Redakan Stres dengan 9 Makanan Ini

    Stres merupakan bagian tak terhindarkan dalam kehidupan sehari-hari ya sahabat. Semua orang pasti pernah merasakan stres, bukan hanya orang dewasa, bahkan seorang bayi sekalipun.

    Ya, stres itu sebenarnya merupakan reaksi tubuh kita, baik secara fisik maupun psikologis, ketika kita dihadapkan dengan tekanan atau tuntutan yang hampir melebihi batas kemampuan diri untuk beradaptasi. Nah, saat sedang berduel dengan stres, tubuh kita akan melepaskan hormon-hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin. Fungsinya untuk mobilisasi sumber daya dan energi yang kita perlukan. Efek sampingnya, jantung kita bisa berdetak lebih kencang, sehingga kita pun merasa mudah lelah. Jelas sekali ya, kalau stres memang bisa membuat kita menjadi lemah kayak superhero kalah sama penjahat, membuat daya tahan tubuh kita menjadi menurun.

    Jadi ketika sedang mengalami stres tubuh kita itu akan mengalami peningkatan kebutuhan nutrisi. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh para peneliti kesehatan dan tercatat dalam Journal of Nutrition & Food Sciences. Oleh karena itu, penting bagi kita memperhatikan asupan makanan yang tepat dalam mendukung kesehatan mental dan membantu meredakan tingkat stres, ya sahabat. 

    Nah, kali ini ilmair ingin berbagi informasi tentang beberapa pilihan makanan yang dapat sahabat pertimbangkan untuk membatu mengatasi stres, sehingga sahabat pun merasakan ketenangan jiwa. Oiya, sebelumnya di blog ilmair juga pernah membahas tentang kesehatan mental di 10 Tips Memulai Pola Hidup Sehat,  artikel yang masih terhubung dengan bahasan kita saat ini, sahabat boleh mengunjunginya ya kalau memang membutuhkan.

    Oiya, sekarang langsung saja ilmair share ya, ini dia 10 makanan yang dapat membantu sahabat dalam meredakan stres:

1. Ikan Berlemak Tinggi Omega-3

    Kita tentu sudah sering mendengar dan membaca bahwa ikan yang berlemak tinggi Omega-3, seperti yang ditemukan dalam salmon, sarden, dan mackerel memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama untuk meningkatkan fungsi otak. Ternyata dalam penilitian pun ditemukan bahwa Omega-3 ini bisa juga loh membantu menurunkan tingkat kortisol (hormon stres). Sehingga saat kita mengkonsumsi ikan berlemak tinggi Omega-3 perasaan tenang pun bisa kita rasakan.

2. Buah-buahan

    Hampir semua orang menyukai buah, yang memang nyatanya begitu kaya akan gizi. Diantara buah-buahan yang kita konsumsi sehari-hari itu pun ternyata ada juga ya yang mengandung senyawa-senyawa alami yang dapat mengurangi stres, diantaranya adalah:

- Alpukat yang mengandung vitamin B6, folat, dan lemak sehat omega-3, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon stres dan meningkatkan suasana hati.

- Pisang yang kaya akan vitamin B6 dan potassium,  sehingga bisa membantu menjaga tekanan darah dan meredakan kegelisahan yang sering terkait dengan stres. 

- Jeruk yang kaya vitamin C, bisa membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

- Buah kiwi, dengan kandungan serotonin dan vitamin C-nya, juga memberikan efek positif pada kesejahteraan mental.

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

   Kacang-kacangan dan biji-bijian ternyata bukan hanya sekadar camilan yang enak dimakan ya sahabat, tetapi juga bisa membantu kita meredakan stres. Kacang almond, misalnya, mengandung magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan ketenangan. Biji bunga matahari kaya vitamin B yang meningkatkan mood, sementara kacang merah mengandung triptofan yang dapat diubah menjadi serotonin, zat kimia otak yang mengatur suasana hati. Kacang mete, selain gurih, mengandung zat besi dan magnesium yang berperan dalam stabilisasi mood dan relaksasi otot. Dengan kandungan nutrisi yang beragam, kacang-kacangan dan biji-bijian memberikan dukungan bagi kesehatan mental, membantu mengurangi tingkat stres, dan memberikan sensasi ketenangan 

4. Dark Chocolate

    Dark cokelat, selain kelezatannya begitu cocok di lidah, ternyata memiliki manfaat bisa membantu kita meredakan stres. Kandungan flavonoid dalam dark cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan memberikan efek positif pada kesehatan mental, termasuk mengurangi tingkat stres. Selain itu, dark cokelat juga mengandung senyawa seperti serotonin dan endorfin (hormon bahagia), yang dapat meningkatkan mood dan memberikan perasaan bahagia. Dengan membiasakan konsumsi, menikmati dark cokelat dapat menjadi cara yang lezat untuk mengatasi stres dan memberikan dorongan positif pada suasana hati. Pilih dark chocolate dengan kadar kakao tinggi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

    Kalau lagi bahas cokelat, jadi teringat kalau makanan ini sering disebut sebagai makanan pembangkit rasa cinta ya sahabat. Hayoo, siapa yang pernah diberi cokelat oleh seseorang di hari yang special? Atau jangan-jangan sahabat sendiri yang pernah ngegombalin seseorang dengan sebatang cokelat? Hihi, itu sih karena dibuat baper saja kali ya, walau pun memang ada kandungan cokelat yang bisa meningkatkan hormon bahagia juga. Hmmh yang penting hati-hati jaga hati kalau belum jadi pasangan halal ya, jangan mudah baper, atau justru membuat orang jadi baper, nanti yang ada bukannya mengurangi stres, malah bertambah beban mentalnya karena patah, dosa pula lagi, karena merasakan yang belum halal. Eh, ini jadi bahas diluar konteks tentang makanan pereda stres nih! Hihi ....

5. Sayuran Hijau Gelap dan Berwarna Warni

   Kalau berbicara tentang sayuran, mungkin ada beberapa orang yang tak suka dan tak mampu menikmatinya ya, terutama anak-anak. Padahal sayuran memliki segudang manfaat bagi tubuh, sama halnya dengan buah-buahan. Ya, dua jenis makanan alami ini seharusnya layak masuk dalam menu makanan kita sehari-hari.

    Diantara banyaknya sayuran yang kita kenal, sayuran hijau gelap seperti bayam dan kale ternyata kaya akan asam folat, vitamin yang berperan dalam produksi serotonin. Serotonin itu sendiri merupakan neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati. Sementara sayur berwarna-warni menyediakan antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan. 

6. Oatmeal

  Oatmeal bukan hanya menu sarapan yang sehat, tetapi juga bisa jadi teman setia kita dalam menghadapi stres, ya sahabat. Kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam oatmeal nyatanya bisa meningkatkan produksi serotonin, zat kimia otak yang dapat membuat suasana hati lebih ceria. Dengan kata lain, dengan mengonsumsi oatmeal secara teratur bisa membantu kita meredakan tingkat stres dan meningkatkan mood. Jadi, selain enak, oatmeal juga bisa menjaga kesehatan mental kita.

7. Beras Merah

    Beras merah bukan hanya bisa dijadikan sebagai makanan pokok, tetapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk dalam melawan stres. Walau sampai sekarang nyatanya kita masih lebih terbiasa mengkonsumsi beras putih dalam menu makanan kita sehari-hari ya, karena memang sudah terbiasa dengan tekstur dan rasanya. Beras merah itu karbohidrat kompleks, teksturnya jika ditanak menjadi nasi memang sedikit lebih keras karena masih memiliki lapisan kulit dan gandum, berbeda dengan beras putih yang sudah dikupas kulitnya, membuat teksturnya bisa jadi lebih lembut dan lebih cepat masak saat ditanak. Namun, karena masih utuh dan alami ini, membuat nilai nutrisi, termasuk serat di dalam beras merah menjadi lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih.  

   Beras merah kaya akan vitamin B kompleks, terutama vitamin B6, yang berperan dalam produksi neurotransmitter serotonin, si zat kimia otak yang membuat mood kita lebih ceria. Jadi, makan nasi merah bisa bantu meningkatkan kadar serotonin dan meredakan stres. Sumber serat yang tinggi dalam beras merah juga membuat perut lebih kenyang lebih lama, menormalkan gula darah, hingga bisa membuat kita lebih stabil secara emosional. 

8. Yogurt dengan Probiotik

    Yogurt, khususnya yang mengandung probiotik, ternyata bukan cuma lezat tapi juga bisa jadi teman ajaib dalam meredakan stres. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di dalam usus kita dan dapat memengaruhi kesehatan mental. Yogurt yang mengandung probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan, yang terhubung dengan produksi neurotransmitter seperti serotonin yang berperan dalam mood dan suasana hati. Jadi, dengan menikmati yogurt yang kaya probiotik, kita tidak hanya memanjakan lidah, tapi juga memberikan dukungan pada kesehatan mental kita.

9. Teh Hijau

    Teh hijau bukan hanya sekedar minuman menyegarkan, tapi juga punya keajaiban dalam membantu meredakan stres. Teh hijau mengandung senyawa L-theanine yang dapat memberikan efek menenangkan pada otak dan sistem saraf tanpa membuat kantuk. Senyawa ini meningkatkan produksi gelombang otak alfa yang berhubungan dengan relaksasi. Selain itu, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, memberikan perlindungan tambahan pada otak dan tubuh kita. Jadi, menyeruput secangkir teh hijau bukan hanya membuat kita rileks, tapi juga memberikan dukungan untuk mengurangi tingkat stres.

    Itu dia, beberapa makanan yang bisa membantu sahabat dalam meredakan stres, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

    Oiya, ketika kita menyertakan makanan-makanan ini dalam pola makan sehari-hari, maka kita dapat menciptakan dasar nutrisi yang mendukung kesehatan mental dan membantu melawan stres. Tentu saja dibutuhkan konsistensi dengan pola makan sehat ini ya sahabat.

    Namun, perlu diingat juga kalau mengkonsumsi makanan ini bukanlah bagian dari pengobatan utama dalam meredakan stres, tetapi hanya salah satu proses sederhana yang bisa dilakukan, sebagai dukungan nutrisi optimal yang kita lakukan untuk melawan stres dan meningkatkan kesehatan mental. Penting bagi kita mengkombinasikan antara makanan sehat, olahraga teratur, dan praktik manajemen stres, karena hal itu merupakan kunci untuk mencapai keseimbangan yang holistik. Jika sahabat mengalami stres yang berkepanjangan atau parah, jangan ragu juga untuk  berbicara dengan profesional kesehatan.

   Semangat sehat selalu ya sahabat, semangat menjaga kesehatan tubuh dan mental kita, sebagai bagian dari rasa syukur kita pada Allah Ta'ala yang telah menitipkannya. Dengan tubuh dan mental yang sehat kita pun bisa lebih optimal dalam beribadah kepada-Nya, sebagai tujuan utama kita diciptakan ke dunia ini. Semoga Allah Ta'ala meridhoi ikhtiar sehat kita, dan melimpahi kita dengan keberkahan, aamiin.

    Kalau sahabat sendiri gimana, lebih suka mengkonsumsi makanan yang manakah? Atau mungkin ada makanan lainnya yang sahabat tahu bisa membantu meredakan stres? Boleh dishare ya di kolom komentar .

 
Sumber referensi : Website Halodoc, Healthline, Health, dan beberapa sumber bacaan dan jurnal lainnya.
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel