10 Tips Memulai Pola Hidup Sehat

    Menjalani pola hidup sehat merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jangka panjang ya sahabat. Namun, memulai perubahan gaya hidup seringkali menjadi hal yang tak mudah dilakukan juga ya ternyata.

    Ilmair kali ini ingin berbagi 10 tips yang diharapkan dapat membantu sahabat semua dalam memulai pola hidup sehat. Walau tulisan ini juga sebenarnya menjadi catatan pengingat untuk diri saya sendiri agar bisa menjalani pola hidup sehat. 

    Tips ini akan membantu sahabat semua untuk melakukan perubahan yang dapat dilakukan secara bertahap, serta memberikan solusi untuk mengatasi kendala yang mungkin dihadapi dalam mengubah gaya hidup. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.



10 Tips Memulai Pola Hidup Sehat

1. Tetapkan Tujuan Kesehatan yang Jelas dan Terukur.

    Buat rencana tindakan yang spesifik dan jangka waktu yang realistis untuk mencapainya. Tulis goals jangka pendek dan jangka panjangnya ya sahabat. 

    Kalau berbicara soal tujuan, satu hal yang perlu digarisbawahi dan diingat adalah kesehatan itu merupakan amanah dari Allah yang memang harus kita jaga ya. Oleh karena itu, ketika tujuan utama dalam menjaga kesehatan ini adalah ridho Allah, alias niatnya Lillah, in syaa Allah semuanya akan bernilai ibadah dan dipermudah juga ya sahabat, hingga menjadi berkah.

2. Mulailah dengan Perubahan Kecil.

    Jangan terlalu berlebihan dalam mengubah gaya hidupmu dalam satu kali. Mulailah dengan perubahan yang dapat kamu lakukan secara teratur, seperti makan sayur lebih banyak atau berjalan selama 30 menit setiap hari.

    Ingat juga bahwa amalan yang sedikit tetapi sering dan konsisten atau istiqomah itu lebih disukai Allah kan ya, daripada yang banyak tapi hanya sebentar. Ini berlaku juga untuk perubahan pola hidup sehat. Apalagi konsisten itu berpengaruh sekali pada pembentukan kebiasaan, jadi kita akan terbiasa melakukan  gaya hidup yang sehat nantinya jika sudah merutinkan hal baik walau itu kecil.

3. Jaga Asupan Makanan dan Cukupi Kebutuhan Cairan. 

    Makan makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, protein nabati dan hewani, serta bahan makanan yang kaya akan serat.

    Kurangi makanan yang tinggi kalori, lemak, gula, dan makanan yang instan (mengandung pengawet dan zat kimia lainnya yang kurang baik bagi kesehatan) ya, lebih baik lagi jika bisa dihindari.

    Walau hal itu tak mudah, ya sahabat. Karena makan gorengan, minum minuman yang manis, serta makan makanan instan itu sudah menjadi kebiasaan dan masuk dalam menu makanan sehari-hari kebanyakan orang ya. Namun, kita harus selalu berusaha, setidaknya menguranginya sedikit demi sedikit. Beralihlah pada makanan alami yang baik bagi kesehatan. 

    Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih, setidaknya 6–8 gelas setiap harinya. Jika kebutuhan cairan terpenuhi, fungsi seluruh organ akan terjaga dan bisa mencegah berbagai penyakit juga.

    Oiya, bagi kita yang muslim tentu penting untuk memperhatikan apa yang masuk dalam tubuh kita ya, makanan halal dan toyyib pastinya, serta tidak berlebihan.

4. Olahraga Secara Teratur.

    Olahraga dapat membantumu tetap sehat dan bugar, serta menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan lainnya. 

    Oiya, ada olahraga yang dianjurkan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam, yaitu memanah, renang, berkuda. Sesuai hadist,

Dari Jabir bin Abdillah Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda,

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang. (HR. An-Nasa’i).

Dalam hadist lainnya juga terdapat olahraga yang biasa Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam lakukan, yaitu berjalan kaki dan berlari. 

Walau tidak apa-apa juga melakukan olah raga lain yang bagimu lebih mudah untuk dilakukan. 

5. Manajemen Stres.

    Tidak ada orang yang bisa menghindari stres ya sahabat, karena dalam hidup ini pasti ada saja masalah yang membebani pikiran. Tentu saja stres dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik ya, sehingga penting untuk belajar cara mengelola stres dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu untuk rileks, seperti menjalankan hobi dan olah nafas (meditasi - tentu yang tak keluar dari syariat ya buat kita umat muslim).

    Walau pengelolaan stres yang utama dan terbaik itu sebenarnya dengan cara mendekatkan diri pada Allah Ta'ala ya sahabat, seperti dengan ikhlas, bersabar, berdoa, membaca Al Qur'an, menunaikan ibadah sunnah (selain ibadah wajib tentunya) dan ibadah lainnya yang membantu mental kita tetap kuat dan tak mudah stres. 

6. Beristirahat yang Cukup.

    Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisikmu. Hindari aktifitas yang membuatmu kurang tidur ya sahabat, seperti menonton televisi atau menggunakan gadget sebelum tidur.

      Wah, kebiasaan kebanyakan orang ini ya, scrolling-scrolling dahulu sebelum tidur, terus akhirnya jadi keterusan dan overthinking, sampai jadi lupa waktu. 

    Hayoo, kurangi yuk! Jangan sering bergadang, kalau tiada perlunya ya sahabat :) 

7. Menjaga Kebersihan

    Menjaga kebersihan merupakan hal yang penting dalam memelihara pola hidup sehat. Perhatikan kebersihan personalmu, seperti mandi secara teratur, mencuci tangan dengan benar. Jaga juga kebersihan makanan dan lingkungan sekitar ya. Hal ini akan membantu untuk mencegah penyebaran kuman dan infeksi serta menjaga kesehatan fisik dan mental.

8. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri.

    Ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar dan perubahan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri saat kamu tidak dapat mencapai tujuan atau terjatuh kembali ke pola lama (pola hidup yang tidak sehat) ya sahabat. Jika gagal jangan merasa bersalah berlebihan atau terlalu memarahi diri sendiri. Coba lagi untuk lakukan perubahan dan membentuk kebiasaan pola hidup sehat, pelan-pelan pun tak apa, asalkan jangan pernah menyerah.

9. Perhatikan Hubungan Sosial. 

    Perhatikan hubunganmu dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan dan teman. Secara tidak langsung, interaksi dengan orang-orang sekitar bisa berdampak terhadap kesehatan mental, yang berpengaruh juga pada tubuh ya sahabat.

    Lingkungan sosial yang baik bisa menjadi tempat untuk bertukar pikiran, berkeluh kesah, hingga menemukan solusi masalahmu. Oleh karena itu,  penting sekali untuk meluangkan waktu untuk bercengkerama dan menjaga hubungan baik dengan orang terdekat.

    Selain itu perlu juga mencari orang-orang yang dapat kamu andalkan untuk memberikan dukungan dan motivasi (menjadi support system), termasuk dalam hal menjalani pola hidup sehat ini, baik itu keluarga, teman, atau anggota kelompok dukungan. Jauhi lingkungan sosial yang toksik, jaga jarak dengan orang-orang yang membuat mentalmu tertekan bahkan runtuh, atau orang-orang yang membawa pengaruh buruk bagi hidupmu.

10. Selalu Cek dan Perhatikan  Kondisi Kesehatanmu.

    Perhatikan dan kenali kondisi mental dan fisikmu, jangan mengabaikan ketidaknyamanan yang kamu rasakan dalam dirimu, sadari lalu berusahalah mencari solusi. 

     Kamu bisa melakukan terapi pada penyakit ringan yang masih bisa ditangani - self healing pada mental dan fisikmu. Atau bila perlu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu. Ini akan membantu kamu untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

    Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kondisi imanmu, menjaga kedekatanmu dengan Allah Ta'ala. Ini penting dan harus menjadi yang utama. Apalagi hasil dari usaha untuk menjalani pola hidup sehat ini merupakan ranah kuasanya Allah, bukan kuasa manusia.

    Nah, itu dia 10 Tips Memulai Pola Hidup Sehat yang bisa ilmair share. 

    Menjalani pola hidup sehat tentu memerlukan komitmen dan usaha yang konsisten, namun hasilnya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang kita ya sahabat. Dengan mengikuti tips yang telah ilmair berikan, semoga sahabat bisa memulai membuat perubahan dalam gaya hidup secara bertahap. 

    Ingat ya, untuk selalu peduli pada diri sendiri - self love - sebagai bentuk rasa syukur kita atas kesempatan hidup yang Allah Ta'ala berikan. Jangan acuh tak acuh dengan kondisi diri, apalagi kalau sampai sengaja menyakiti diri atau melakukan sesuatu yang merugikan diri. Hei, kalau bukan kita yang peduli dengan diri sendiri, siapa lagi? Kepedulian orang lain itu berbatas. 

     Ah, iya menurutmu gimana, sahabat? Silakan sharing pendapat, ilmu, dan inspirasimu di kolom komentar ya :) 


Previous article
Next article

3 Komentar

  1. MasyaAllah tabarakallah, senang sekali dengan tulisan ini. Memulai hidup sehat dengan cara mencintai diri sendiri ya Mbak. Kalau udah self-love maka pastinya akan berupaya untuk menjaga pola hidup sehat. MasyaAllah tabarakallah

    BalasHapus
  2. memulai hidup sehat itu yang sulit diawal dan menjalani konsistensi, itu yang saya rasakan. konsistensi itu yang terasa berat, hehe

    BalasHapus
  3. Dari 10 tips ini, bisa kuambil satu kesimpulan sih: konsisten. Semua hal yang harus dilakukan kayak jaga pola makan dan olahraga, semuanya baru bakal keliatan hasilnya kalau dilakukan rutin, gak cuma semangat di awal

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel