Update Gaul dan Bahasa Gaul

Hallo readers ilmair, ketemu lagi dengan tulisan ilmair, yuppss seperti judul diatas hari ini saya akan meng-update tentang gaul dan bahasa gaul. Kenapa tulisannya "update", yaaa karena memang sebelumnya di tahun awal ilmair dibuat, tepatnya 2008, saya pernah posting juga "tentang gaul dan bahasa gaul", postingan itu udah sering saya update karena nemu "bahasa gaul" baru, yang tetap di publish di postingan lama. Nah kalau sekarang saya mau perbaharui postingan "tentang gaul dan bahasa gaul" itu dengan postingan baru.

Seperti pada posting saya sebelumnya, kata "gaul" itu memang sepertinya berasal dari kata bergaul, dimana ketika orang sering bergaul alias besosialisasi, maka ia akan tahu apa yang sedang in / trend, misalnya: pakaian dan gaya dandanan apa yang sedang diminati, bahasa apa yang sering digunakan dengan sesama teman, masalah dan berita apa yang sedang banyak dibicarakan, dll. Ummm.. sebenarnya semua yang trend dan in itu sendiri memang terbentuk dari pergaulan bukan? Sehingga orang yang berada di dalamnya ya "orang gaul" atau "anak gaul". Sedangkan orang yang jarang bergaul, maka ia ketinggalan info, dan biasanya sering dibilang "ga gaul" alias kuper (kurang pergaulan).

Rata-rata setiap orang itu senang jika disebut "gaul", apalagi anak remaja, pasti senang jika dibilang "anak gaul", terutama yang memang punya sifat ingin lebih menonjol dibanding yang lain, pasti senang jika disebut "gaul dan trend makers (pembuat trend)". Hummm.. "Gaul" itu memang bagus, karena memang bergaul dan mengetahui setiap informasi apapun yang ada di dunia ini kan memang perlu, ya.. itu sama saja dengan bersilahturahmi dan mencari ilmu. Tapi seperti pada postingan saya sebelumnya juga, seharusnya gaul itu diarahkan ke hal-hal yang positif saja.. yaaa.. jangan sampai deh "gaul" itu sendiri malah jadi menjerumuskan diri pada hal yang negatif, akibat dari bergaul dengan orang yang suka pada hal-hal negatif, waduh itu sih follower ke-gaulan yang negatif dong jadinya. Seperti misalnya: ada kumpulan orang-orang yang suka nge-drugs (pakai narkoba), terus dengan bergaul dengannya, kalau ga nge-drugs juga disebut "ga gaul". Atau berkumpul dengan teman yang suka dugem (dunia gemerlap alias ke club malam / diskotik, minum minuman keras, joged-joged dll), terus ketika diajak dan menolak disebut "ga gaul". Atau yang lebih parahnya lagi sampai melakukan hubungan di luar nikah, menyerahkan kesucian dan merendahkan diri... waaa na'uzubillahimindzalik.. Itu sih ga penting!! Jangan sampai deh rusak masa depan hanya karena melakukan hal yang negatif apalagi alasanya karena ikut-ikutan dan ga mau disebut "ga gaul". Jadi yang terbaik itu justru jadilah orang gaul dan trend maker hal-hal yang positif, memberi inspirasi positif bagi siapapun disekeliling kita dan insyaallah hal itu akan jadi amal baik dalam pandangan Allah SWT.

Wipps ngomongin "gaul dan bahasa gaul", saya mau update bahasa gaul juga niy, tentu saja meng-update postingan saya yang lalu (silahkan cek di "tentang bahasa gaul" : agak cukup banyak bahasa gaul yang saya bahas disana, diantaranya ada arti kata "jayus", "gokill", "dunno", "eva", "swt", "CMIIW").

Ok berikut sekilas Update Kamus Bahasa Gaul yang pernah saya baca dan dengar:

 arti masbulo : merupakan singkatan dari "masalah buat lo"

arti dawg : dawg berasal dari bahasa gangster atau orang berkulit hitam (lebih tepatnya berasal dari artis Hip Hop Amerika yang bernama Alvin Nathaniel Joiner atau lebih dikenal dengan sebutan Xzibit), dawg itu berarti anjing, jadi yo dawg = yo dog???!! Umm tapi "katanya" maksud kata dawg itu sendiri adalah penyebutan kepada teman laki-laki sebagai best friendnya, kenapa ya begitu? karena: "dog is man's best friend" (katanya).. Ummm jadi sebenarnya kalau ada teman berkata dawg kepada temannya kemungkinan ada 2 alasannya: yang pertama dia menganggap temannya itu sebagai teman baiknya, dan yang ke 2 dia menghinanya dengan sebutan itu (tapi entahlah, tergantung yang menggunakan kali ya)... untung saya perempuan... hehehe.. jadi gakan deh disebut seperti itu sama teman ^_^.

arti keles: keles = kali, yang di plesetin jadi berbunyi keles, contoh penggunaan: ngga gitu juga keles = ga gitu juga kali

arti KEPO : kata kepo itu intinya berarti pingin tahu urusan orang, ada beberapa pendapat tentang asal kata KEPO: berasal dari bahasa hokkian kaypoh, yang berarti kepengen tahu, ada juga yang bilang "ke" = bertanya dan "po" = nenek-nenek, atau = nenek-nenek yang bertanya-tanya, dan ada juga yang mengatakan KEPO itu singkatan dari Knowing Every Particular Object, alias pengen tahu setiap detil dari semua hal. Cotoh penggunaannya:
A: "Nama kamu siapa?"
D: "Dina"
A: "Rumah kamu dimana?"
D: "Di Jakarta"
A: "Jakartanya sebelah mana?"
D: "Kepo banget sih!! nanya-nanya melulu"

arti unyu : dari kata oh no, tapi jadi unyu biar terdengan lucu, dan kata "unyu" sering digunakan untuk mengatakan hal yang lucu, imut, manis

arti kool : kool itu singkatan dari koalitas orang lowclass

arti krik : kata krik berasal dari suara jangkrik, menunjukkan sesuatu yang membosakan hingga serasa terdengar krik-krik-krik

arti brb : brb merupakan singkatan dari "be right back" = akan kembali

arti afgan : berasal dari lagu penyanyi pop Afgan yang nge-hits yaitu "sadis", sehingga kata afgan diartikan "sadis"

arti gaje : singkatan dari "ngga jelas", pada awalnya gaje itu disebut geje (huruf g dan j dari kata "ga jelas"), namun sebagian orang merubahnya menjadi gaje (dari huruf depan kata "ga jelas")

arti woles : woles itu berasal dari kata "slow" bahasa inggris yang berarti lambat, tetapi dibalik menjadi wols dibaca woles, diartikan tenang, santai, ga pakai emosi, jangan buru-buru

arti Ganbatte : kata Ganbatte berasal dari bahasa Jepang, yang dalam bahasa ingrisnya "Never Give Up", alias jangan pernah menyerah, tentu saja kata ini digunakan untuk menyemangati.

arti gengges : kata gengges berasal dari kata ganggu yang diubah belakangnya jadi menggunakan "es", contoh penggunaanya: "gengges banget sih lo dari tadi misscall-misscall gaje"

arti CDMA : merupakan singkatan dari Cape Deh Malas Ah

arti PHP : merupakan singkatan dari Pemberi Harapan Palsu

arti andy law : AnDy Law singkatan dari Antara Dilema dan Galau

arti RIP : RIP merupakan singkatan dari kata Requiescat in pace atau Rest in Peace, tetapi kata RIP ini sebenarnya merupakan aqidah dari agama khatolik dan masuk juga dalam keyakinan orang Yahudi. Bagi orang awam penggunaan kata RIP sering digunakan untuk mengungkapkan turut berbela sungkawa (di twiiter atau facebook banyak orang termasuk umat muslim yang menggunakan kata RIP jika ada seseorang yang meninggal), padahal kata RIP itu sebenarnya merupakan bagian dari prosesi ibadah agama Katholik dan Yahudi, yaitu masuk dalam misa pembersihan dosa. Sekedar share karena sesama muslim, bagi brotha dan sista sesama muslim, kayanya ga perlu juga ikut-ikutan menggunakan kata RIP, karena penggunaan kata RIP itu memang masuk ke dalam sebuah keimanan.. ^_^

arti GPL : merupakan singkatan dari Ga Pake Lama

arti cabe-cabean : cabe-cabean adalah sebutan bagi remaja putri yang senang keluyuran malam dan nongkrong di balapan liar, selain cabe-cabean ada juga istilah "terong-terongan" yang merupakan sebutan bagi remaja pria yang senang dengan kehidupan malam, suka tawuran dan mengisap ganja.

arti DL : singkatan dari Derita Lu

arti GWS : singkatan dari get well soon alias semoga cepat sembuh

arti pecah: kata ini merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukan hal yang asik, heboh, keren dsb..Salah satu komentator blog ini di postingan lalu juga menyebutkan kalau kata "pecah" ini juga sering diucap jadi terbalik yaitu "hacep", maksudnya sama pecah juga = heboh..

Ok... Gimana ni.. apa sekilas update gaul dan bahasa gaul saya ada yang salah? Silahkan CMIIW (correct me if i'm wrong) ya.. ^_^ Dan kalau brotha dan sista punya "bahasa gaul" yang belum tertulis disini, silahakan di share..

sumber: dari berbagai sumber terutama di internet

Previous article
Next article

3 Komentar

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel