"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , , , , » Cara Cek Kecepatan Website dengan Tools Google Gratis

Cara Cek Kecepatan Website dengan Tools Google Gratis

     Di artikel sebelumnya ilmair pernah menyebut-nyebut tentang kecepatan loading website (web speed) ya. Yups waktu saya lagi "galau untuk ganti template", karena memang banyak template yang waktu dicek dan diaplikasikan pada web ilmair, ternyata bikin loadingnya jadi terasa berat. Humm ... ya memang, template itu berpengaruh banget kan sama web speed.

    Terus kenapa juga saya harus mikirin kecepatan website? Ya jelas karena itu penting banget buat kebaikkan imair pastinya - untuk kepentingan SEO  (Search Engine Optimization) dan kepuasan pengunjung juga.





- Website yang lambat loadingnya itu bisa "Ditinggalkan Pengunjung alias Kehilangan Trafiict"

    Weblog ilmair jelas dibuat untuk dikunjungi, biar artikelnya bisa dibaca orang, menginspirasi dan juga bermanfaat. Ya ... kalau loading ilmair lambat, membuat orang yang mau berkunjungnya jadi nggak sabar juga, terus cari informasi yang dibutuhkan di tempat lain yaa. 

    Ada yang bilang, hasil riset google menyatakan bahwa sebanyak 53% pengguna internet akan  meninggalkan web yang loadingnya lebih dari 3 detik. Humm ... sebegitunya ya, sepenting itu waktu mereka.

    Bukan hanya kehilangan pengunjung baru, tapi bisa jadi pengunjung lama alias yang sudah pernah datang pun jadi malas masuk lagi ke web kita kalau loadingnya terlalu lama.


- Website yang cepat loadingnya akan semakin bagus rankingnya di Google

    Kecepatan website itu berpengaruh juga loh ternyata dengan penilaian Google untuk menentukan ranking. Tentu saja itu karena google amat sangat memperhatikan para pengguna internet yang mencari informasi di perambannya.

    Ya ... itu artinya kalau mau websitenya berada di halaman pertama, kita harus peduli juga sama pengguna internet yang mau berkunjung ke weblog kita, peduli sama kecepatan website atau blog kita ya sahabat.


    Terus gimana cara cek kecepatan website?

    Di internet sendiri ada banyak tools yang bisa digunakan, seperti Google PageSpeed Insight, Pingdom, Google Mobile Website Speed Testing Tool, Load Impact, WebPage Test, Chrome DevTool dan lain-lain.

    Kali ini ilmair pingin bahas tentang Cara Cek Kecepatan Website dengan Google PageSpeed Insight ya, Tools Google Gratis ... Berikut penjelasannya:

1. Kunjungi Google PageSpeed Insight

2. Masukkan alamat website atau blogmu sahabat, di kotak yang tersedia

3. Klik analisis

4. Tunggu proses analisis hingga selesai

5. Sahabat bisa lihat hasil laporan analisis website nya jika sudah muncul. 

    - Ada dua tampilan untuk "Seluler" dan "Deskop", tinggal klik aja ya dua tulisan itu di kiri atas.

    - Pada halaman analisis itu, gulir ke bawah untuk lihat analisis lengkap dan tips mempercepat loadingnya ya.

Untuk ilmair sendiri dengan template sekarang ini hasilnya:


    Terus apa yang mempengaruhi kecepatan website? 

    Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan website, tentunya selain kecepatan koneksi internet pengunjungnya ya, yaitu: 

- hosting yang dipakai, 

- ukuran file gambar, video dan multimedia lainnya yang menempel, 

- widget dan plugin yang digunakan,

- code sourche yang terdapat pada template.

    Nah si template ini berpengaruh juga kan pada kecepatan website, ada beragam kode di dalamnya yang nggak mudah bagi kita sebagai pengguna template untuk utak atik lagi, kecuali kalau kita ini ahli pembuat template ya.

    Jadi gimana kecepatan websitemu? Apa template yang kamu pakai sudah mendukung SEO websitemu? Kalau ilmair kayanya mau segera diutak-atik lagi ini, biar lebih wuuuzzz ... wuuuzzzz ... wuzzzz ... biar sahabat semua betah ada di website ini, mendapatkan inspirasi dan manfaat yang banyak, barakallahu aamiin.

    Semangat ngeblog sahabat semua!

2 sharing inspirasi :

  1. Waah, saya baru tahu loh kak tentang ini. Ilmu yang sangat berguna..

    BalasHapus
  2. Nah ini nih, kemaren sempet ada yg komen di blog ku kalo buka web nya loading. Ternyata banyak faktor yg mempengaruhi kecepatan web ya.
    Bookmark! akan aku coba secepatnya, supaya tahu detail catatan kecepatan webnya, hihi..

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate