Insecure? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

     Apa artinya insecure? - Sahabat ilmair pasti pernah ya merasa enggak nyaman dengan diri sendiri atau merasa diri enggak aman? Ya, seperti enggak percaya diri gitu atau bahkan melihat diri sendiri tuh kaya ada yang kurang dan salah saja, lalu enggak yakin sama kemampuan diri. Atau merasa kalau diri itu enggak rupawan, membosankan, bahkan  sampai enggak beguna dan berharga. Sampai akhirnya timbul juga kegelisahan, ketakutan, rasa malu, kecemasan dan perasaan negatif lainnya. 

    Hal yang paling sederhananya itu kaya kalau kita lagi lihat orang yang berada di atas kita, di pikiran malah terlintas kalimat seperti, dia udah sehebat itu, aku kok begini-begini aja ya? atau dia mah keren banget, aku mah apa atuh cuma remahan rengginang? :)

    Ya, itu dia yang namanya insecure, perasaan yang sebenarnya wajar saja ada di hati seseorang, jika dalam batas yang normal. Manusiawi kok kalau kita mengalaminya dan setiap orang pasti punya ke-insecure-annya masing-masing.

    Tapi yang jadi masalah adalah ketika kita membiarkan perasaan negatif itu terlalu lama ada di hati. Berlebihanlah jadinya, bisa membuat aktifitas terganggu, potensi diri terhambat, bahkan memunculkan dampak-dampak negatif lainnya di dalam hidup - salah satunya bisa bikin writer's block loh bagi seorang penulis. Bahkan yang lebih parahnya lagi adalah si insecure ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental juga loh!  Waduh, jadi harus kontrol diri ya kalau insecure lagi menghampiri.




Penyebab Insecure - Mengapa seseorang bisa insecure?

    Terus apa sih sebenarnya yang menyebabkan perasaan insecure itu terjadi? Pada setiap orang akan berbeda-beda ya tentunya. Dan bisa saling berkaitan antara faktor external (pengaruh lingkungan dan perlakukan orang lain) dengan faktor internal (kondisi mental dan pembetukan sifat yang ada di dalam diri).

Beberapa diantaranya:

- Keadaan kondisi diri baik itu kehidupan dan penampilan yang dirasa kurang, biasanya akan membuat jadi enggak percaya diri ya.

- Sikap orang lain yang sering meremehkan dan menyalahkan, bisa menempel juga ya dipikiran, membuat seseorang yang diperlakukan seperti itu adi merasa rendah diri dan akhirnya membenarkan stigma negatif itu. "Ah iya aku mah memang gitu," kalimat negatif itu akhirnya terbawa-bawa sampai kemana pun ia melangkah.
 
- Sikap overprotektif orang terdekat dan kecurigaan berlebih orang lain, bisa membuat jadi khawatir dan gelisah, takut salah ucap dan bersikap, jadi enggak nyaman juga jadinya sama diri sendiri.

- Trauma kegagalan, penolakan dan ditinggalkan, bisa terbayang-bayang dan menghantui dan membuat jadi insecure, apalagi kalau mental lagi lemah.

- Sikap diri sendiri atau pun orang lain yang suka membandingkan-bandingkan dengan orang yang lebih baik, seringnya membuat diri jadi merasa lebih rendah, jelek dan hal-hal negatif lainnya.

- Sikap yang terlalu perfeksionis, maunya serba sempurna, salah sedikit rasanya gagal, jadi sering banget juga mengkritik diri sendiri, ujungnya gelisah dan cemas yang menghantui.

- Didikan yang keras serta tekanan dari orang lain juga bisa membuat mental jadi jatuh, lalu akhirnya timbulah perasaan insecure.

- Ketika sedang menghadapi keadaan dan masalah yang tampak rumit dan besar, rasanya enggak mampu dihadapi, membuat jadi ciut dan enggak percaya diri.

    Humm ... apa lagi ya sahabat?

Cara Mengatasi Insecure

    Lalu bagaimana caranya agar tidak insecure? Bagaimana agar persaan tak aman itu berhenti berkembang dan tidak menimbulkan dampak yang parah bagi diri? 

    Cara mengatasi insecure adalah dengan menyadari keadaan diri dengan segala kekurangannya, lalu terima dengan apa adanya.

    Setelah itu, sadari juga kalau kita ini ciptaan Allah yang bukan hanya diberi kekurangan, tapi juga kelebihan. Termukan itu dan syukurilah, lalu fokus pada peningkatan kualitas diri dan merubah pelan-pelan kekurangan yang memang masih bisa dirubah.

    Hargai diri sendiri, jangan terus disalahkan dan dikritik habis-habisan.  Jangan terlalu diingat penilaian buruk orang lain dan kesalahan yang pernah dilakukan, itu enggak penting untuk terus dipikirkan, kecuali jika bisa memotivasi diri sendiri jadi pribadi yang lebih baik.

    Perlakuan buruk orang lain pun bukan hal yang pantas untuk dimasukan ke dalam hati, cukup maafkan, jika ada luka batin segera sembuhkan. Minta sama Allah sudah pasti harus dilakukan.

  Jangan terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena setiap orang memiliki takdir yang berbeda-beda, proses kehidupan yang dijalaninya juga berbeda, sadari hal itu.

    Ketika sedang merasa enggak mampu, istirahakan dulu diri sejenak, lalu coba untuk meng-upgrade diri. Ingat semua masalah ada solusinya dan enggak akan melebihi kemampuan diri. Jangan lupa berdoa minta dimampukan sama Allah juga pastinya.

    Jauhi lingkungan toksik yang membuat jadi insecure, lalu cari lingkungan positif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi diri menjadi lebih baik.

    Lakukan positif self talk untuk memotivasi diri, dibarengi juga dengan talk to Allah ya tentunya, berdoa minta dimudahkan dan berzikir untuk menenangkan.


Itu saja sharing ilmair tentang insecure kali ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya. Sahabat boleh banget sharing pengalaman dan komentarnya juga ya.


Referensi: dari berbagai sumber termasuk pengalaman pribadi, webinar psikologi, web alodokter dan jovee.id
Previous article
Next article

31 Komentar

  1. Menerima diri apa adanya memang jadi cara terbaik menghindarkan diri dari insecure. Selain itu, kita juga mesti menjauhkan sikap membandingkan diri kita dengan orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju Uda, kalau sudah menerima diri dan enggak membandingkan diri dengan orang lain, si insecure juga akan menjauh ya

      Hapus
  2. Setuju dengan Uda Fadli tuh. Menerima diri sendiri apa adanya dan cuek aja sama pendapat orang, udah jalan terbaik. Dan jangan lupa, harus banyak-banyak bersyukur...

    BalasHapus
  3. Keren sekali tipsnya. Saya juga pernah sih ngerasa insecure, ya wajar aja sih namanya manusia. Tapi saya nggak mau terus-terusan berada di posisi itu. Yang penting selalu bersyukur dengan keadaan saat ini, sekeceil apapun itu harus pandai bersyukur. Dan nggak mau membandingkan dengan orang lain, karena jadi diri sendiri itu jauh lebih baik, daripada harus berpura-pura jadi orang lain, tapi nggak nyaman....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kak. Iya Kak jadi diri sendiri lebih nyaman pastinya ya

      Hapus
  4. betul banget, kita harus lebih dahulu bisa menerima keadaan kita, menghargai diri sendiri maka orang lain pun juga akan menghargai kita dan kita bisa keluar dari raasa insecure itu yang rasanya cuma membuat kita jadi lemah :)

    BalasHapus
  5. Banyak hal yang bisa membuat kita insecure. Tapi banyak hal juga membuat kita bangkit. Memang sih, langkah paling dasar adalah menerima keadaan diri. Kalau ada kekurangan, akui. Keren Mbak artikelnya.

    BalasHapus
  6. Saat masih kerja di kantor ada rekan kerja yang membuatku merasa insecure. Sebenarnya ya biasa saja sih. Dan semua tingkahnya ya wajar. Cuma aku sendiri yang merasa insecure.

    Duh, kalau inget itu aku jadi malu sendiri. Ngapain dulu begitu ya. Hehehehe....

    BalasHapus
  7. Self talk ini penting banget ya Mbak diterapkan ke diri, bisa dibilang juga kita merenung ke dalam diri ya sebenarnya Allah SWT sudah memberikan banyak nikmat ke diri kita, bersyukur juga harus senantiasa dilakukan ya

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah tulisan ini memotivasiku. Saya termasuk orang yang seperti itu. Seringkali merasa rendah diri padahal gak seharusnya. Saya juga sadar bahwa takdir setiap orang berbeda-beda dan yang dialami pun berbeda. Ibarat pohon kelapa tidak akan pernah sama dengan pohon mangga atau pepaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat terus Kak!! :) Iya Kak setiap orang punya takdir yang berbeda-beda dan setiap orang unik ya Kak, pasti punya kelebihan masing-masing

      Hapus
  9. aku ini terkadang juga merasa insecure, kadang jadi mental block juga kalo udah insecure.. tapi masih bisa diatasi sih dengan terus berusaha ngelawan dan berpikiran positif

    BalasHapus
  10. ya insecure biasanya paling banyak muncul dari rasa tidak percaya diri kita dalam menghadapi suatu kondisi yang baru dan kita dipaksa untuk berubah atau sekedar beradaptasi.

    BalasHapus
  11. insecure itu harus dilawan kalau saya, cukup dengan rasa percaya diri dan banyak bersyukur aja, g perlu jurus lain gitu

    BalasHapus
  12. Jangan sampai insecure menjadi was-was yang berlebihan dan mengakibatkan depresi bahkan yang lebih parah skizofrenia. Ikuti tips-tips diatas dan dekatkan diri kepada Allah yang membolak-balikan hati kita.

    BalasHapus
  13. kalau saya untuk mengatasi insecure, sellow aja kak. selalu berfikir positif dalam semua keadaan. dan seperti yang saya yakini, dalam kehidupan itu cuma ada Trial & Error.

    jadi wajar aja kalau adanya kegagalan, namanya juga mencoba. biarin kata org saat kita gagal, setidaknya kita lebih unggul karena brani mencoba

    BalasHapus
  14. Insecure itu jika dipikirkan terus menerus dan membanding-bandingkan dengan orang lain bisa terpuruk hidupnya. Tapi orang yang bikin insecure belum tentu punya apa yang kalian punya. Udahlah percaya diri aja seperti yang ditulis mas ilmair.

    BalasHapus
  15. Pernah banget merasa insecure dengan pencapaian orang lain yang apa-apa diposting di medsos.. tapi balik lagi pasti yang dipost orang yang baik-baiknya saja :D Bersyukur dan percaya diri adalah kunci agar tidak insecure.

    BalasHapus
  16. Sebagai seorang yang bisa dibilang insecure level agak tinggi, saya sangat terbantu dan berterima kasih setelah membaca tulisan ini. Emang bener penyebab insecure yang ditulis beberapa saya alami sendiri. Mungkin saya bisa mulai menerapkan cara mengatasi insecure seperti yang ada di tulisan ini juga. Mudah2an berhasil, hehe.

    BalasHapus
  17. Di aku untuk mengatasi Insecure ngaruh banget dengan 'curhat'ke Allah alias talk to Allah dalam tulisan ini. Menarik ulasannya.

    BalasHapus
  18. Insexure pada dasarnya akan meresahkan jika dibiarkan berlarut-larut. Memang wajar dan terkadang perlu untuk diri ini merasa diri penuh kekurangan.

    Tapi di sisi lain, kita bukanlah orang yang 100% kurang. Maka dari itu tips-tips yang telah dipaparkan di atas telah sangat dan wajib sekali untuk dilakukan untuk membantu kita keluar dari lingkaran insecure ini.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  19. Insecure ini biasanya makin menjadi ketika memasuki quarter life crisis kak. Atau kalau pada perempuan. Pas tanggal merah. Pasti baper mulu bawaannya

    BalasHapus
  20. Memang untuk mengatasi insecure itu kita harus bisa menerima diri kita apa adanya.. Dan berfikir positive untuk bisa maju menjadi orang yg lebih baik dari pada sebelumnya..
    Terima kasih nasihat positif nya :)

    BalasHapus
  21. Kuncinya ditambah tawakal aja sih biar tidak merasa insecure di segala kondisi...

    BalasHapus
  22. Ah sering insecure jg, wahai diri percaya dirilah, semua orang punya keunikannya masing-masing

    BalasHapus
  23. otw kasih ke adekku yang suka insecure ah hahaha.
    Ini bener banget nih, kadang insecure memang mengganggu dan kalau itu bikin saya ngga produktif, saya ngga mau insecure ah hihi

    BalasHapus
  24. Fokus untuk memperbaiki diri sendiri, selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, Insya Allah berkah

    BalasHapus
  25. Boleh dicoba nih tipsnya positif self talk. Sambil ngaca ya.. hehe. Thanks artikelnya kak

    BalasHapus
  26. Insecure nih yang sering menghampiri. Terima kasih mbak sudah menuliskan ini. semoga bisa kulakukan :3

    BalasHapus
  27. Wah insecure itu kadang dibutuhkan sih menurutku, tapi jangan sampai rasa tersebut terlalu besar dalam diri

    BalasHapus
  28. Insecure di waktu yang tepat itu diperlukan sih kak, kalau kataku yah

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel