Keutamaan Bulan Dzulhijjah - Raih Cinta Allah

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang istimewa ya sahabat, ia termasuk diantara 4 Bulan yang disebutkan dalam Al Quran surat At Taubah ayat 36 sebagai bulan haram (suci). Dan diantara hari di Bulan Dzuhijjah itu, ada 10 hari terbaik yang dipilihkan Allah untuk kita, dimana kita bisa meraih cinta-Nya dengan melakukan amalan yang bahkan nilainya bisa setara dengan jihad.


Sesuai sabda Rasulullah Shallallahi Alaihi Wa Salam

  ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر. قالوا ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ولم يرجع من ذالك بشيء. (رواه

“Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).” (HR. Al Bukhari)

Diantara semua amal sholeh, puasa adalah amalan yang diutamakan untuk dilakukan di hari-hari awal bulan Dzulhijjah ini (tanggal 1-9 Dzulhijjah, utamanya adalah hari arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah), karena dengan berpuasa akan terdorong diri untuk melakukan amal-amal sholeh lainnya.

Optimalkan waktu yuk untuk melakukan amal sholeh. Jangan kita sia-siakan waktu, sayang jika hari yang istimewa ini kita lewatkan. Raih cinta Allah, maka semua dosa kita akan dihapuskan. Dalam hadistpun disebutkan puasa arafah akan menghapuskan dosa 1 tahun yang lalu, dan 1 tahun kemudian (menjaga kita dari perbuatan dosa).

Lakukan amalan yang dicintai Allah yaitu semua amalan yang sesuai dengan tuntunan (yang dilakukan) Rasulullah. Bukan hanya ibadah tapi semua aktifitas kita dalam hidup, seperti menjaga pandangan, lisan, telinga, hati, pikiran dan semua perbuatan kita. Berusahalah untuk bertakwa secara kaffah. Ah Allah mampukan kami 😭😭.

Menulis masih dengan segala kerumitan diri, ada nasehat untuk diri, semoga bermanfaat.

Sumber: Video kajian Ustad Adi Hidayat dan situs muslim,id
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel