"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

hari aids sedunia dan inspirasinya dalam hidup

Tanggal 1 desember kemarin adalah hari aids sedunia, sebuah special day yang diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Dan blog ilmu inspirasi air kali ini akan membahas sedikit tentang hari aids sedunia dan inspirasinya dalam hidup, sekedar merenungi masalah hidup dan peristiwa, dan menggali ilmu khususnya tentang aids (karena setelah postingan ini saya jadi memperoleh pengetahuan tentang aids).

Di situs wikipedia, dituliskan bahwa hari aids sedunia ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1987, oleh James W. Bunn (pencetus AIDS Lifeline bersama Nansy Saslow- sebuah kampanye penyadaran masyarakat dan pendidikan kesehatan yang disindikasikan ke berbagai stasiun TV di AS, yang telah memperoleh Penghargaan Peabody dan penghargaan "Presidential Citation for Private Sector Initiatives) dan Thomas Netter, yang merupakan dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Dan kemudian disampaikan pada Direktur Program AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS), Dr. Jonathan Mann. Hingga pada tahun1988 saat Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS-pun disepakati hari aids sedunia pada tanggal 1 Desember, dan diperingati seterusnya oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Lalu ketika Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mulai bekerja pada 1996-2004, perencanaan dan promosi Hari AIDS Sedunia-pun diambil alih. Tidak hanya memusatkan perhatian pada satu hari saja, UNAIDS menciptakan Kampanye AIDS Sedunia pada tahun 1997 untuk melakukan komunikasi, pencegahan dan pendidikan sepanjang tahun. Berbagai tema tahunan-pun dipilih dalam memperingati hari aids sedunia, yang semenjak tahun 2008 tema-nya dipilih oleh Komite Pengarah Global Kampanye Hari AIDS Sedunia, diantara temanya adalah: Komunikasi(1988), Komitmen Masyarakat(1992), Hak Bersama Tanggung jawab Bersama (1995), Satu Dunia. Satu Harapan(1996), Kekuatan Menuju Perubahan: Kampanye AIDS Sedunia Bersama Orang Muda (1998), Dengarkan, Pelajari, Hidupi: Kampanye AIDS Sedunia dengan Anak-anak dan Orang Muda 1999)….. dan lain-lain hingga “Hentikan AIDS. Jaga Janjinya - Akses Universal dan Hak Asasi Manusia” (2009).

Dari hari aids sedunia ini, memberi inspirasi dalam hidup, bahwa dunia diingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan dalam hidup, terutama memberi kesadaran akan wabah AIDS.. Karena Aids memang penyakit yang sudah menjadi epidemik global (pandemi), dan di seluruh dunia-pun telah jutaan orang yang terinfeksi virus yang sampai detik ini belum ada obatnya itu, bahkan vaksinnyapun sulit untuk di buat, di seluruh dunia Aids telah membunuh ± 25 juta jiwa sejak pertama kali diakui5 Juni 1981. Di bumi pertiwi sendiri, penyakit Aids ini, tahun 2009 telah mencapai ± 18.000 lebih kasus aids ditemukan, itupun hanya yang terdata, padahal tahun 1987 orang yang terkena aids di bumi pertiwi hanya 5 orang. Dengan demikian, penyakit ini merupakan salah satu wabah paling mematikan dalam sejarah. AIDS diklaim telah menyebabkan kematian sebanyak 2,4 hingga 3,3 juta jiwa pada tahun 2005 saja, dan lebih dari 570.000 jiwa di antaranya adalah anak-anak. Sepertiga dari jumlah kematian ini terjadi di Afrika Sub-Sahara (tempat asal mula Aids menurut pendapat para ilmuan), sehingga memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menghancurkan kekuatan sumber daya manusia di sana.

Masalah aids tidak hanya dari segi fisiknya, tapi juga mengarah pada hukuman sosial bagi penderita HIV/AIDS, yang umumnya lebih berat bila dibandingkan dengan hukum social (memberi dampak pada kejiwaan), terhadap penderita penyakit mematikan lainnya. Terkadang hukuman sosial tersebut juga turut tertimpakan kepada petugas kesehatan atau sukarelawan, yang terlibat dalam merawat orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA). Bahkan AIDS juga membawa dampak pada perekonomian dan perkembangan hidup global.

Inspirasi hidup positif dari hari aids sedunia yang dapat dipetik diantaranya adalah selain kesadaran kesehatan, khususnya memberikan ilmu tentang penyakit aids, dengan berbagai kampanyenya, hari aids sedunia ini juga mengajak seluruh dunia untuk saling peduli sesama manusia, membuka ruang empati penuh ketulusan. Bahwa yang terinfeksi aids juga manusia, dan memamng mesti anti aids, menghindari terkenanya virus HIV-aids tersebut dengan hidup dengan baik dan sehat (diantara dan utamanya adalah tidak melakukan hubungan intim di luar jalur dan batas-berganti pasangan,melakukan homoseks dll, tidak mengunakan narkoba dan penggunaan jarum suntik sembarangan dll).. Tapi tidak anti pada manusia yang terinfeksinya atau bukan menghindari bersosialitas penuh dengan penderita aids dan tidak mendeskriminasi penderita aids. Karena yang terinfeksi aids juga manusia, dan tidak semua penderitanya terjangkit karena melakukan kenegatifan hubungan intim atau jalur intim yang salah/homoseks dan sejenisnya, namun ada juga yang terjangkit dari ketidaksengajaan, seperti bayi yang terinfeksi saat dari kandungan misalnya, atau yang terkena jarum suntik yang tidak steril dari virus tersebut dan lain-lain. Lagipula dari penelitian aids tidak menular melalui air liur, air mata dan urin, walau virus aids terdapat pada cairan tersebut, apalagi hanya sekedar kontak kulit.

Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah tentang wajib sunat laki-laki muslim sesuai ajaran islam, ternyata hal tersebut sangat penting, dimana pada bulan Desember tahun 2006, penelitian yang menggunakan uji acak terkendali mengkonfirmasi bahwa sunat laki-laki menurunkan risiko infeksi HIV pada pria heteroseksual Afrika sampai sekitar 50%. Kebenaran sejati Ilahi yang dari kitab suci termaktub semenjak ribuan tahun lalu itu, membuktikan bahwa ajaran Islam memberikan makna dan manfaat yang penting bagi kebaikkan hidup manusia di bumi…

Pelajaran hidup yang didapat adalah Aids memang merupakan penyakit yang tentu adanya dicipta Allah SWT, dan mungkin untuk mengingatkan manusia untuk selalu berjalan dijalanNya selama hidup di dunia, menjalankan profesi kehidupan sebaik mungkin, tidak melakukan hal-hal negatif yang berakibat buruk seperti adanya penyakit aids ini.

Menurut pendapatmu bagaimana tentang aids? Share ilmumu tentang hari aids sedunia dan inspirasinya dalam hidup dib log ilmu inspirasi air yupz…

1 sharing inspirasi :

  1. Hore aku sudah sunat... tapi nggak jamin lho kalau masih jajan, partisipasiku yaa nggak nganeh-nganehi gitu, jaga kesehatan diri sendiri dan keluarga juga kalau ada kesempatan ikutan penyuluhan aids! Jaga diri Anda dan Keluarga Anda!
    Award sudah saya pasang, maaf terlambat, Sukses untuk Anda!

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate