"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Internasional

Update blog lagi hari ini, dan sekarang saya ingin menulis tentang International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Internasional, yang jatuh tepat di hari ini (4 September).. Upss btw udah sebulan lebih ya blog ilmair ga di update, sampai Idul Fitri (1 Syawal 1435H)pun terlewati, bulan Syawalnya juga bahkan udah lewat :D . Tentu ga ada istilah terlambat tuk ucap do'a dan maaf kan ya, jadi saya selipkan juga disini tuk ucap: "Taqabalallahu minna wa minkum, Shiamanna wa shiamakum.. Mohon Maaf lahir dan batin ya semua.."

Ok kita kembali ke  "Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Internasional".. Saya sendiri baru tahu kalau ada special day tersebut. Dari yang saya baca,  Internasional Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Internasional dideklarasikan oleh tokoh-tokoh muslim Eropa yang berkumpul di kota London, dalam sebuah konferensi mendukung hijab, pada bulan Juli 2004. Konferensi mendukung hijab ini dihadiri oleh 300 delegasi yang mewakili 102 organisasi-organisasi Inggris dan Internasional. Dan konferensi ini merupakan reaksi atas keputusan pemerintah Perancis yang menyatakan melarang hijab di institusi pendidikan dan publik.



Dari hasil konferensi itu terbentuklah Majelis untuk Perlindungan Hijab (Assembly for the Protection of Hijab). Dalam konferensi itu, para peseta merancang berbagai rencana aksi untuk membela hak perempuan muslim untuk mempertahankan busana muslim mereka, tentu saja diharapkan dapat menjadi dorongan dan inspirasi positif bagi seluruh muslim. Apalagi pada awal bulan Juli 2009 seorang muslimah asal Mesir, Marwa Al Sharbini, dibunuh oleh seorang pemuda Jerman keturunan Rusia di ruang sidang kota Dresden, Jerman, dimana ia saat itu sedang bersaksi mengenai penghinaan yang ia terima karena mengenakan hijab. Kematian Marwa Al Sharbini ini juga membuat Federasi Organisasi Islam Eropa pada tahun 2009 ikut mendorong semua muslim agar memperingati "International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Internasional" , sedangkan Lingkaran Islam Amerika Utara menyusul merayakannya pada tahun 2010.

Sungguh membuat sedih ya.. hijab masih belum sepenuhnya mendapat tempat, bahkan masih menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Perlakuan diskriminatif juga kerap disarakan oleh kaum muslimin khususnya di negara-negara dimana muslim menjadi minoritas, termasuk juga kaum muslimahnya yang mendapat tantangan besar dalam memepertahankan hijabnya. Bahkan di negara-negara yang penduduknya mayoritas muslim seperti Indonesiapun hijab belum mendapatkan tempat sepenuhnya. Lihat saja masih banyak rumah sakit atau institusi lainnya di negeri ini yang memberlakukan larang berhijab terutama bagi tenaga perawatnya, dan hal ini masih belum menjadi perhatian para pemimpin negeri ini yang seharusnya memberikan perlindungan terhadap hak-hak sipil seluruh warga negaranya.

Padahal di dalam Islam menggunakan hijab itu bukan semata-mata simbol agama tapi perintah yang diturunkan Allah SWT untuk memuliakan perempuan. Seperti firman dalam(Q.S. Al-Ahzab: 59):

يَا أيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ المُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ
Artinya: “Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”

Dan dalam QS. An-Nur:31:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا“
 Artinya: “Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluan-nya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.

Huff dari postingan tentang "International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Internasional" ini saya ingin bertutur do'a: "Semoga seluruh muslim dimanapun berada di beri kekuatan Iman untuk selalu istiqomah menjalankan perintah Allah SWT, semoga tidak ada lagi perlakuan diskriminatif terhadap kaum muslim apapun bentuknya, semoga orang yang membenci Islam di berikan hidayah untuk melihat bahwa Islam itu Indah.. Aamiin". Happy  International Hijab Solidarity Day (IHSD)..

Oiya, semoga artikel blog ilmair kali ini dapat menjadi inspirasi positif bagi semuanya, share ilmu, inspirasimu juga ya di blog ilmair kali ini..

sumber:
era muslim
albahrain
wikipedia
Sebagaimana kita tahu Allah SWT dengan tegas telah menyampaiakn dalam firmannya, memerintahkan kaum wanita untuk menggunakan hijab :
يَا أيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ المُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ
“Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” (Q.S. Al-Ahzab: 59)
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا
“Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluan-nya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.”(Q.S An-Nur: 31)

1 sharing inspirasi :

  1. Aminn. semoga tiada lagi diskriminatif terhadap kaum muslim

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate