Mengenal Apa Itu Gerund dan Infinitive Serta Penggunaannya

    Belajar bahasa Inggris memang terlihat rumit ya sahabat, tapi sebenarnya menyenangkan. Misalnya seperti mempelajari grammar tentang penggunaan gerund dan infinitive. Keduanya memiliki kegunaan masing-masing. Berikut ini ilmair ingin sharing penjelasan tentang gerund dan invinitve ya, semoga bermanfaat dan menginspirasi ...

    Gerund adalah kata kerja yang diberi imbuhan -ing pada akhir katanya. Memiliki fungsi sebagai kata benda. Untuk mengubah sebuah kata kerja menjadi kata benda kita harus menambahkan imbuhan -ing pada akhir katanya. Misalnya painting, singing, dancing, dan lain-lain. 

    Contoh penggunaannya misalnya kalimat “she is good at painting“, kata “painting” di sini adalah kata kerja tapi penggunaannya sebagai kata benda.

    Contoh lainnya seperti kalimat "Dita sings. Singing makes Dita happy." Pada kalimat pertama, terdapat kata “sing” yang digunakan sebagai kata kerja.  Sedangkan pada kata kedua dikatakan bahwa Dita melakukan tindakan bernyanyi. Pada kalimat kedua ini kata “sing” tersebut bertindak sebagai gerund dan kata “makes” adalah kata kerjanya.

    Ada beberapa kata kerja yang identik diikuti dengan gerund seperti enjoy, avoid, stop, like, love, hate, dan lain sebagainya. Bentuk gerund merupakan verb yang diberi imbuhan -ing. Gerund umumnya digunakan sebagai subjek kalimat, objek, pelengkap objek, dan penjelas kata benda.

    Banyak yang bilang gerund dan infinitive memiliki kemiripan, padahal keduanya sangat berbeda. Infinitive adalah bentuk dasar dari kata kerja (verb). Format dari infinitive adalah to + Verb dasar (V1). Misalnya adalah "She went to the market to buy orange." (Ia pergi ke pasar untuk membeli jeruk.)

    Infinitive memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan dalam kalimat. Kegunaannya adalah untuk menunjukan tujuan melakukan sesuatu, contohnya "I am going to call him soon." (Saya akan segera menelponnya). Lalu sebagai subjek dari kalimat, misalnya "To travel to Europe, that is my dream. (Bepergian ke Eropa, itulah mimpi saya)." Kemudian menunjukkan bahwa sesuatu bisa atau akan digunakan ataupun dilakukan dan digunakan setelah Kata Sifat (adjectives).

    Itulah tadi sedikit sharing ilmair mengenai gerund dan infinitive, semoga dapat membantu sahabat yang masih kesulitan memahami keduanya. Pelajari bahasa Inggris dengan mudah dan seru di EF Adults, sahabat bisa merasakan belajar yang menyenangkan dengan para pengajar profesional.

    Meskipun memasuki usia dewasa, sangat penting untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Bergabung di EF Adults sekarang juga untuk meningkatkan skill bahasa Inggris!

Bagaimana pendapatmu sahabat? Boleh sharing inspirasi dan pendapatmu di kolom komentar ya :) 

Previous article
Next article

9 Komentar

  1. EF nih emg populer bgt ya dari jaman aku SD. Dulu sempet ikutan lesnya dan seneng bisa interaksi langsung sama native. Apalagi kalo kedapetan guru yg lucu jd belajarnya cepet masuk 🤣

    BalasHapus
  2. Hwah terima kasih ilmunya Kak Endah, bisa jadi referensi saya dalam mengajar.
    Saya volunter, mengajar Bahasa Inggris di sebuah pesantren tradisional, biar para santri di kampung pun melek dengan Bahasa Internasional

    BalasHapus
  3. Jadi malu nih mbak. Bahasa inggrisnya kacau balau. Kalau belajar di usia yang udah tua begini apa masih bisa ya? EF Adult ya jawabannya.

    BalasHapus
  4. Salah satu "impianku" dulu tuhh bisa kursus bahasa Inggris khusus profesional gitu, entah kenapa daridulu suka banget belajar bahasa. Bahasa Arab udah pernah ambil program d2, padahal dulu s1nya biologi wkwkw skrg jd pengen kursus bahasa inggris jg wkwkw

    BalasHapus
  5. Wah refresh learning banget ini, sudah lama ngga melatih English. Thanks for sharing yah Ka.., jadi pengen latihan lagi ah..otw buka quiz English online :)

    BalasHapus
  6. Ilmu baru nih, jujur masalah grammar terutama yang berkaitan dengan present continuous tense, cuma tahu kata kerja, tambahin ing.
    Itu sih yang diajarin guru dan dosen dulu, eh tahunya ada satu bahasan yang mungkin terlupakan oleh pengajar dulu..
    Makasih sharingnya kak..

    BalasHapus
  7. Aku belajar Bahasa inggris Modal otodidak kak, pernah ikut pelatihan dari Kantor sih tapi Selebihnya belajar mandiri lagi haha. Salut ybagi yang terus punya Semangat belajar sepanjang masa.

    BalasHapus
  8. Gerund ini dulu pelajaran favoritku. Paling mudah diingat dan paling mudah diaplikasikan

    BalasHapus
  9. Suka pusing kalau sudah belajar grammar, tapi itu penting. Dulu ikut les bahasa inggris kesana kemari masih suka mentok, tetapi mulai lancar bahasa inggris gara-gara dosen pembimbing bisanya bahasa inggris. Mau gak mau harus pakai bahasa inggris dan tanpa disadari ngerti sendiri. Tapi sudah lama gak dilingkungan yang tiap hari pakai bahasa inggris, lidah mulai kaku lagi.

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel