Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

     Ilmair akan sharing tentang kesehatan dan kecantikan alami lagi kali ini, yaitu tentang Manfaat Bunga Telang. Ah, kalau diingat sudah lama juga ya ilmair enggak bahas soal kesehatan, terakhir itu "Manfaat Lemon Bagi Kesehatan, Diet dan Kecantikan" ya di bulan Agustus 2020. Ya, sekarang waktunya mengupdate dunia kesehatan alami, semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasimu ya Sahabat.

    Bunga Telang - Sahabat pasti sudah kenal ya sama si bunga telang? Bunga yang sudah lama digunakan sebagai pewarna makanan ini tanamannya merambat, biasanya ditemukan secara liar di kebun dan perkarangan rumah. Namun beberapa tahun ini, terutama saat masa pandemi dan kegiatan berkebun menjadi trend di kalangan sebagian orang, si bunga telang pun termasuk tanaman yang digemari banyak orang untuk ditanam dan dirawat di perkarangan rumahnya.




    Hihi, termasuk saya ini yang menggemarinya, si bunga telang pun tumbuh di perkarangan rumah saya. Bukan sekedar terbawa trend juga sebenarnya, walau bibit bunga telang memang saya beli tepat di masa pandemi, tapi kesukaan saya sama bunga ini sudah ada dari sejak tahun-tahun sebelumnya, terutama karena saya pernah baca informasi tentang manfaat bunga telang ini bagi kesehatan.

   Tanaman Bunga Telang sendiri sebenarnya merupakan tanaman asli Asia tropis termasuk wilayah di anak benua India dan Asia Tenggara (Indonesia, Bangladesh, Malaysia, dan Thailand). Namun ia juga dikenal dengan nama butterfly pea di Amerika Serikat, Australia, dan Afrika. Nama ilmiahnya Clitoria Ternatea dan terdiri atas tiga warna, yaitu biru, putih, dan ungu.

    Bukan hanya sekedar tanaman hias, Bunga Telang ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan ya Sahabat. Apa saja tuh? Berikut ilmair share ya ...




Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Anti inflamasi atau Anti Radang

    Bunga telang telah lama digunakan untuk mengatasi deman dan nyeri akibat peradangan di dalam tubuh loh sahabat, karena memang bunga ini memiliki sifat anti inflamasi (anti radang) dan analgesik (anti nyeri).
    
    Aktivitas inflamasi dari ekstrak etanol bunga telang ternyata menunjukkan bahwa kinerja ekstrak bunga telang setara dengan kinerja aspirin. Efek anti inflamasi ekstrak manfaat bunga telang ungu pada peradangan dapat melindungi penyakit peradangan kronis. Terutama dengan menekan produksi mediator pro-inflamasi yang berlebihan dari sel makrofag.


2. Menurunkan Kadar Gula Darah, Mencegah Diabetes
    
    Menurut penelitian, mengkonsumsi bunga telang bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil loh. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam bunga telang juga dapat mencegah terjadinya resistensi insulin yang memicu diabetes. 


3. Membantu Mengatasi Alergi dan Asma
    
    Bunga Telang ternyat sudah banyak digunakan di India ya untuk mengatasi batuk, alergi dan asma. Hal ini sudah dikuatkan dengan studi yang menyatakan bahwa ekstrak bunga telang yang terstandar berpotensi sebagai terapi alternatif asma dan pereda batuk. Terutama dalam penanganan asma yang diinduksi oleh alergi loh sahabat.
    
    Dalam penelitian pun dibuktikan bahwa extrak bunga telang dapat mengurangi jumlah zat histamin, yaitu zat yang berperan dalam menimbulkan peradangan ketika tubuh terpapar pencetus alergi (alergen). Walau begitu, studi dan penelitian ini belum bisa memastikan efektifitas dan keamanan bunga telang sebagai obat alergi.


4. Memeliharan Kesehatan Otak

    Bunga telang mengandung banyak antioksidan ya ternyata, diantaranya adalah flavonoid dan antosianin, zat tersebut baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf.

    Beberapa riset juga menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya demensia atau pikun yang parah.

    Antioksidan bisa berfungsi memerangi peradangan saraf yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dianggap jadi penyebab penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. 

    Dan si bunga telang  ini juga dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.


5. Meringankan Depresi dan Mengatasi Kecemasan

    Menurut penelitian ternyata ada hubungannya loh antara gangguan suasana hati (seperti kecemasan dan depresi, serta penyakit neurologis) dengan radikal bebas.

    Karena di dalam bunga telang terdapat antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas, sehingga gejala yang terkait dengan kecemasan dan depresi dapat diperbaiki.

    Di dalam bunga telang juga terkandung asam linolenat dan asam palmitat, senyawa yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi. Efek senyawa tersebut bisa menenangkan tubuh dan pikiran sehingga cocok digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan berlebih.


6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Psychopharmacology telah membuktikan bahwa theanine, enzim dalam bunga telang berkhasiat untuk mengurangi dan mengatur tekanan darah tinggi loh sahabat.

    Selain itu, masalah stres bisa diatasi dengan kandungan adaptogenik bunga telang. Stres ini yang dapat terkontrol ini sangat efektif menjaga tekanan darah tinggi.


7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Kandungan bunga telang ternyata sudah teruji efektif dalam melawan berbagai bakteri yang merugikan tubuh. Saat flu dan batuk menjadi ancaman bagi kesehatan, sahabat bisa mengkonsumsi minuman teh bunga telang untuk meningkatkan imunitas tubuh. .


8. Mencerahkan Kulit
    
    Kandungan antioksidan di dalam bunga telang yang begitu tinggi ternyata dapat membantu mencerahkan kulit juga loh sahabat

    Radikal bebas dan paparan sinar matahari sering memicu perubahan dalam produksi melanin kulit, sehingga warna kulit pun bisa jadi tidak merata ya. Nah dengan adanya antioksidan, termasuk yang terkandung di dalam bunga telang ini, maka pigmentasi kulit yang tidak normal dapat dicegah.


9. Mencegah Penuaan Dini

    Penuaan dini bisa terjadi akibat banyaknya radikal bebas masuk ke dalam tubuh loh sahabat, dengan cara mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit, dan memicu peradangan. 

    Nah kandungan antioksidan di dalam bunga telang bisa mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E, sehingga kulit pun dapat meningkatkan produksi kolagennya dan masalah penuaan dini pun dapat diatasi


    Wah ternyata manfaat Bunga Telang banyak juga ya. Walau pastinya diperlukan pembuktian penelitan lebih lanjut untuk memastikannya. 

    Disarankan agar jangan berlebihan juga ya meminumnya, karena kandungan asam oksalat yang tinggi di dalam bunga telang juga ternyata bisa berdampak buruk juga bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Diantaranya adalah menyebabkan batu ginjal, menghambat penyerapan mineral dan menyebabkan diare dan mual - Efek samping minum air bunga telang. 

Untuk sahabat yang punya info lebih lengkap tentang manfaat Bunga Telang ini, boleh di share ya di kolom komentar ya.



Sumber referensi: kompas, alodokter, hot.liputan6, brilio

Previous article
Next article

10 Komentar

  1. gak ada gambarnya ya? saya belum pernah denger nama bunga ini, jangan-jangan pernah lihat tapi gak tahu namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eiya gambarnya baru aja di update Mas, seperti di postingan ya Mas, itu yang warna ungu nya

      Hapus
    2. Eh saya revisi, yang di gambar itu bunga telang biru, karena pencahayaan handphone jadi tampak agak keunguan dan saya sendiri sempat mengira ungu :) padahal saat diseduh warnanya biru

      Hapus
  2. Nggak nyangka kalau ternyata bunga telang yang selama ini banyak keliatan di deket rumah punya banyak manfaat ya. Emang sih setiap makhluk hidup di dunia ini nggak pernah ada yang sia-sia kehadirannya. Kayaknya bakal berburu bunga telang nih

    BalasHapus
  3. Ternyata memang banyak manfaat banget bunga/tumbuhan di sekitar kita. Cuma kita aja kurang tahu. Aku inget banget dulu luka bakar pake salep dokter 2 bulan gak sembuh-sembuh. Kirain diabetes kan jadinya. Eh make getah pohon sehari langsung kering dong.

    BalasHapus
  4. Waktu itu pernah liat ada kue warnanya cantik ungu-biru. Kukira pakai pewarna kue, tertanya pakai bunga telang. Banyak yah manfaatnya, apalagi bisa u mencegah penuaan dini...Tanem aaah...

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu yang dimaksud bunga telang adalah bunga seperti itu, padahal sering lihat. Maulah nanti mencoba bunga telang yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  6. Saya terus terang baru denger bunga telang ini ya mba. Mungkin di beberapa kosmetik bisa jadi campuran bahan atau ingredientsnya. Karena bisa mencegah penuaan dini

    BalasHapus
  7. Udah lama pengen nanam bunga telang, kan lumayan bisa buat bikin teh yg sehat gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuu nanam Kak, kalau sudah berbunga senangnya bukan main, metik hasil tanam sendiri itu rasanya beda, hihi, walau khasiat si bunga ini tetap sama baik beli atau tanam sendiri

      Hapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel