"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , » Waluh Hijau alias Labu Siam Ampuh Mengobati Ambeian alias Wasir

Waluh Hijau alias Labu Siam Ampuh Mengobati Ambeian alias Wasir

Wah waluh hijau alias labu siam yang sering dibuat sayur, ternyata kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral dan air. Dengan kandungan gizi yang tinggi, sayuran hijau merambat ini mempunyai banyak khasiat untuk menyehatkan tubuh. Salah satu khasiat dari sayuran yang tumbuhnya merambat ini adalah mengobati ambeyeian alias wasir. Ilmair kali ini membahas tentang kesehatan dan obat alami ya brotha dan sista, semoga tulisan ilmair dapat memberi inspirasi kesehatan dan bermanfaat bagi para netter semua.



Oiya, khasiat waluh hijau alias labu siam yang ampuh mengobati ambeian alias wasir ini telah terbukti loh bro dan sist, dimana banyak orang yang telah merasakan khasiatnya (silahkan cek di google, akan ada berderet pengalaman orang tentang hal ini). Sedikit saya share salah satu pengalaman tentang khasiat waluh hijau (labu siam) dalam mengobati ambeian (wasir):
"Seseorang yang punya wasir luar (hemoroid ekstrna), sebut saja si Z, bergitu resah dengan wasir yang dideritanya, badannya juga sampai demam karena wasir sudah meradang. Duduk susah, jalan ga nyaman, hadooohh pokonya wasirnya begitu teramat menyiksanya.. Si Z-pun lalu ke dokter, dan si Z di kasih obat dengan dosis tinggi, yang kalau sehari ga diminum radang wasirnya terasa sekali. Pengobatan alternatif seperti pijat refleksi dan akupuntur plus minuman herbal juga sudah dilewati si Z, tapi ampuuun itu wasir masih saja bercokol membawa derita. Eipppsss hingga akhirnya seseorang memberi si Z sebuah resep alami yang alhamdulillah begitu mujarab mengobati wasirnya.."

Apa itu resepnya? Berikut ilmair share tentang "Resep alami mengobati wasir atau ambeian".

Resep alami mengobati wasir atau ambeian:

Bahan: 2 buah labu siam (waluh)
Alat: Parutan kelapa, saringan dan gelas

Cara:
Cuci bersih labu siam (waluh), lalu parut (dalam kondisi mentah atau belum dimasak sama sekali), kemudian saring, air sari labu (waluh) ini lalu diminum 2x sehari (pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur)..

Insya Allah wasir (ambeian) yang di derita akan berangsur-angsur sembuh dengan minuman alami sari waluh hijau alias labu siam itu (berapa lamanya tergantung kondisi wasir yang diderita ya..)

Catatan:
- Sari waluh ini kadang membuat perut mual, jadi bagi yang punya maag agar berhati-hati. Sebenarnya selain di ambil sarinya dalam kondisi mentah, penderita ambeian atau wasir juga bisa mengkonsumsinya dalam kondisi matang (dikukus terlebih dahulu), khasiatnya mengobati ambeian atau wasir juga masih ada, tapi mungkin tidak secepat si sari waluh tadi.

Catatan Tambahan:

-Tentang wasir:

Walaupun tidak berbahaya, wasir(ambeian) merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu (meresahkan) bagi penderitanya. Terlebih jika keluar tonjolan wasir di muara dubur (anus). Demikian pula ketika darah segar menetes-netes dari dubur, adakalanya mengakibatkan si penderita wasir menjadi pucat pasi.

Wasir atau hemoroid adalah membengkaknya jaringan dinding dubur (anus) yang mengandung pembuluh darah balik (vena). Penyakit ini tidak membahayakan jiwa dan adakalanya tidak menunjukkan keluhan. Berdasarkan letaknya, wasir terbagi menjadi 2 jenis, yakni hemoroid interna dan hemoroid eksterna.

Faktor Pencetus:
Pada dasarnya wasir ditimbulkan oleh tekanan rongga perut (abdomen) berkepanjangan yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah balik (vena) dan pembengkakan jaringan di dinding dubur. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang sering mengejan, wanita hamil dan pekerja berat (angkat-angkat berat).

-Tentang Waluh

Labu siam (waluh) mengandung beberapa vitamin dan nutrisi penting lainnya. Satu setengah cangkir porsi menyediakan sekitar 17% dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, buah sayuran ini juga mengandung vitamin B kompleks, seperti folat sejumlah 61 mcg dan sejumlah kecil niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat dan vitamin B6. Vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu buah labu ini juga mengandung zat mineral seperti zat besi, mangan, fosfor, seng, dan tembaga.

Prof. Hembing Wijayakusuma pernah mengungkapkan bahwa waluh dapat mengobati tekanan darah tinggi, diabetes, menurunkan panas, dan memperlancar pencernaan. Selain itu dalam sebuah buku religi dengan tema cara diet yang baik, Ibnul Qayim Al Jauzi mengatakan bahwa waluh sangat berguna untuk orang yang sakit panas, karena dapat menurunkan panas dengan reaksi yang cepat.

Sumber: berbagai sumber, dan rewrite dari facebook admin ilmair.

8 sharing inspirasi :

  1. Ternyata waluh juga bermanfaat bagi penderita wasir ya. Mungkin belum banyak yg tahu ini fungsi wluh. Terima kasih tipsnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih telah berkunjung ke ilmair, btw saya perempuan bukan mas-mas :D

      Delete
    2. mba ini labu siam yg kecil untuk lalap atau yg biasa untuk sayur (yg agak besar)

      Delete
  2. mba maaf mau tanya ini labu siam yg biasa untuk lalap atau yg untuk sayur (uk yang sedikit lebih besar) terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Labu siam yang biasa untuk lalap Mba.. maaf baru jawab komentarnya, terimakasaih telah mengunjungi blog ilmair :)

      Delete
  3. Maaf mba klo untuk ibu hamil boleh ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, dari yang saya baca, labu merupakan sayuran yang memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan Mba termasuk jika dikonsumsi ibu hamil, tapi dengan kondisi matang (direbus/dikukus) Mba, karena ibu hamil seharusnya menghindari makanan mentah termasuk sayuran mentah, yang dikhawatirkan mengandung bakterikan Mba

      Delete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate