"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Hari Air Sedunia (World Water Day)

Today is World Water Day..  Yupss 22 Maret 2012, hari ini adalah "Hari Air Sedunia ke 20" (20th World Water Day) yang kali ini bertema ketahanan air dan pangan (water and food security), ilmair ingin turut rimbung kata, dan share inspirasi juga niy di specia day ini, semoga mengalir ilmu inspirasi air (ilmu positif yang mengalir bagai air) di tulisan ilmair tentang Hari Air Sedunia (World Day for Water) kali ini ya.. amin..

Air.. ngumungin tentang air, ilmair juga udah pernah bahas di "ilmair dan PR" serta di "belajar dari manfaat air", tapi tentu saja blog ini dibuat bukan karena terinspirasi dari Hari Air Sedunia (World Water Day) ^^. Dan kali ini khusus saya bahas tentang air dan Hari Air Sedunia (World Water Day), karena inspirasi dari air-nya sendiri telah saya bahas pada posting-posting lalu tersebut.

Umm ngumungin tentang air, air memang sumber kehidupan, setiap makhluk hidup membutuhkan air, dan tentu saja yang dibutuhkan utamanya adalah air bersih. Nah Hari Air Sedunia (World Water Day) itu diperingati untuk mengingatkan semua orang akan pentingnya air bersih dan meyadarkan untuk mengelola sumber-sumber air bersih berkelanjutan (seperti yang tertulis di Wikipedia), dan inisiatif special day ini diperingati setiap tanggal 22 Maret, di umumkan pada 22 Desember 1992 di sidang umum PBB ke 47.

Dan pada Hari Air Sedunia (World Day for Water) 2012 ini melalui UN-Water Perserikatanan Bangsa-bangsa (PBB) mengajak masyarakat dunia untuk mengkampanyekan slogan “Water and Food Security” mengingat semakin langkanya sumberdaya air yang layak konsumsi dan tekanan yang makin kuat terhadap air. Tindakan kecil seperti tidak membuang atau memboroskan makanan, diet sehat, mengkonsumsi makanan yang bergizi yang diproduksi dengan hemat air serta tindakan kecil yang bisa berdampak pada ketahanan air dan pangan.

Yupss tentu saja Hari Air Sedunia (World Water Day) ini memberi inspirasi hidup positif (menginspirasi semua orang), dimana kita semua memang perlu menyadari betapa pentingnya manfaat air bagi kehidupan, dan harus bisa mempergunakan air secara bijaksana. Mengingat masalah ketersediaan air bersih saat ini tentu juga sudah menjadi masalah di seluruh dunia termasuk di Indonesia, masalah-masalah itu termasuk pencemaran air oleh limbah, air tanah yang makin terserap, dan banjir.Apalagi ketersediaan air juga berpengaruh pada ketersediaan pangan disamping pada banyak hal lainnya. Dan semua masalah itu tentu harus dikembalikan pada manusia itu sendiri, bagaimana ia memperlakukan Bumi dan seluruh alam, yang tentu saja semuanya berpengaruh juga pada air. Padahal Allah SWT telah memberikan amanah kepada manusia untuk menjaga bumi ini, ya manusia diberi kepercayaan hidup di bumi, untuk memanfaatkan segala yang ada di bumi dengan sebaiknya, dan tentu saja juga memeliharanya dengan baik, atau bisa dikatakan seharusnya manusia itu bersahabat dengan alam (termasuk air, tanah, tumbuhan dll). Ya ga?

Ummm gimana dengan brotha dan sista semua niy sudahkah menjadi sahabat alam? Ummm saya sendiri sebenernya belum sepenuhnya menjadi manusia yang bisa dikatakan bersahabat dengan alam, masih banyak kekurangan diri tuk bisa dikatakan hambaNya yang telah mampu menjalankan amanahNya dengan bumi ini. Umm tapi tentu saja kita harus tetap semangat tuk bisa menjadi lebih baik setiap waktu, pokonya "Happy World Water Day", mari jaga bumi dan segala isinya (termasuk air)!!


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Air_Sedunia
http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2012/03/22/refleksi-hari-air-sedunia-2012-3-stop-penjajahan-atas-air/
http://nasional.vivanews.com/news/read/298477-hari-air-sedunia--tantangan-makin-besar

1 sharing inspirasi :

  1. hari air sedunia ? wah belum pernah denger tuh di Indonesia

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate