"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , , » Tips Puasa Ramadhan : Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan

Tips Puasa Ramadhan : Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan

Sudah memasuki hari ke lima puasa di bulan Ramadhan 1435H niy, wah gimana niy bro dan sist puasanya lancarkan ya? Insyaallah ya puasa kita semua lancar, khusyu dan diterima semua amal ibadah kita oleh Allah di bulan nan mulia ini.. aamiin.. Oiya blog ilmair kali ini ingin menulis sedikit tips-tips agar selalu sehat dan bugar saat puasa Ramadhan niy, cuma share dari yang pernah saya baca dan dengar aja..

Ok langsung aja kita simak beberapa tips agar selalu bugar di saat puasa, semoga postingan blog ilmair kali ini dapat memberi inspirasi bagi netter muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan ya.. aamiin..

Tips Puasa Ramadhan: Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan

 1. Saat sahur usahakan minum air yang cukup, agar kebutuhan cairan tubuh kita tercukupi. Dari yang saya baca minum susu sangat dianjurkan di saat kita sahur, karena kandungan dalam susu ini dapat mencegah terjadinya anemia (kekurangan darah), dimana jika anemia terjadi di siang hari saat berpuasa, tentu akan membuat kita lemas dan mengurangi semangat kita dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini. ( Tips Puasa Ramadhan: Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan)

2. Asupan protein tinggi sangat baik juga untuk kita perhatikan saat santap sahur. Karena energi utama untuk hasilkan glukosa (gula) darah di saat kita berpuasa adalah protein (berarti ini juga yang menjadi alasan tips pertama ilmu_air diatas, bahwa dengan minum susu dapat menghindari lemas saat puasa, karena susu itukan salah satu sumber protein) . Jadi untuk menghindari lemas dan loyo di saat puasa bro dan sist seharusnya mengkonsumsi protei tinggi selain karbohidrat dan lemak di saat sahur. ( Tips Puasa Ramadhan: Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan)

3. Mengakhirkan sahur... Bro dan sist pernah dengar tentang sunahnya mengakhirkan sahur kan?
Mengakhirkan sahur maksudnya adalah sahur yang tidak terlalu jauh waktunya dengan waktu dimulainya puasa, atau mengakhirkan sahur hingga mendekati waktu subuh. Karena makan sahur masih terlalu malam semisal jam 02:00 kurang baik meski tidak terlarang. Berikut hadisnya:
لاَ تَزَالُ أُمَّتيِ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الفِطْرَ وَأَخَّرُوا السَّحُور
Dari Abu Zar Al-Ghifari ra. dengan riwayat marfu’, ”Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan buka puasa dan mengakhirkan sahur”. (HR. Ahmad). ( Tips Puasa Ramadhan: Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadahn)

4. Melakukan aktifitas dengan semangat. Yups walaupun sedang berpuasa, seharusnya kita tetap bersemangat dalam beraktifitas, tentu dengan semangat rasa malas akan terlawan, dimana rasa malas ini juga bisa jadi penyebab badan kita terasa lemas. Selain aktifitas sehari-hari jangan lupakan juga untuk memperbanyak amal kebaikan tentunya. Eits, tapi tentu saja tetap mengontrol aktifitas, jangan sampai energi juga banyak terkuras karena terlalu bersemangat, salah-salah malah membuat badan terlalu lelah dan mengganggu puasa kita juga. ( Tips Puasa Ramadhan: Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan)

5. Memperbanyak ibadah sunah, membaca Al- Qur'an, dzikir dan berdoa juga tentu sangat baik bahkan dianjurkan di bulan yang penuh kemuliaan ini, terutama dengan meningkatkan keikhlasan dan kekhusuannya. Yang berarti kita mendekatkan diri kepada Allah SWT sang penguasa tubuh ini, meminta kepadaNya untuk selalu diberi kesehatan dan keberkahan, dan dengan memperbanyak ibadah juga bisa membersihkan hati kita, hingga sehat dan bugar jasmanipun turut serta kala rohani kita sehat. ( Tips Puasa Ramadhan: Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan).

Umm kayanya segitu aja Tips Puasa Ramadhan: Agar Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa di blog ilmair, semoga bermanfaat ya.. Oiya kalau bro dan sist punya tips lain, silahkan share ilmu, inspirasi nya di blog ilmair...

Do'a dari saya: "Semoga puasa kita semua di bulan Ramadhan tahun ini diterima oleh Allah SWT, dan kita semua bisa menjadi kupu-kupu yang cantik setelah sebulan penuh menjadi kepompong, yuppps menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi setelah melewati bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan ini.. Aamiin.."

sumber: note facebook dan lazada blog

2 sharing inspirasi :

  1. tambah satu lagi, selalu makan makanan sehat yang dapat meningkatkan stamina dan daya ingat yaitu saripati ayam brands

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate