"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Ikhtiar menjaga kesehatan dan menjemput rizqi

Setiap manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia tentu mesti melakukan ikhtiar (usaha yang baik), karena hidup itu memang butuh usaha (seperti huruf “U” dalam rumus butuh DUIT di postingan saya terdahulu), dan tentu saja usaha yang paling dibutuhkan adalah usaha yang baik atau ikltiar. Tanpa ikhtiar maka tidak akan mungkin kehidupan itu berjalan, meningkat, berkembang, dan tercapai asa, impian, dan harapan manusia. Dari berbagai macam ikhtiar manusia di dunia, ikhtiar menjaga kesehatan dan menjemput rizqi tentu termasuk dalam hal penting yang harus manusia lakukan. Dan keduanya tentu merupakan faktor penting dalam hidup yang saling beriringan, karena untuk hidup tentu manusia perlu menjemput semua rizqi yang telah Tuhan limpahkan untuk manusia di dunia, namun tentu saja dengan fisik dan batin yang sehat.

Kalau berbicara tentang rizqi dan kesehatan, sesungguhnya 2 kata itu memang sudah menyatu, karena kesehatan yang baik adalah salah satu rizqi yang Tuhan berikan pada manusia diantara berbagai macam rizqi lainnya, seperti rizqi dalam perekonomian hidup, rizqi jodoh, rizqi ilmu pengetahuan dan lain-lain. Dan kesemua rizqi itu tentu sudah Allah SWT karuniakan pada seluruh hambaNya termasuk juga sebagai amanah yang mesti dijaga, dan manusia harus menjemput rizqi itu dengan berikhtiar, termasuk yang terpenting adalah berikhtiar menjemput rizqi dalam hal menjaga kesehatan.

Kalau kita renungkan masalah dan peristwa yang begitu beragam di dunia ini, tentu kita dapat lihat permasalahan manusia dalam hal kesehatan itu banyak sekali. Beragam macam penyakit telah menjagkiti fisik bahkan batin manusia dari zaman batu hingga zaman globalisasi sekarang ini. Dari tahun demi tahun perkembangan penyakitpun selalu meningkat, satu demi satu viruspun lahir, di zaman kini saja virus sudah beragam jenisnya, dari virus influenza, virus HIV-AIDS (yang kini bahkan ada hari aids sedunia 1 desember), virus H1N1 (atau disebut juga penyakit swine flu, ada pula virus A-H1N1 atau A.K Swine flu), virus H5N1(disebut juga flu burung) dan lain-lain. Begitupun dengan bakteri jahat dan jamur beragam juga jenisnya. Dan banyak pula penyakit lainnya selain yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur, seperti penyakit pada organ-organ tubuh manusia yang juga beragam penyebabnya, dari karena bawaan lahir (seperti yang dialami BILQIS dengan penyakit yang berhubungan dengan livernya) dan keturunan, karena gaya hidup yang tidak sehat (seperti sakit paru-paru karena merokok, sakit diabetes dan kolesterol karena pola makanan tidak sehat), dan lain-lain.

Semua manusia tentu tidak menginginkan penyakit bernaung di fisik dan kehidupannya, dan pasti memilih untuk selalu sehat, dijauhkan dari segala macam penyakit termasuk penyakit-penyakit seperti diatas. Sakit itu selain tiada menyenangkan dan menggagu aktifitas kehidupan, tentu juga mengganggu ekonomi hidup, karena pemulihan dari sakit itu juga pasti membutuhkan biaya. Dan iktiar menjemput rizqi-pun akhirnya akan menjadi dua kali lipat untuk manusia di kala sakit, yaitu rizqi untuk memulikan sakit dan memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Maka penting sekali tentu ikhtiar menjaga kesehatan itu, penting berikhtiar menjaga amanah dan salah satu curahan kasih sayang Tuhan berupa kesehatan itu. Dan karena kesehatan juga merupakan salah satu rizqi yang diberikan Tuhan untuk manusia, maka ada ikhtiar menjemput rizqi dalam menjaga kesehatan, yaitu menjemput dicurahkannya kesehatan yang selalu baik.

Terkadang tidak mudah berikhtiar menjaga kesehatan dan mejemput rizqi itu, namun selama darah masih mengalir, nafas masih terhembus, ruh masih dijasad, sebagai manusia yang masih menjalani kehidupan di dunia, maka ikhtiar menjaga kesehatan dan menjemput rizqi itu harus selalu di tempuh oleh manusia.. iya kan? bagaimana dengan ikhtiarmu? Share pendapat, inspirasi dan ilmu-mu dib log ilmu inspirasi air kali ini ya…

6 sharing inspirasi :

  1. salam sahabat
    info yang bagus memberikan motivasi namun dari sini alangkah buruknya bila tidak bisa konsisten ya???thnxs n good luck

    ReplyDelete
  2. waaah.. artikelnya sangat bermanfaat nih sobt.. nicepost..

    Salam Kompak dari Wannabe Blogger Bertuah, Pekanbaru Riau ....

    ReplyDelete
  3. Wajah blog baru yang manis sekali! Selamat menikmati liburan!

    ReplyDelete
  4. Kesehatan adalah modal utama untuk beribadah dan berkarya! Selamat beraktifitas!

    ReplyDelete
  5. Jaga hati, maka kesehatan jiwa raga akan mengiringinya!

    ReplyDelete
  6. Kesehatan merupakan dasar dari semua aktivitas yang kita laksanakan

    Template baru ya Mbak... Lebih sejuk

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate