"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day)

Waktunya saya meng-update ilmair hari ini, yang kebetulan berdekatan dengan Hari AIDS sedunia (World AIDS Day). Yups tanggal 1 Desember di seluruh dunia memang diperingati sebagai Hari AIDS sedunia ( World AIDS Day), yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Penjelasan panjang tentang ditetapkannya Hari AIDS sedunia (World AIDS DAY) sebenernya sudah ada di postingan ilmair 2 tahun lalu, yaitu di : "Hari AIDS Sedunia dan Inspirasinya dalam hidup". Nah kali ini ilmair ingin menulis lagi "Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day)", tetapi mengulasnya lebih ke "inspirasi"nya saja.

Penyakit HIV AIDS memang telah menjadi pandemi alias epidemik global, di seluruh dunia-pun telah banyak orang yang terinfeksi HIV AIDS. Jumlah penderita HIV AIDS pun meningkat setiap tahunnya.

Dengan adanya special day, Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) ini, semua orang di seluruh dunia diingatkan akan bahayanya penyakit HIV AIDS. Berbagai program dan kampanye yang berkaitan dengan penyakit HIV AIDS baik oleh pemerintah, LSM, Organisasi dll diadakan di seluruh negara.

Berbagai program dan kampanye yang ada pada saat peringatan Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) ini, intinya memang untuk memberikan ilmu, pendidikan dan "inspirasi hidup positif" untuk semua orang di dunia tentang HIV AIDS, beberapa diantaranya seperti:

1. Agar setia dengan pasangan dan tidak berganti-ganti pasangan (tidak melakukan hubungan intim di luar jalur dan batas), dan tidak melakukan homoseks, apalagi penyebab utama penyakit AIDS adalah melalui hubungan intim. Menurut data WHO, pada tahun 1983-1995, sebanyak 70-80% penularan HIV dilakukan melalui hubungan heteroseksual, sedangkan 5-10% terjadi melalui hubungan homoseksual

2. Tidak menggunakan narkoba (selain karena narkoba sendiri juga termasuk benda yang tidak baik, jarum suntik yang digunakan secara bergantian-pun dapat menjadi sumber penularan dari penyakit AIDS).

3. Jangan memberikan hukuman sosial pada penderita HIV AIDS dengan mengucilkan penderita HIV AIDS, karena perlu diingat bahwa penyakit HIV AIDS itu tidak menular melalui air liur, air mata, urin apalagi hanya sekedar kontak fisik. Termasuk jangan memberikan hukuman sosial pada ODHA. Yang perlu diingat juga bahwa tidak semua penderita HIV AIDS, terkena virus HIV AIDS karena telah melakukan hubungan seks bebas (di luar jalur dan batas) ataupun homoseks, bisa juga terjangkit karena ketidaksengajaan seperti terkena jarum suntik yang tidak steril (diluar penggunaan narkoba), terinfeksi sejak bayi berada di rahim dll.

4. Ternyata ada juga penderita penyakit HIV AIDS yang bisa sembuh dari HIV AIDS. Ya, Seorang Pria bernama Timothy Ray Brown asal California diketahui positif HIV (human immunodeficiency virus) pada tahun 1995, tetapi kini ia masuk jurnal ilmiah sebagai orang pertama di dunia yang sembuh  dari HIV AIDS. Walau hal itu tentu bukan hal mudah, apalagi proses penyembuhan Timothy dari HIV AIDS-pun mulanya terjadi secara tidak sengaja saat ia melakukan cangkok sumsum tulang belakang. Intinya sebagai penderita maupun keluarga penderita HIV AIDS jangan menyerah dan putus asa menjalani hidup ini, walaupun ada masalah hidup berupa penyakit menerjang di antara jalan hidupnya.

5. Setiap orang diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, tentu saja karena kesehatan itu adalah anugerah kehidupan dan merupakan amanah dari Allah SWT kepada hambaNya untuk selalu dijaga. Apalagi Hari AIDS Sedunia ini juga kebetulan diperingati beberapa hari setelah pergantian "Tahun Baru Islam (Islamic New Year) 1433H", jadi di awal tahun baru Islam ini, semua orang, kaum muslimin khususnya, diingatkan juga untuk memperbaiki iktiarnya menjaga kesehatan dengan adanya "Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day)" ini.

Bagaimana pendapatmu tentang Hari AIDS sedunia dan postingan ilmair ini?

2 sharing inspirasi :

  1. semoga aja pemerintah lebih serius lg dalam penanganan penyakit Aids di Indo...,

    ReplyDelete
  2. makin tahun makin menyedihkan grafiknya
    makasih infonya :)

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate