jalan hidup yang telah Allah SWT gariskan memang mempertemukan manusia pada berjuta hal, entah itu hal baik atau buruk, kesuksesan atau masalah hidup, anugerah atau musibah, kebahagiaan atau kesedihan, atau hal lainnya yang bagai dua sisi mata uang koin saja yang manusia temui di jalan hidupnya. Dan baik ataupun buruknya beragam hal yang manusia temui dalam jalan hidupnya, tentu harus tetap manusia jalani dengan penuh keimanan dan ketaqwaan padaNya. Karena Allah SWT yang maha sempurna, adil, bijaksana, pengasih dan penyayang itu akan selalu memberikan kebaikkan untuk hambaNya, entah itu melalui kebaikan hidup atau keburukan hidup. Anugerah, hikmah (termasuk di dalamnya pelajaran hidup), ujian dan teguran hidup (kritik atau nasehatNya)-pun adalah pasti mengandung hal yang baik untuk manusia sesungguhnya, apapun bentuknya. Ya ga?

Oiya, ngumungin tentang jalan hidup, sebenernya artikel ini saya tulis juga sedikit mendapat inspirasi positif dari beragam masalah dan peristiwa serta berita yang akhir-akhir ini sering muncul di berbagai media. Yaitu diantaranya adalah ketika musibah tsunami menghampiri negara Jepang, hamba-hambaNya yang mengalami musibah tersebut tentu tidak mengetahui sebelumnya akan ditimpa masalah hidup berupa musibah tersebut. Padahal tentu diantara yang tertimpa musibah itu, banyak juga yang telah merencanakan hal baik tuk masa depannya, namun jalan hiduppun menghadapkannya pada kesusahan dan kesedihan. Jalan hidup orang-orang yang jatuh dalam kesedihan dan musibah itupun berbanding terbalik dengan jalan hidup seorang polisi asal Gorontalo, Briptu Nourman Kamaru, yang mendadak tenar karena aksi lipsing + olah tubuhnya yang menirukan penyanyi india dan di upload ke sebuah situs internet (youtube.com). Apa yang dialami oleh Briptu Nourman Kamaru, tentu tidak pernah ia bayangkan sebelumnya, pujian dari banyak orang yang Briptu Nourman terima serta perubahan keadaan hidupnya adalah jalan hidup yang juga merupakan rahasia Illahi yang tidak pernah disangka oleh siapapun sebelumnya. Jalan hidup Briptu Nourman ini juga sebelumnya dialami oleh beberapa orang lainnya (dengan kapasitas yang berbeda tentunya), seperti Shinta dan Jojo, Udin Sedunia, hingga Justin Bieber. Perubahan kehidupan beberapa orang yang telah tenar karena situs media upload youtube-pun menunjukkan adanya faktor "kesempatan" dibalik kesuksesan manusia, faktor "kesempatan" ini merupakan hal yang diizinkan terjadi oleh-Nya (emmm.. diridhoi atau tidak olehNya wallahu alam). "Kesempatan" tersebut tentu tidak semua orang mendapatkannya, contohnya di seluruh penjuru dunia ini telah banyak manusia yang punya talenta atau berusaha mengejar cita, namun "kesempatan" tuk meraih keinginan dan citanya tidak di temui di jalan hidupnya (Walau sesungguhnya setiap manusia memang pasti diberi kesempatan olehNya, ya.. kesempatan mendapatkan hal baik dalam hidupnya, tentu baik dalam pandanagan kaca mata-Nya, walau berbeda-beda bentuknya).

Dari beberapa contoh tersebutpun dapat ditarik ilmu inspirasi air (inspirasi positif yang semoga mengalir ilmu jernih seperti air)nya bahwa jalan hidup manusia memang merupakan rahasia dan misteri Ilahi yang sebenarnya unik, terkadang menyentak emosi manusia dari terkaget-kaget bahagia, senang, hingga sedih dan duka. Rahasia dan misteri Ilahi pada jalan hidup manusia itu melahirkan ketidakpastian hidup, membuat hidup penuh dengan kemungkinan, memberi berbagai pilihan pada manusia, namun tetap membuat manusia harus selalu ingat (tidak lupa) pada Sang Kuasa (Allah SWT), Sang Penentu segala. Karena ketidakpastian hidup (jalan hidup yang penuh dengan rahasia dan misteri Ilahi itu), di dalam meniti jalan hidupnya, manusia memang harus selalu berikhtiar dan lalu berharap ridho-Nya untuk diberikan kebaikkan hidup atau mendapatkan kesempatan yang baik. Dan pada akhirnya yang tiada terbatas (sabar dan syukur)-pun harus manusia tetapkan dalam hati dalam meniti jalan hidup di dunia. Dimana manusia yang telah diberi kesempatan tuk meraih cita, mendapatkan pujian, kebahagiaan hiduppun harus bersyukur dengan apa yang didapatnya, bersyukur disini tentu bukan sekedar ucap kata atau hati, namun juga menjaga akhlak baiknya, dan tidak melupakan Sang Pemberi kesempatan kebaikkan hidup itu, serta harus selalu menjaga IMTAQ kepada Allah SWT-nya dan akhlak baiknya, yaitu IMTAQ dan akhlak baik yang harus seperti pohon yang kokoh walau diterpa angin kencang. Sementara yang tengah merasa jatuh dalam buramnya hidup, haruslah tetap jangan menyerah tuk tetap positif melangkah dalam hidup, menetapkan kesabaran pula dalam menghadapi semua masalah hidup, dan bangkit dengan segala ikhtiar terbaik.

Ya.. Semoga setiap manusia dapat menjadi hambaNya yang dirihoiNya mampu menjalani hidup dengan baik, hingga dirihoiNya pula mendapakan jalan hidup yang manis, AMIN.

Bagaimana menurutmu? share ilmu, inspirasi airmu, ya di blog ilmu_air ini.

4 sharing inspirasi :

  1. nice info sobat.artikel gini nih yang menarik..hehe..jgn lupa komen balik di blogku ya

    ReplyDelete
  2. mantaap gan....
    that's all right

    ReplyDelete
  3. Semoga dapat pencerahan..persis yang saya alami sekarang...mksh

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate