"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , , » Cara Transfer Domain dari Godaddy ke Namecheap

Cara Transfer Domain dari Godaddy ke Namecheap

Beberapa hari lalu di awal Bulan Februari, web ilmair sempat down dan ga bisa diakses, penyebabnya adalah ada sedikit keribetan ketika saya transfer domain dari Godaddy ke Namecheap, bukan karena kesalahan registrarnya, tapi karena ke newbie-an saya :D

Jadi ceritanya awal bulan Februari lalu domain www.ilmair.com memang sudah harus diperpanjang di godaddy, tapi saat saya melihat harga perpanjangannya yang mahal, sayapun enggan memperpanjang domain ilmair ini di godaddy. Setelah saya searching di google, solusi yang saya dapat adalah mentranfer domain ilmair ke registrar domain lainnya yang harganya jauh lebih murah. Dan namecheappun menjadi pilihan saya untuk meregistrasi domain ilmair ini akhirnya, karena selain harganya yang tidak semahal di godaddy, pendapat orang tentang namecheap, sebagai salah satu registrar luar juga di internet cukup positif.

Humm tapi dengan segala ke newbie-an saya, transfer domain ilmair ke namecheap itu sempat mengalami sedikit kendala, karena saya mentransfer domain disaat masa expirednya hampir habis, sementara syarat transfer domain itu harus jauh hari sebelum masa expired berakhir. Saya sempet khawatir waktu domain ilmair di akun godaddy saya menghilang, semantara di namecheap status domain ilmair masih berada di domain lain, apalagi pembayaran transfer domain sudah saya lakukan. Hopps, tapi Alhamdulillah ternyata proses transfer domain ilmair ke Namecheap sukses, dan sekarang domain ilmair sudah terdaftar di namecheap. Setting DNSnya juga sempat ada sedikit kendala, tapi bisa teratasi setelah saya searching tutorialnya di google.

Kali ini saya ingin share bagaimana Cara Transfer Domain dari Godaddy ke Namecheap, semoga bisa menjadi tutorial yang bermanfaat bagi sahabat semua:

1. Kunjungi namecheap, lalu klik "domain" dan pilih "transfer". Setelah terbuka halaman "transfer a domain", masukan nama domain yang akan di transfer pada kotak yag tersedia, dan klik "transfer"


2. Maka akan muncul rincial domain yang akan di transfer beserta biaya transfernya.

Tampak disanan bahwa yang perlu diperhatikan saat Anda transfer domain adalah Authorization Code dan kunci registrar yang harus di buka (open lock registrar). 2 hal ini ada di akun registrar sebelumnya (godaddy), maka Anda harus login ke akun godaddy Anda terlebih dahulu.

Setelah Anda membuka kunci registrar dan mendapatkan Authorization Code nya, yang biasa nya dikirim ke email kita setelah mengajukan permintaan transfer domain di akun Godaddy, tinggal proses di namecheap nya dengan membayar biaya transfer domain via Paypal. Tentu saja ada halaman sign up atau sign in ke akun Namecheap.

Baiknya lakukan transfer domain setidaknya 10 hari sebeum masa expirednya berakhir, karena proses transfer domain itu kadang membutuhkan waktu beberapa hari kerja.

Jika telah selesai proses transfer maka akan ada status domain kita di akun namecheap. Lalu Anda tinggal setting DNS nya, yaitu menghubungkan hosting dengan registrar domain barunya.

Untuk cara setting DNSnya akan saya share di postingan ilmair selanjutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat..

0 sharing inspirasi :

Post a Comment

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate