8 Cara Agar Tetap Semangat Menjalani Hidup

     Semangat adalah sesuatu yang penting dalam hidup ya sahabat. Tanpa semangat, kita mungkin akan merasa malas, tidak berdaya, dan kurang produktif.  Ya,  semangat bisa sangat bermanfaat bagi kita dalam menghadapi tantangan yang datang dalam hidup, karena membantu kita untuk tetap fokus pada tujuan dan memberikan kekuatan untuk terus maju. Penting sekali menjaga semangat agar tetap ada dalam diri, walau pun terkadang hal itu tidaklah mudah. Sebelumnya ilmair pernah berbagi tulisan sejenis "5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bertahan Tak Menyerah Jalani Hidup". Kali ini ilmair ingin berbagi  beberapa cara agar tetap semangat menjalani hidup ya sahabat, semoga bermanfaat dan mengispirasi.



8 Cara Agar Tetap Semangat Menjalani Hidup

  • Berpikir positif

        Jangan biarkan pikiran negatif menguasai dirimu. Cobalah untuk memfokuskan pikiran pada hal-hal positif yang ada di sekitar. Utamanya kamu harus berpikir positif  (husnuzan) pada Allah Ta'ala dengan segala ketetapan-Nya ya pastinya. Dengan begitu kamu pun akan lebih tenang dan bersemangat menjalani hidup, apa pun masalah dan rintangan yang dihadapi. Karena selalu ingat akan janji-Nya, diantaranya adalah Allah Ta'ala takkan meninggalkanmu sendirian, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, semua masalah pasti takkan melebihi kemampuan, ada pahala tanpa batas bagi orang yang bersabar, ada jalan keluar dan rezeki yang tiada disangka-sangka bagi orang yang bertakwa, jika kamu berdoa kepada Allah Ta'ala akan dikabulkan (bentuk dan waktunya terserah Allah), jika kamu bersyukur akan ditambahkan nikmat, setiap kesusahan dan sakit yang kamu rasa dapat menggugurkan dosa, serta janji-janji-Nya yang lain yang pastinya takkan ingkar. 

    Oiya, dalam berpikir positif pun harus diperhatikan agar jangan sampai menjadi toxic positivity (-yaitu salah satu tindakan yang mendorong diri sendiri untuk selalu berpikir positif dengan cara menyangkal dan menekan emosi negatif yang ada di dalam diri). Karena hal itu dapat mengganggu kondisi mentalmu juga. Semua emosi negatif yang ada di dalam diri harus tetap diakui dan diterima, lalu dikeluarkan dan disalurkan dengan baik. Sementara pikiran positif bisa ditumbuhkan pelan-pelan bersama keikhlasan tanpa perlu dipaksakan.

  • Bersyukur

    Bersyukur dapat membuat seseorang merasa lebih baik dan memiliki semangat yang lebih tinggi dalam menjalani hidup. Dalam islam sendiri sangat penting bagi kita untuk selalu bersyukur ya sahabat. Arti syukur seperti yang dijabarkan Ibnul Qayyim :
Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah” (Madarijus Salikin, 2/244).
    Ya, kita harus mensyukuri semua hal yang Allah berikan dalam hidup, bukan hanya sekedar lisan berucap, 'alhamdulillah', tapi juga dengan hati yang mendekap iman dan sikap yang selalu berusaha mengikuti mau-Nya (menyadari juga bahwa kemauan-Nya pasti baik untuk kita).

    Dengan bersyukur dapat membantumu untuk:  
- Menghargai apa yang kamu miliki dan ada didekatmu saat ini.
- Menghindari dari perasaan tidak puas dan cenderung untuk selalu ingin lebih. 
- Melihat masalah dengan sudut pandang yang berbeda, sehingga kamu dapat menemukan jalan keluar yang lebih baik.
- Membuatmu lebih relaks dan tenang, karena kamu tidak terlalu dipenuhi oleh perasaan tidak puas atau tidak senang.

  • Menetapkan Tujuan dan Miliki Harapan

    Menetapkan tujuan yang jelas dan realistis bisa membantumu untuk tetap fokus dan semangat dalam mencapainya. Dengan adanya tujuan hidup maka kamu akan diingatkan mengenai alasan mengapa kamu melakukan sesuatu, dan dapat memberikan semangat yang diperlukan untuk terus berjuang. Buatlah daftar tujuan yang ingin kamu capai dan cara untuk mencapainya, lalu kerjakan satu persatu. Walau terkadang lebih mudah untuk membuat daftarnya ya, tapi pengerjaannya seringkali tertunda atau bahkan sama sekali tak dilakukan. Humm, harus berubah ya, ingat kembali pada tujuan, yang tak bisa dicapai kalau kita tak bergerak ya. 
 
    Ingat juga bahwa tujuan kita hidup adalah untuk beribadah kepada Allah Ta'ala, sehingga kita sadar untuk bersegera dan mengisi waktu dengan baik. Apa pun yang kita lakukan akan berfokus juga pada penilaian-Nya, tak akan mudah terganggu dengan hal dan penilaian buruk orang lain, sehingga semangat di dalam diri pun bisa terjaga.

    Tujuan hidup juga berkaitan dengan harapan ya sahabat. Kita memerlukan harapan agar bisa semangat dalam menggapai tujuan. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, semangat dalam diri itu bisa tumbuh ketika ada harapan, sebaliknya saat harapan hilang maka semangat di dalam diri pun bis perlahan menurun. Dan satu-satunya cara agar kita bisa terus memiliki harapan adalah dengan memintanya kepada Allah Ta'ala, lalu meletakan harapan itu juga pada-Nya, Sang Maha Pemberi Harapan. Berharap pada-Nya pasti takkan kecewa. 

  • Temukan Passionmu

    Menemukan apa yang kamu cintai dan mengejar passion-mu dapat membuat hidup lebih berarti dan menyenangkan. Ya, karena melakukan sesuatu dengan hati alias dengan alasan suka dan cinta itu memang lebih mudah dan menghadirkan semangat yang tinggi.

    Eksplorasi diri, kenali dengan baik apa yang kamu minati dan gali potensi diri, lalu cari peluang untuk mempelajari dan mengembangkannya.

    Ingatlah bahwa saat mengejar passion, kamu mungkin membutuhkan waktu dan konsistensi. Namun, dengan DUIT dan S2 (berdoa, berusaha, ikhlas, tawakal, sabar dan syukur) semangat dalam dirimu pun akan terus mengalir.

    Jangan lupa juga bahwa passion tidak selamanya stabil ya sahabat. Passion kita bisa berubah-ubah dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu penting untuk terus berusaha, melakukan eksplorasi dan belajar untuk menemukan passion baru jika passion yang kita miliki saat ini tidak sesuai lagi. Catatan pentingnya juga adalah pastikan passion-mu itu diarahkan pada sesuatu yang tak sia-sia untuk dunia-akhiratmu ya sahabat.

  • Mencoba hal baru

    Keluar dari rutinitas dan mencoba hal baru dapat membuatmu merasa lebih bersemangat dan memiliki kesempatan untuk menemukan sesuatu yang baru dan menyenangkan dalam hidup. Kebiasaan melakukan hal yang sama dapat menimbulkan rasa bosan dan jenuh, sementara mencoba sesuatu yang baru dapat memberikan kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan menemukan hobi atau kegiatan baru yang menyenangkan.

    Mencoba hal baru dapat membantu kita untuk:
- Meningkatkan rasa keberanian dan mengurangi rasa takut dari sesuatu yang tidak dikenal.
- Memperluas pandangan dan melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.
- Membantu meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri.
- Menemukan kegiatan baru yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kualitas hidup. 

    Cari kegiatan baru yang menyenangkan atau bergabung dengan kelompok atau komunitas positif yang berisi orang-orang dengan minat yang sama denganmu.

  • Menjaga hubungan dengan orang lain

    Berinteraksi dengan orang lain bisa membantu meningkatkan mood dan memberikan dukungan emosional dalam menjalani hidup. Berinteraksi dengan orang lain, baik itu teman, keluarga, atau rekan kerja, dapat membantu kita untuk merasa lebih baik dan memberikan perspektif yang berbeda pada situasi yang dihadapi. Ya, karena kita memang enggak bisa hidup sendirian di dunia ini, pasti membutuhkan orang lain. 

    Jangan malu untuk meminta bantuan atau dukungan dari orang lain jika kamu merasa tidak semangat ya sahabat. Jangan pendam masalahmu sendiri, dan jangan menarik diri dari lingkungan. Perbaiki hubungan dengan orang terdekat jika sedang tidak baik, atau cari lingkungan yang tepat dan bisa menjadi support system-mu ya. Lebih baik lagi punya sahabat yang bisa melangkah bersama sehidup-sesurga, saling mengingatkan dalam kesabaran dan kebenaran, saling mencintai karena Allah Ta'ala.

  • Luangkan waktu untuk diri sendiri

    Meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat membuat seseorang merasa lebih bersemangat dan memiliki keseimbangan dalam menjalani hidup. Ada waktunya kita bersosialisasi, ada pula waktunya kita sendiri. Me-time atau me-moments memungkinkanmu untuk mengevaluasi diri, melakukan perubahan, merenung, dan memperbaiki diri.

    Ketika kita memiliki waktu yang cukup untuk diri sendiri, kita dapat mengejar kedamaian dan menemukan cara untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

    Meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat dilakukan dengan cara:

    - Mengatur waktu untuk merenung, berbicara dengan diri sendiri (self talk) atau pun beribadah dengan khusuk (mencurahkan isi hati pada Allah Ta'ala Sang Penggenggam Kehidupan, membaca Al Qur'an dan ibadah lainnya).
    - Melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti membaca, menonton kajian atau mengerjakan hobi.
    - Berjalan-jalan di alam terbuka
    - Menulis atau mencatat pengalaman dalam jurnal
    - Melakukan aktivitas relaksasi
    - Merawat diri
    Dan aktivitas me time lainnya. 

  • Menjaga kesehatan

    Merawat kesehatan fisik dan mental bisa membantumu tetap semangat, ya sahabat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik dan olah raga, makan makanan sehat, cukup tidur, dan mengelola stres dengan cara yang sehat seperti meditasi atau latihan relaksasi.

    Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Olahraga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat otot dan tulang, dan menurunkan risiko berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan mood seseorang, mengurangi stres, dan membantu untuk tidur lebih baik.

    Berkaitan dengan mood, aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu hormon yang dihasilkan oleh tubuh yang bertanggung jawab untuk meningkatkan mood seseorang dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, olahraga juga dapat membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa cemas dan depresi.

    Di sisi lain, kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan, karena semangat kita dalam menjalani hidup bisa mengalami penurunan ketika kesehatan mental kita terganggu. Segera lakukan healing jika dirasa ada gangguan pada kesehatan mental, begitu pula tentunya ketika fisik kita sakit. 

    Berusahalah juga untuk selalu merawat iman, memperbaiki diri dan mendekatkan diri pada Allah Ta'ala. Karena Dialah pemilik segalanya, hanya kepada-Nyalah kita bisa berserah dan berharap mendapatkan kesehatan dan kehidupan yang baik, serta dimudahkan segala urusan dan diberi semangat menjalani hidup.    

    Itu dia sedikit sharing ilmair tentang "8 Cara Agar Tetap Semangat Menjalani Hidup". Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu bisa tetap semangat dan terus maju dalam menghadapi tantangan yang ada. Selalu ingat bahwa hidup tidak selalu mudah, tapi dengan sikap positif, berusaha dan berserah pada Allah Ta'ala akan membuat semuanya menjadi lebih ringan dijalanai, in syaa Allah.

     Ingat pesan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam juga ya, 

Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah Subhanallahu wa Ta'ala, jangan engkau lemah." (HR. Muslim)


    Sahabat punya cara lain agar bisa tetap semangat menjalani hidup? Boleh sharing ilmu dan inspirasimu di kolom komentar ya... 



Previous article
This Is The Newest Post
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel