"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

Muhasabah Diri

Allah itu begitu dekat, mengetahui setiap jengkal gerak kita, setiap detik waktu yang berputar dalam hidup kita, setiap kedip mata kita. Apa yang diijinkanNya terjadi dalam hidup kita pasti mengandung jutaan makna kebaikan dariNya, dan tergantung pada tiap diri bagaimana bisa meraih makna kebaikkanNya. Sejuta tanya tentu ada dalam benak setiap orang tentang apa dan mengapa Allah ijinkan semua hal yang tak pernah dimengerti diri, terutama kalau hal tersebut negatif dalam kaca mata diri.


Muhasabah diri tentu perlu dihadirkan, cermin-cermin perlu dipajang dari tiap sudut, untuk mematut diri, dimana setiap sudut dalam diri lakukan kesalahan, lalu kembali pada keimanan dan ketaqwaan, dan memperbaiki diri.

Keluhan demi keluhan takkan bisa merubah apapun, hanya membuat kebaikan itu sendiri enggan menampakkan dirinya dihadapan. Apalagi amarah pada Allah Sang Kuasa, tentu takkan pernah pantas ada dalam hati.

Belajar mendekat dan terus semakin mendekat padaNya itu tak boleh usai, selama nafas masih terhembus, selama jantung masih berdetak. Kala terucap lelah, keluh itu merayap, tapi kesadaran diri masih harus ada ditepian bahwa belajar mendekat padaNya dan mencari RidhoNya adalah jalan menuju keindahan di keabadian. Karena jalan itu tentu takkan mulus, pasti kan ada kerikil di setiap hamparannya.

Mampukah diri? Tentu takkan bisa diri mengukurnya, perlu kekuata do'a agar hati ditetapkan pada Iman dan Taqwa kepadaNya, perlu kesungguhan dalam berlajar mencari RidhoNya, bahkan kesungguhan tuk menghadirkan keikhlasan tumbuh sempurna di hati. Bersama lantunan "Laahaula walaakuata ilaabillahil aliyil adziim" yang tercuat dari hati, berharap kuasaNya memampukan diri tuk selalu bermuhasabah, memperbaiki diri dan mencari ridhoNya...

Tulisan Muhasabah Diri ini juga menjadi tulisan ilmair di awal tahun 2016, semoga bisa memberi inspirasi positif terutama bagi diri ini.. Aamiin..

0 sharing inspirasi :

Post a Comment

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate