Cara Meningkatkan Traffict Blog - Asyiknya Belajar SEO

    Traffic Blog, kata itu rasanya menjadi satu hal yang cukup terngiang-ngiang ya di kepala sebagian besar blogger, karena memang dengan adanya traffic inilah sebuah blog dapat dikatakan hidup. - Cara Meningkatkan Traffict Blog - Asyiknya Belajar SEO

Traffic Blog adalah lalu lintas yang mengarah ke blog alias pengguna internet yang mengunjungi blog.

    Kalau enggak ada traffic, jadi 'krik-krik' ya blognya, sepi dan sunyilah seperti jomlo yang lagi sendirian di kamarnya yang gelap, terus mendingan terlelap deh :D.

    Duh, jangan bahas sepi sunyinya jomlo ya di sini, mending bahas yang seru-seru, seperti kumpul barengnya para blogger di grup whatsapp dan acara webinarnya yang juga seru. Ya, tanggal 19 November 2021 yang lalu tepatnya, sebuah grup blogger yang saya ikuti, bernama Blogwalking Asik mengadakan acara zoom webinar. 

    Di acara webinar ini, Bang Doel, seorang mastah blogger pemilik kopitekno.com, sharing ilmu tentang "Cara Meningkatkan Traffic Blog ". Wiih mantap pokonya ilmunya, membuat saya jadi semakin semangat untuk fokus mengurusi blog lagi sekarang.

   Buat saya sendiri, rasanya senang banget bisa upgrade ilmu di dunia perbloggingan, asyiknya belajar SEO, belajar meningkatkan traffic blog secara organik. Menyimak sharing pengalaman dari mastah bloggernya langsung lagi ini, mata jadi langsung melek mengikuti acaranya.

    Sebelum saya share acara webinarnya, saya mau share  ...

Sekilas Tentang Blogwalking Asik

    Blogwalking Asik sendiri merupakan sebuah grup whatsapp, tempat kumpulnya para blogger dari berbagai daerah. Saya masuk ke grup ini sekitar bulan Maret tahun 2021, dikenalkannya sama Mbak Hani, admin grup Blogwalking Asik dan pemilik blog haniwidiatmoko.com.

   Selama saya berada di grup ini, rasanya tuh memang asyik (sama seperti namanya ya ^^). Semua member di sini bisa membaur saja tanpa ada yang merasa lebih dari yang lainnya. Padahal di grup ini banyak blogger-blogger yang sudah pada jadi mastah alias expert loh! Di samping blogger pemula seperti saya ini (duh, padahal saya ini termasuk blogger jadul ya, tapi rasanya masih jadi blogger newbie saja sampai sekarang. Apalagi kalau lihat teman-teman blogger lainnya, langsung ingin tutup muka). 

    Walau begitu, masuk ke grup ini enggak bikin saya jadi insecure, karena semuanya justru saling sharing dan support. Setiap hari ada saja yang dibahas di grup ini, walau saya sendiri masih jadi si silent reader, muncul di grup kalau pas isi list blog saja, hehe, tapi senang juga baca obrolan chatnya. Ah, semoga grup ini bisa terus asyik ya, member-membernya selalu solid, ukhuwah nya juga terjalin dengan baik terus dan diberikan keberkahan semuanya aamiin.   

    Sekarang kita bahas acara webinarnya ya ...

Cara Meningkatkan Traffic Blog

    Kalau di awal tulisan ini saya bilang enggak ada traffic tuh 'krik-krik' ya, nyatanya ...

meningkatnya traffic blog itu sebenarnya enggak diperlukan juga buat blogger yang enggak perlu-perlu amat sama traffic. 

Begitu kata Bang Doel di awal webinar ini.

    Maksudnya, ya tergantung tujuan dari ngeblog itu sendiri, penting atau enggaknya si traffc blog ini. Kalau seorang blogger menulis hanya sekedar untuk curhat dan enggak terlalu memikirkan traffic, ya enggak perlu juga ditingkatkan.

    Padahal traffic blog yang bagus punya potensi mendatangkan sejuta manfaat ya pastinya bagi pemiliknya. Jadi kalau traffic blog kita itu tinggi, lalu tulisan di blog dibaca oleh banyak orang, terbayang dong manfaatnya yang bisa menyebar luas In syaa Allah akan jadi amal jariyyah juga ya kalau niatnya Lillah, selain ada sisi sumber rezeki yang bisa mengalir juga di sini.

    Humm ... walau saya sendiri sebenarnya dari awal mula ilmair ini terbit di tahun 2008, enggak terlalu fokus memikirkan traffic. Menulis dan posting saja di blog, urusan traffic dan SEO semengalirnya. Belajar SEO otodidak secuil-secuil, cari di google sesekali dan utak atik blog kalau lagi sempat, hihi. Tapi setelah mengikuti webinar ini rasanya semangat saya jadi semakin mencuat. Mau ketularan juga ah saya suksesnya para blogger mastah itu.

    Terus Bagaimana cara meningkatkan traffic blog?

   Dari sharingnya Bang Doel, diperlukan 3 persiapan ya di sini, yaitu: persiapan sebelum membuat konten, persiapan saat membuat konten dan persiapan setelah membuat konten.

Persiapan Sebelum Membuat Konten

1. Audit On Page (pengoptimalan konten pada halaman blog kita).

    Di sini kita perlu lihat,

- kecepatan blog atau seberapa cepat blog kita saat di akses

- tampilan pengguna atau user interface (UI) dan pengalaman pengguna atau user experience (UX),

- struktur halamannya.

Ketiga hal ini akan saling berhubungan satu sama lain, jadi harus diusahakan agar ketiganya bagus, jika ingin traffic blog kita meningkat.

    Untuk mengukur kecepatan blog, tampilan pengguna dan pengalaman pengguna, kita bisa menggunakan pagespeed milik google (pernah ilmair share juga ya tentang hal ini) - indikator yang dilihat adalah blog kita bisa dikatakan bagus jika nilainya di atas 70.

    Selain itu, untuk mengukur kecepatan blog, tampilan dan pengalaman pengguna ini bisa juga cek di google console blog kita langsung ya.

    Sedangkan untuk mengukur struktur halamannya, bisa menggunakan Ahrefs - indikatornya, blog bisa dikatakan bagus jika minimal nilainya 80%.


2. Riset Keyword

    Riset keyword (kata kunci) merupakan bagian yang penting untuk meningkatkan traffic blog secara organik. Dengan adanya kata kunci, kita bisa membidik kata yang digunakan orang di mesin pencari. Jadi saat orang sedang mencari informasi di google search, dia bisa menemukan blog kita di sana karena adanya kata kunci yang terpasang di blog. 

    Ada beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk meriset keyword ini, diantaranya adalah Google suggest dan Google Keyword Planner yang bisa digunakan secara gratis. Sedangkan pilihan lainnya adalah yang berbayar, seperti: Ubersuggest, Ahrefs, Keywordtool.io dan Rankmath.

    Duh, berbicara soal kata kunci, sebenarnya bukan sesuatu yang mudah juga ya. Setelah meriset dan memasangnya nanti di blog, belum tentu si kata kunci ini bisa langsung membuat blog kita berada di halaman teratas google search, ditemukan oleh banyak pengguna internet untuk kemudian dikunjungi.

    Karena ada juga tantangannya dalam meriset keyword ini, seperti: kompetitor, search intent (maksud pencarian), dan frase kata kunci yang kaku dan tidak baku.

    Kalau kita mau blog mendapatkan traffic yang tinggi, maka biasanya akan digunakan kata kunci yang populer (bervolume tinggi). Di sini kalau mau menggunakannya harus punya amunisi yang cukup ya, karena kalau enggak, justru malah bisa membuat artikel blog kita terlempar jauh dari halaman 1 google. Ya kan memang kata kuncinya pasti dipakai juga oleh banyak orang, jadi ya enggak mudah.

    Lalu search intent juga termasuk ke dalam tantangan dalam meriset keyword ini, karena kita harus bisa menebak dengan pas maksud (maunya) orang yang mencari kata kunci ini apa. Jangan sampai salah dalam membuat konten dengan kata kunci ini nantinya, agar saat orang menemukannya di google, blog kita pun dikunjungi.

    Riset keyword juga berbenturan dengan frase bahasa kaku dan tidak baku. Misalnya hp merupakan bahasa yang tidak baku dari telepon seluler atau ponsel. Para pengguna intenet lebih banyak mencarinya di google dengan kata kunci hp, bukan bahasa bakunya, maka kata kunci yang harus kita ikuti adalah hp, karena itu kata kunci yang populer. Ini menjadi tantangan ya untuk kita yang mau mempertahankan bahasa baku dalam blognya.

    Untuk menghadapi tantangan tersebut dan membuat blog kita bisa bersaing di halaman pertama google search, Bang Doel memberikan tips, yaitu:

Mengoptimisasi  Google Search Console, dengan

- Keyword Turunan

- Latent semantic indexing (LSI) dari keyword 

- Artikel 1 tema

    Jadi kita fokus pada kata kunci pengunjung blog kita saja, dengan cara melihat hasil penelusuran Google Search Console, caranya:

    - Buka Google Search Console    

    - Klik Performance

    - Pilih Querries

    Dari situ lihat kata kunci populernya, paling atas yang paling banyak dicari pengunjung blog kita. Setelah itu kita buat artikel pendukung menggunakan kata kunci turunan dari kata kuci utama itu.

    Contohnya: jika kata kunci sebelumnya adalah 'harga hp', maka kata kunci turunannya adalah 'harga hp murah', 'harga hp xiaomi' dan lain sejenisnya. Ketika artikel kita dengan kata kunci 'harga hp' enggak muncul di google, bisa jadi kata kunci turunannya yang muncul dan itu bisa mendukung artikel kita sebelumnya juga.

    Setelah itu nanti ditautkan (dilink) deh antar artikelnya, ini disebutnya internal link ya. Ini penting untuk SEO, karena dengan adanya internal link ini koherensi sebuah halaman blog bisa terwujud. Koherensi itu bagi google cukup  penting. Di mata google ketika sebuah situs itu membahas suatu hal dengan koherensi yang kuat, maka otoritasnya pun akan naik.

      Selain menggunakan keyword turunan, bisa juga memanfaatkan LSI (variasi atau sinonim) dari keyword sebelumnya, bisa dalam satu artikel maupun artikel lainnya.

      LSI di sini bisa juga dilihat di kotak pencarian google langsung, tinggal ketikan saja kata kuncinya, nanti akan ada berderet kata yang direkomendasikan oleh google di sana. Bisa kita ambil deh kata itu sebagai kata kunci. 

      Adanya penggunaan LSI kata kunci ini, makin jelas terlihat ya, bahwa blog dengan satu tema memang lebih bagus untuk SEO, karena bisa membuat koherensi pada halaman. 

     Duh, jadi inget sama tema blog ilmair ini yang memang gado-gado, harusnya fokus ya di satu tema ya, agar lebih maksimal.


Persiapan saat membuat konten

      Persiapan di sini dilakukan ketika kita sedang menulis artikel yang akan diposting ya, berhubungan juga dengan SEO on page. 

     Ada delapan tips dari Bang Doel dalam mempersiapkan konten untuk menarik lebih banyak pengunjung ke blog kita, yaitu:

1. Tentukan search intent dan buatlah schema markup-nya.

Search intent sudah dijelaskan ya di atas. Untuk schema markup bagi pengguna blogspot agak susah katanya, duh. Padahal dengan schema markup ini bisa memudahkan google untuk merayapi blog kita karena strukturnya lebih jelas. 

2. Masukkan keyword ke judul. Ini dilakukan agar keyword yang kita pasang bisa langsung dibaca oleh google dari judulnya. 

3. Hindari keyword stuffing, yaitu meletakkan keyword secara sporadis atau berlebihan. Hal ini bisa berpotensi blog kita dianggap spam oleh google. 

4. Tetap masukkan keyword dalam artikel dan H2. Di sini kita harus proporsional dalam meletakkan kata kunci. 

5. Sertakan LSI keyword atau kata kunci sinonimnya. Misalnya kata kuncinya HP, masukan telepon seluler atau ponsel dalam satu artikel. Walaupun terlihat tidak konsisten juga tidak apa-apa. 

6. Sertakan gambar dalam format .webp ukurannya maksimal 30 kb.

7. Sertakan internal link untuk membuat koherensi antar halaman. Hal ini untuk membangun niche atau tema blog yang bisa diperioritaskan oleh google ketika ada koherensi antar kalimat. 

8. Masukkan link keluar jika diperlukan. Selama masih relevan untuk blog kita hal ini tak mengapa dilakukan, misalnya kita link ke blog yang otoritasnya lebih tinggi, itu tidak akan menjatuhkan blog kita, tapi justru akan meningkatkan. Walau harus tetap dijaga ya agar tidak kebanyakan link keluar. 


Persiapan setelah membuat konten

     Setelah konten kita di-publish, diperlukan juga persiapan terakhir ini. 

     Ada tiga tips persiapan setelah membuat konten untuk meningkatkan traffic blog, yaitu:

- Pastikan link artikel tersebut terindeks di Google.

     Ketika blog kita lambat terindeks, salah satu kemungkinannya adalah google sedang melihat bahwa ada halaman blog lain dengan tema yang sama yang lebih bagus. 

     Untuk mengatasinya kita bisa mendaftarkan blog ke google news, walau nantinya traffic tidak masuk langsung ke blog kita, tapi paling tidak bisa berpengaruh. 

- Setelah terindeks, share ke media sosial.

     Di sini harus hati-hati, karena trafficnya bisa dianggap tidak murni organik oleh google. Kecuali kalau kita punya 'kolam sendiri', seperti grup Facebook milik kita yang sudah banyak membernya dan berhubungan temanya dengan blog kita. 

- Share juga ke group support.

     Nah ini dia, bergabung di grup Blogwalking Asik lah salah satunya yang memang asyik. Di sini kita bisa saling support dengan sesama blogger lainnya, saling mengunjungi blog dan membantu kita juga dalam menaikkan traffic blog. 


SEO Off Page

       Selain semua hal di atas, kita juga bisa mengoptimasi SEO di luar blog kita ya untuk meningkatkan traffic blog. Diantaranya bisa menggunakan link building, mendaftarkan blog kita ke Google Bisnisku, business listing, brand mention, dan lain sebagainya.


      Ya,  itu dia sharing materi dari webinar "Cara Menaikkan Traffic Blog". Ilmunya mantap banget kan ya? Asyiknya belajar SEO bareng Blogwalking Asyik, seasyik berada di grupnya pastinya :) 

    Jadi meningkat ini energi saya buat fokus ngeblog. 

     Makasih banget buat Bang Doel untuk ilmunya, makasih juga buat Blogwalking Asik, barakallahu semuanya... Aamiin


Previous article
Next article

15 Komentar

  1. Saya cuma bisa gabung webinarnya sebentar waktu itu, jadi tertolong dengan ringkasan yang Mbak tulis ini. Tetap semangat ngeblog buat kita semua, semoga betah di Blogwalking Asik ya Mbak

    BalasHapus
  2. Traffic blog memang sangat vital dan penting, bermanfaat banget ya webinarnya, sayang enggak bisa ikutan waktu itu

    BalasHapus
  3. Bener banget sih ini semua ilmu dari bang Doel. Aku pun cukup miris melihat traffic blogku, hehehe. Dan masih suka lupa menerapkan SEO on page di beberapa artikel

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget jni Kak sharingnya. Kebetulan pas gak bisa ikut webinarnya karena dikejar deadline. Makasih banyak Kak. Saya juga sangat miris klo liat traffik blog saya tu.

    BalasHapus
  5. Prosesnya memang terlihat susah-susah gampang ya, tapi yang penting konsisten update artikel. Saya juga udah 2 tahunan ikut group BWA nih. Sering ikutan blogwalking juga, jadi lumayan bisa menambah traffic. Selain itu juga bisa punya banyak teman blogger dari seluruh NKRI....

    BalasHapus
  6. Saya mungkin masuk sebagai orang-orang pertama di BWA. Hampir tiap pekan saya bisa ikut 2 kali. Masalahnya sekarang saya mulai sibuk dengan banyak hal, jadinya ikut bw di BWA paling banyak sekali sepekan. Itu pun saat saya mau naikin traffic buat laporan. Hehe

    BalasHapus
  7. Saya paling suka riset keyword. Soalnya blog saya masih banyak kekurangannya. Setidaknya dengan riset keyword, saya bisa mompa lebih banyak pembaca mengunjungi laman saya. Menarik banget webinar kemarin. Saya juga ikut.

    BalasHapus
  8. Dari semua tips, yang menurut saya sangat butuh jam terbang adalah riset keyword, soalnya kalau nembak yang ramai bakal susah karena saingannya raksasa semua, kalau yg kecil akan sepi juga pengunjungnya soalnya jarang yg mencari. Haha

    BalasHapus
  9. Bersyukur banget ya kak kita gabung di grup sekeren BWA. Nggak hanya rame pas ada yang menang lomba, rame pas ghibah tipis-tipis, tapi juga ramee banget ilmu yang ditawarkan. Semoga traffic blog kita makin melambungg

    BalasHapus
  10. Aku tu paling jelimet otak ku yang bagian keyword kak wkwkwkw. Setelah dijelaskan bang doel sejenak paham tp abis tu lupa lagi. Kayaknya aku harus ulang2 materi terus biar bisa ya

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah dapet ringkasan materi. Yaaay. Ga bisa ikut webinarnya tapi baca materi ringkasan ini membuat semangag nguprek blog lagi.

    BalasHapus
  12. waktu kelas bang Doel nggak bisa ikutan, jadi bisa tau banyak juga dari blog mba Ilmair
    aku nerapin SEO juga pelan-pelan, sambil belajar

    BalasHapus
  13. Mantab pengetahuan baru tentang SEO, semoga bisa saya praktikkan.

    BalasHapus
  14. Prosesnya memang panjang ya. Tapi sebagai blogger kalau tulisan kita nangkring di halaman pertama google dan trafiknya ngalir terus walau sudah lewat tahunan, rasanya seneng banget ^^

    BalasHapus
  15. Masya Allah mbaaa ilmunya bermanfaat buat saya si blogger pemula, jadi lebih mengerti hehehe
    jazakillahu khayr ♡ barakallahu fiik

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel