"Bismillahirrahmanirrahim"

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software
Home » » tentang inspirasi

tentang inspirasi

Saya menulis lagi hari ini di blog ilmair, kali ini saya akan menulis tentang inspirasi, sesuai dengan tema blog ini yaitu ilmu inspirasi air (inspirasi hidup positif yang diharapkan mengalir bagai air). Oiya, saya memang udah jaranag sekali update blog ini, mungkin salah satunya juga karena lagi ga ada inspirasi menulis akhir-akhir ini :).

Berbicara tentang inspirasi, blog ilmair pernah membahas juga tentang inspirasi sebelumnya yaitu' inspirasi hidup positif', tapi pada saat itu saya ga menuliskan arti kata inspirasi. Kali ini saatnya menulis tentang inspirasi termasuk arti dan asal katanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Pusat Bahasa Diknas, 'INSPIRASI' merupakan sebuah bentuk 'kata benda' yang berarti “ilham”. Sedangkan kata “ilham” sendiri memiliki tiga arti:

1. petunjuk Tuhan yg timbul di hati
2. pikiran (angan-angan) yg timbul dr hati; bisikan hati
3. sesuatu yg menggerakkan hati untuk mencipta (mengarang syair, lagu, dsb).

Dari pengertian diatas saya menyimpulkannya bahwa "inspirasi merupakan bisikan hati atau pikiran yang timbul dari hati yang bisa juga merupakan petunjuk dari Tuhan, yang menggerakkan hati untuk menciptakan karya / berkarya; atau menghasilkan karya baru, ataupun melakukan suatu hal dll".

 Contohnya: seseorang terinspirasi untuk menulis, membuat lagu, puisi; atau seseorang terinspirasi untuk membuat acara amal atau berbuat baik pada sesama; atau seseorang terinspirasi untuk bekerja lebih giat, bersemangat, atau seseorang terinspirasi untuk membuat karya seni dll..

Nah seperti tulisan saya sebelumnya tentang inspirasi di postingan 'inspirasi hidup positif', setiap hal di dunia ini tentu bisa menjentikan inspirasi yang mendorong manusia tuk hasilkan karya, khususnya karya dalam berbuat lebih baik dalam hidup. Yups dorongan inspirasi itu seperti sebuah spirit, dan bisa saja berasal dari 'keindahan hidup' maupun dari 'masalah hidup'. Dan berarti juga, inspirasi dalam kehidupan yang luas ini seirama dengan 'hikmah' dan 'pelajaran hidup' yang bisa tumbuh dari manapun.

Ya, dalam setiap langkah kaki manusia di jalan hidupnya, inspirasi itu akan ada dimanapun dan dalam bentuk apapun. Apa yang datang dan pergi pada traffic kehidupan manusia juga bisa menggemakan irama 'tentang inspirasi'. Semua sudut hal di dunia ini juga bisa membisikan sejuta hal baru yang menginspirasi. Tiap diri manusia bisa mendapat inspirasi kapan dan dimanapun (sesuai izin dan ridho-Nya), yang bisa menggerakkan dan mendorongnya tuk berucap, menulis, berbuat, dan mencipta suatu hal yang baik untuk hidupnya dan kehidupan yang luas. Sebaliknya dari ucapan (lisan dan tulisan), perbuatan dan karya manusia itupun bisa menjadi inspirasi juga bagi manusia lainnya tuk menggerakkan dan mendorong dirinya berkarya mencipta hal yang baik juga.

Dari tulisan saya 'tentang inspirasi' diatas, bisa dibilang inspirasi itu bisa melingkar dalam kehidupan manusia. Inspirasi itu seperti lingkaran yang saling bertimbal balik namun berkembang menghasilkan hal-hal baru dalam hidup. Seperti sebuah tulisan yang hadir dari fikiran seseorang yang mendapat inspirasi, bisa membuat orang lain terinspirasi juga tuk mencipta hal baru atau berbuat lebih baik lagi, dan terus melingkar berkembang ke manusia-manusia lainnya.

Ga mudah memang mendapat inspirasi positif dari kehidupan yang bisa mendorong diri hasilkan karya cipta yang berguna bagi kehidupan diri dan kehidupan secara luas yang juga akan memberi inspirasi-inspirasi baru bagi kehidupan itu sendiri. Saya sendiri buka orang yang mudah terinspirasi (mendapat inspirasi), lah menulis di blog ilmu_air aja tersedat-sedat alias jarang (salah satu alasannya ya ga ada inspirasi buat menulis ^_^), apalagi hasilkan karya lainnya yang lebih baik. Bagaimana denganmu? share ilmu, inspirasi airmu di blog ilmair ya..

0 sharing inspirasi :

Post a Comment

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus..
Terimakasih..

Translate