"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , » Lebaran anak yatim dan hari asyura

Lebaran anak yatim dan hari asyura

Bulan ini postingan blog ilmu_air full special day niyh, dari hari aids sedunia, hari anti korupsi sedunia, hari hak asasi manusia internasional, tahun baru hijriah dan my birthday, dan mother’s day. Wipz ternyata blog ini juga posting special day dari bulan november, wow special day memang bertaburan yupz di bulan November hingga desember. Klu ngumungin special day hari inipun blog ilmu inspirasi air akan memposting special day, karena hari ini bertepatan dengan special day, moslem's day 10 Muharam 1431H, yaitu lebaran anak yatim dan hari asyura.

Dari artrikel-artikel yang saya baca saat browsing di jang google dituliskan bahwa setiap hamba Allah yang mampu dianjurkan memberikan kebahagiaan bagi anak yatim yaitu sekitar tanggal 9 dan 10 Muharam. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menyayangi anak yatim dan lebih menyayangi anak yatim pada tanggal 10 muharam (hari Asyura), di hari itupun beliau menjamu serta bersedekah tidak hanya pada anak yatim tetapi juga pada keluarga, anak, istri dan orang terdekat, karena hal itu merupakan sunnah Rasulullah SAW dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh (faidhul qadir juz 6 hal 235-236). Hingga lebaran anak yatimpun membudaya di kalangan muslim sebagai hari untuk memuliakan anak yatim dan memberikan kebahagiaan pada anak yatim. Selain itu dari browsing di jang google dan di situs wikipesia dikatakan bahwa di tanggal tersebut banyak peristiwa penting dalam sejarah kenabian (yaitu :bebasnya Nabi Nuh dan ummatnya dari banjir besar, nabi Ibrahim selamat dari apinya Namrudz, kesembuhan Nabi Yakub dari kebutaan dan ia dibawa bertemu dengan Nabi Yusuf pada hari asyura, nabi Musa selamat dari pasukan Fir'aun, nabi Isa diangkat ke surga setelah usaha Roma untuk menangkap dan menyalibnya gagal, dan dalam islampun hari asyura ini juga untuk memperingati Pertempuran Karbala pada tahun 61H dimana cucu Nabi SAW, Husain bin Ali wafat dalam pertempuran tersebut. Pada tanggal 10 Muharam-pun umat muslim disunahkan untuk berpuasa dan melakukan berbagai kebajikan dan bertafakur di Hari Asyura, dan banyak syukur juga yang terlimpah oleh para Nabi atas segala karunia Allah SWT dengan berbagai peristiwa hari Asyura tersebut.

Menyayangi anak yatim dan melakukan kebajikan dan tafakur memang sebuah kewajiban bagi muslimin, dan dengan adanya lebaran anak yatim dan hari asyura ini seharusnya mampu memberi inspirasi hidup positif pada seluruh manusia agar bersyukur pada Allah SWT atas segala karuniaNya termasuk juga menyantuni dan menyayangi anak yatim setiap waktu dalam hidup, tidak hanya pada special day lebaran anak yatim dan hari asyura saja tentunya. Jangan sampai lebaran anak yatim dan hari asyura ini kemudian hanya sebuah seremoni semata atau bahkan jadi merendahkan anak yatim (seperti pendapat orang yang saya temukan saat browsing di jang google), karena banyak juga buadaya-budaya dan seremoni yang tidak sesuai dengan syariat islam di lakukan sebagian orang saat merayakan lebaran anak yatim, dan terkadang terlupa di waktu lain, kala Allah SWT memberikan rizqiNya.

Klu dalam hal menyayangi anak yatim, tentu hal tersebut tidaklah terbatas oleh waktu, karena sudah menjadi kewajiban seluruh hambaNya untuk selalu memuliakan anak yatim, dan menyantuninya. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa menyantuni anak yatim dan memberi makan fakir miskin itu merupakan standar kejujuran komitmen setiap orang sebagai mukmin, karena menyia-nyiakan mereka adalah pedusta agama. Rasulullah SAW-pun begitu memuliakan anak yatim, dalam hadist yang diriwayatkan oleh Al Imam Bukhari dari jalan Abu Hurairah, rasulullah berkata : ”Orang yang menanggung anak yatim baik anak yatim itu ada hubungan famili maupun tidak, maka saya dan orang yang menanggungnya seperti dua jari ini di dalam surga” (dalam hal itu beliau menginsyaratkan jari telunjuk dan jari jari tengah-Malik bin Anas). Dalam Al-Qur’an-pun banyak dalil mengenai kewajiban memuliakan anak yatim diantaranya QS. An-nas ayat 2 dan 9, Ad-dhuha ayat 9,dan lain-lain.

Bagaimana menurut pendapatmu tentang postingan blog ilmu inspirasi air kali ini? Share ilmu dan inspirasimu yupz…

3 sharing inspirasi :

  1. Ayo kita lakukan tindakan nyata dalam menyantuni anak yatim disekitar kita yang memang berhak menerimanya!

    ReplyDelete
  2. salam sahabat
    info yang menarik thnxs n good luck ya

    ReplyDelete
  3. Menyantuni Anak Yatim ini adalah suatu Kewajiban kita sebagai Manusia di Dunia ini.. Majunya negara juga tergantung bagaimana suatu negara menyantuni anak2 yatim yang ada di negranya.

    ReplyDelete

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate