"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » , , » Update Blog dan Blogwalking

Update Blog dan Blogwalking

    Postingan lanjutan dari cerbung "Goals"nya saya pending dulu, karena kali ini saya ingin menulis seputar blog dulu ya, yaitu tentang "update blog dan blogwalking". Humm... semoga tulisan ini bermanfaat, memberikan inspirasi dan yang baca pun suka ya aamiin. Mari menulis dan selamat membaca sahabat semua...

Update Blog
    Blog ilmair ini udah cukup lama tak terurus, walau tiap tahunnya tetap di update masa berlaku custom domain-nya. Iya sayang sebenernya, tahun 2016 lalu blog ini saya daftarkan ke registrar menjadi (dot)com, tapi kemudian jadi kurang keurus. Tiap tahun mau kembangin ini blog, selalu aja moodnya tak pernah bikin saya gercep, ditambah lagi sayanya sedikit sibuk juga di dunia nyata. 

    Stop blogging? Ah tidak! Ilmair ini blog kesayangan saya banget, sudah jadi tempat nulis bertahun-tahun (dari 2008), dari beberapa blog yang saya punya, si ilmair ini yang paling saya sayang, karena saya punya segudang cerita di sini. Diantarannya ilmair ini sudah bantu self healing saya, plus bikin saya belajar banyak tentang dunia web dan "menghasilkan uang dari internet", walau nggak seberapa dan belum juga jadi blogger sukses saya nih, hihi. Ah google adsense saya yang dulu di suspend, pernah daftar lagi dan ditolak, ah perlu berbenah dulu nih kayanya.

    Dan sekarang, dunia blogging sudah berkembang pesat ya, saya ketinggalan banget! Sudah berhamburan para blogger keren ya di dunia maya ini. Hummm... waktunya saya juga update blog dan bergegas menyusul blogger lainnya, semoga ada kesempatan buat ngikutin jejak-jejak para blogger keren itu ya, bismillah. 




Blogwalking
    Kegiatan  mengunjung blog milik teman blogger lainnya lalu meninggalkan jejak di kolom komentarnya ini sudah jarang saya lakukan. Humm... terakhir tahun berapa ya saya rajin blogwalking? Ah sudah tak ingat juga rasanya. Kalau jaman awal saya ngeblog sih super rajin saya blogwalking, saling sapa dengan blogger lainnya, saling kasih tag persahabatan dan PR (seperti tugas yang harus dikerjakan - yang asik-asik aja biasanya, seperti pertanyaan seputar diri atau sharing tulisan untuk sebuah tema, dan nantinya kaya berantai gitu , jadi saling silaturahmi pokonya sesama blogger - Humm... jadi rindu ngeblog jaman dulu saya). Kalau jaman sekarang dari sejak beberapa tahun lalu katanya ada grup list blogwalking gitu ya (hummm... kalau yang ini saya ketinggalan juga kayanya).

    Ah iya padahal blogwalking itu termasuk suatu hal yang bagus juga ya untuk dilakukan, selain untuk silaturahmi, blogwalking bisa membuat seorang blogger jadi up to date dengan perkembangan dunia blogging, alias nggak ketinggalan berita. Oiya dengan blogwalking juga kita bisa mendapatkan inspirasi dan ilmu-ilmu baru ya dari membaca tulisan para blogger lainnya, bisa jadi bahan buat bikin tulisan kita juga nantinya, tentu dengan gaya bahasa kita sendiri.

    Ets...  tapi harus blogwalking sehat ya yang dilakukan, jangan pilih yang nggak sehat (hihi kaya makanan aja ya ada dua pilihan). Ah iya, katanya blogwalking itu punya dua sisi selayaknya koin ya, ada yang bermanfaat dan merugikan. Dan kaca mata utamanya tentu saja SEO yang terlahir dari niat, "hayooo niat blogwalking-mu apa?"

    Jangan sampai blogwalking yang kita lakukan itu merugikan blog yang kita kunjungi loh ya, walau otomatis saat itu kita juga merugikan diri sendiri. Hummm... iya jangan sampai kita jadi tukang nyepam ya, datang mengunjungi blog orang dengan cepat, baca artikelnya buru-buru bahkan nggak baca sama sekali, lalu asal komen plus nempelin link hidup di kolom komentarnya, hanya demi backlink? Aduuuh jangan deh berbuat begitu, itu nggak sehat, kalau begitu nanti kitanya dianggap spam dan reputasi blog yang kita kunjungi dengan cepat serta di  tempeli banyak link hidup itupun jadi buruk di mata google.

    Tukar klik iklan? Hummm... jangan pernah juga punya niat begini ya kalau mau blogwalking, takkan berkah pastinya ya, biarkan advertiser dan customernya bertemu dengan alami ya, blogger yang jadi publisher-nya hanya dititipkan iklan yang boleh diklik sama orang yang bener-bener tertarik untuk ngeklik.

    Blogwalking sehat? Ya ... untuk silaturahmi plus keperluan backlink tak apa-apa asal bukan nyepam, baca dengan baik artikel yang ada dan berkomentar juga dengan bijak, walau baiknya dengan tulus ya kita datang berkunjung. Lebih bagus lagi kalau jadi visitor organik yang datang dari pencarian google karena mencari artikel yang dibutuhkan. Ah saya mau banget dapat visitor organik, harus update blog terus nih! Update SEO nya juga.

Yuk Ah semangat ngeblog!!


4 sharing inspirasi :

  1. Wah saya baru tahu ada yang namanya tukar klik iklan juga ya, tapi asal amanah sebenarnya nggak masalah sih ya :)

    Masalahnya kan kalau klik gitu sulit dipantau , jadinya kadang orang klik bentar langsung cao, nggak khitung juga jadinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ... nggak boleh juga itu ya Kakak, melanggar aturan google ads dan memang seharusnya juga jangan ya.

      Kan iklan yang dipasang di blog kita buat dilihat pengunjung yang tertarik, kita di amanahin pasang iklan aja Kak,

      kalau di kliknya tukeran berarti sama dengan sengaja biar kita dapat uangnya, nggak boleh dan nggak berkah Kakak :D ...

      Ketahuan google pun bisa di suspend ... hihi

      Hapus
  2. Semangat kak ngeblognya lagi!
    Bagian yang kusuka dari blogging ya BW. Hanya saja terkadang waktunya yang kurang bisa. Suka karena baca aneka cerita dari teman2 yang kadang lalu buat jadi mikir dan menginspirasi. Eh kok juga bisa ya cerita tentang ini. Yg pasti sih nambah temen, meski hanya di dunia maya. Aku sempat ikutan grup BW mbak. Awalnya untuk menambah teman kan tapi lama2 gak kepegang kewajibannya, dan jadi beban di hati. Akhirnya aku mengundurkan diri. Mendingan BW sendiri aja pas waktunya longgar jadi buat me time

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kakak, semangat juga buat Kakak ...

      Idem Kak saya juga blogwalking lagi sesempetnya saya, pingin coba nanti-nanti ikut grup BW juga, pasti seru ya

      Hapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate